Minggu, 21 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Implementasi Chatbot AI untuk Meningkatkan Layanan Customer Service

12 Juni 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Chatbot AI

Implementasi AI Chatbot untuk Meningkatkan Layanan Customer Service (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Artificial Intelligence (AI) merupakan tools yang sangat powerful. Dalam sektor perekonomian, penggunaan AI dapat mengefisiensi dan meningkatkan efektivitas banyak hal. Salah satunya adalah fungsi layanan customer service.

Pasalnya, sebagian besar bisnis di Indonesia memiliki layanan customer service online, baik melalui sistem mandiri perusahaan, aplikasi, hotline number hingga yang paling populer yakni WhatsApp.

Tak terhitung betapa banyaknya pesan yang masuk setiap harinya. Mulai dari pertanyaan, komplain, review, ulasan dan lain sebagainya. Tentunya sebagai pemilik bisnis, ingin memberikan pengalaman terbaik kepada customer, salah satunya dengan memberikan layanan yang baik dan responsif. Sayangnya, dibutuhkan cost yang sangat besar untuk mengakomodir jumlah customer service yang memadai, apalagi bagi perusahaan berskala besar.

Baca juga :   Sebagai Komoditas, Aset Kripto Tetap Sah Diperjualbelikan

Untuk itulah, kolaborasi antara human power dan AI menjadi solusi terbaik bagi perusahaan. Ritchie Nathaniel, CEO TapTalk.io mengingatkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan bisnis, terutama dalam pengintegrasian teknologi kecerdasan buatan (AI) seperti chatbot untuk meningkatkan layanan customer service.

Pertama, Memahami Kebutuhan Bisnis. Sebelum mengintegrasikan AI dalam chatbot, perusahaan perlu memahami dengan jelas tujuan dan kebutuhan bisnis. Apakah tujuannya untuk meningkatkan efisiensi, memberikan respons cepat, atau menyediakan solusi mandiri bagi pengguna? Memahami hal ini akan membantu dalam mengarahkan implementasi AI dengan baik.

Kedua, Pemilihan Platform Chatbot yang Mendukung AI. Perusahaan perlu memilih platform chatbot yang menyediakan dukungan dan integrasi AI. Platform ini harus mampu memproses natural language, memahami konteks, dan machine learning. Seperti yang dilakukan oleh TapTalk.io dengan mengintegrasikan ChatGPT pada layanan Chatbotnya.

Baca juga :   Peluang Usaha Online Masih Tinggi, Pedagang “Angkatan Pandemi” Perlu Kiat Khusus

Ketiga, Integrasi dengan Layanan Customer Service. Setelah chatbot siap, langkah selanjutnya adalah mengintegrasikannya dengan layanan customer service yang ada. Hal ini memungkinkan chatbot untuk memberikan respons instan atas pertanyaan umum, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan

“Memberikan pelayanan terbaik kepada customer merupakan sebuah kehormatan bagi sebuah bisnis. Hal ini dapat ditunjukkan melalui layanan customer service yang responsif dan solutif. Customer service yang baik ini jugalah yang akan memberikan citra yang baik terhadap perusahaan dan meningkatkan kepuasan serta pengalaman berbelanja pelanggan,” kata Ritchie, dikutip Rabu (12/6/2024).

Menurut Ritchie, penggunaan Chatbot dapat meningkatkan responsivitas perusahaan terhadap pesan-pesan yang masuk. Tak hanya itu, Chatbot juga dapat memetakan pertanyaan dan kebutuhan-kebutuhan pelanggan, mengelompokkannya berdasarkan jenis dan urgensi sehingga pesan yang harus dijawab oleh user sudah tersaring dengan baik.

Baca juga :   WeKiddo Siapkan Sistem Untuk Dukung Ujian Online Sekolah

Chatbot juga bisa digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan berulang dalam bentuk F.A.Q (Frequently Asking Questions) sehingga pelanggan tidak perlu menunggu customer service untuk mendapat jawaban yang dibutuhkan.

“Sejatinya AI dibuat dengan tujuan untuk mempermudah berbagai pekerjaan dan mengoptimalkan fungsi-fungsi repetitif dan administratif. Dalam dunia bisnis sendiri AI terbukti dapat meningkatkan reply rate, efisiensi operational cost dan meminimalisir human error,” tutup Ritchie.

 

STEVY WIDIA

Tags: AI Chatbotlayanan customer serviceTapTalk.io
Previous Post

AMD Perluas Portofolio Prosesor Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Berbagai Segmen

Next Post

Kini, Chatbot AI Sendbird Hadir di Platform Shopify

Related Posts

#Ayobikinnyata TelkomGroup
news

Telkom Imbau Pelanggan IndiHome untuk Tetap Waspada Modus Penipuan

12 Januari 2023
0
Load More
Next Post
chatbot AI sendbird

Kini, Chatbot AI Sendbird Hadir di Platform Shopify

VENTENY x PERTAMINA

Tingkatkan Layanan Benefit Pekerja, Pertamina Gandeng Venteny

DBS x Kaer Investments

Kaer Peroleh Fasilitas Pinjaman Berjangka Hijau dari Bank DBS Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

transaksi e-commerce

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026

20 Desember 2025
Botipedia

INSEAD Luncurkan Botipedia, Ensiklopedia Berbasis AI dengan 400 Juta Entri dalam 100 Bahasa

20 Desember 2025
Cambridge University

Cambridge University Luncurkan Komunitas Guru Siap Masa Depan di Bali

20 Desember 2025
MoEngage

MoEngage Tambah Pendanaan Seri F US$180 Juta, Total Capai US$280 Juta

20 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
transaksi e-commerce

Transaksi E-Commerce Indonesia Tembus Rp134,67 Triliun di Kuartal III-2025, Omnichannel Jadi Kunci Hadapi 2026

20 Desember 2025
Botipedia

INSEAD Luncurkan Botipedia, Ensiklopedia Berbasis AI dengan 400 Juta Entri dalam 100 Bahasa

20 Desember 2025
Cambridge University

Cambridge University Luncurkan Komunitas Guru Siap Masa Depan di Bali

20 Desember 2025
MoEngage

MoEngage Tambah Pendanaan Seri F US$180 Juta, Total Capai US$280 Juta

20 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version