youngster.id - Referensi dan saran menjadi salah satu faktor penting dalam bertransaksi di era digital. Pengguna platform dapat terlibat dalam mendukung pelaku usaha, sementara pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas dan layanan produk.
Berangkat dari itu, DANA berinovasi menghadirkan fitur User Rating Review. Vince Iswara, CEO DANA mengatakan, pengembangan fitur baru ini merupakan wujud komitmen DANA untuk membantu pelaku usaha meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya, serta menjadi sarana interaksi pengguna dalam berbagi referensi dan dukungan terhadap pelaku usaha di Tanah Air.
“Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa adanya aplikasi maupun fitur berbasis UGC dapat meningkatkan penjualan serta menjadi sarana promosi yang hemat biaya dan efisien. Kami berharap, fitur User Rating Review efektif dalam membantu merchant-merchant DANA meningkatkan penjulaan serta kepuasan pelanggannnya,” kata Vince dalam keterangannya, Sabtu (26/9/2020).
Menurut dia, User Rating Review merupakan fitur berbasis user generated content (UGC) yang artinya seluruh konten baik teks maupun gambar dibuat oleh pengguna. Dengan fitur ini, pengguna DANA kini bisa memberikan penilaian (rating), ulasan (review) maupun mengunggah foto-foto dari pengalamannya berbelanja di merchant-merchant mitra DANA, khususnya merchant offline.
Faktor utama yang menyebabkan aplikasi UGC merupakan alat promosi yang efisien adalah sifatnya yang autentik. Penilaian, ulasan, maupun testimoni dari pengguna dipercaya sebagai opini yang lebih jujur dibandingkan konten yang disuguhkan oleh perusahaan maupun pemilik brand.
“Konten UGC seperti ulasan maupun testimoni dari pengguna, baik itu positif maupun negatif, memiliki kekuatan yang lebih dalam memengaruhi keputusan orang untuk berbelanja ketimbang iklan maupun promosi yang dibuat oleh perusahaan. Bahkan, ulasan yang bersifat kritik pun dapat menjadi masukan yang berguna bagi pelaku usaha,” kata Vince.
Fitur User Rating Review juga bertujuan untuk meningkatkan keterikatan (engagement) antara merchant dengan pengguna DANA sebagai pelanggannya. Fitur ini diharapkan dapat membuat pengguna DANA merasa lebih terlibat karena dapat memberikan penilaian, masukan dan ulasan maupun membagikan pengalaman dan dukungannya terhadap merchant.
“Fitur ini merupakan upaya kami untuk lebih melibatkan dan mendengar aspirasi pengguna DANA sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi yang menyenangkan dan personal, yang pada akhirnya bisa meningkatkan loyalitas dan kepuasan pengguna DANA terhadap kualitas layanan yang dihadirkan oleh para merchant DANA,” tegas Vince.
Pengguna DANA dapat mengakses fitur User Rating Review usai melakukan transaksi di merchant offline. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna dengan fitur ini yaitu memberi penilaian bintang 1 – 5, menambahkan tagar positif, negatif dan kategori lain yang tersedia, menulis ulasan, mengunggah foto, serta membagikan ulasan maupun pengalamannya di Feed.
STEVY WIDIA
Discussion about this post