Hyperlocal, Upaya Tokopedia Dorong Implementasi Digitalisasi Pasar Rakyat

Tokopedia Hyperlocal

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan kunjungan ke Pasar Baru Cicalengka yang telah memiliki kanal digital di Tokopedia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal, Tokopedia gencar dengan inisiatif Hyperlocal. Ini adalah program guna mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Salah satunya dengan mendorong implementasi digitalisasi pasar rakyat.

“Melalui program turunan inisiatif Hyperlocal, Digitalisasi Pasar Rakyat, kami berharap bisa memberikan panggung kepada pegiat pasar rakyat di berbagai daerah di Indonesia untuk berkontribusi terhadap perekonomian digital,” jelas Leontinus Alpha Edison Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia dalam keterangan pers, Senin (25/7/2022).

Menurut dia, digitalisasi Pasar Rakyat juga merupakan bentuk dukungan Tokopedia dalam mempercepat target Kementerian Perdagangan Republik Indonesia untuk mendigitalisasi lebih banyak pasar rakyat dan UMKM hingga tahun 2024.

“Praktiknya, kami akan membantu pembukaan akun pasar rakyat hingga pembinaan berbisnis daring di platform Tokopedia,” ujar Leontinus.

Inisiatif Tokopedia mendapat apresiasi Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan. Beliau melakukan kunjungan ke Pasar Baru Cicalengka yang telah memiliki kanal digital di Tokopedia. Lewat Tokopedia, Pasar Baru Cicalengka berhasil menyokong ratusan pedagang setempat untuk tetap terhubung dengan masyarakat yang memerlukan produk kebutuhan harian khususnya selama pandemi.

“Kami berharap digitalisasi pasar rakyat dan UMKM dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan inklusif. Dengan dukungan dari platform digital seperti Tokopedia, upaya ini akan sangat membantu mempercepat pencapaian target transformasi digital khususnya di sektor perdagangan,” kata Menteri Zulkifli.

Selain dengan pemerintah pusat, Tokopedia juga bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menggandeng penjual baru, baik individu maupun pasar rakyat di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

“Kerja sama yang dilakukan bersama platform digital seperti Tokopedia untuk mempercepat digitalisasi pasar rakyat ini diharapkan dapat membantu para pedagang pasar rakyat dalam meningkatkan penjualannya secara daring sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian Jawa Barat,” kata Uu Ruzhanul Ulum Wakil Gubernur Jawa Barat.

Hingga kini, ada 10 pasar rakyat yang bergabung di Tokopedia. Pasar Baru Cicalengka dan Pasar Cihapit di Bandung, Pasar Cikurubuk di Tasikmalaya, Pasar Anyar Tangerang, Pasar Rakyat Oro Oro Dowo di Malang, Pasar Beringharjo dan Pasar Gentan di Yogyakarta, Sewakamart Pasar Badung di Bali, serta Baruga Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Baruga Pasar Kampung Baru di Makassar.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version