youngster.id - Pertumbuhan jumlah generasi millennial membuat mereka menjadi primadona pemasaran. Banyak hal ditujukan dan disiapkan untuk mereka, termasuk oleh perusahaan asuransi. Sayangnya, masih banyak diantara generasi jaman now ini yang belum tertarik untuk memiliki perencanaan jangka panjang seperti asuransi.
Berdasarkan riset Accenture mengenai “Segmentasi Nasabah di Pasar Penting Asia” bahwa dalam membeli produk asuransi, calon konsumen yang termasuk di dalam segmen milenial, melakukan riset produk, baik secara online dan offline. Namun ketika mengambil keputusan mereka tetap melakukan secara offline.
Berangkat dari itu PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) meluncurkan Allianz Discover. Ini adalah aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan yang memungkinkan nasabah secara interaktif menentukan perlindungan sesuai kebutuhan,
Aplikasi penjualan digital ini telah mengalami pengembangan sejak pertama kali diluncurkan di Januari 2015, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi untuk mengajukan surat permohonan asuransi jiwa secara online, tetapi kini lebih mengutamakan customer journey.
“Kami senantiasa berupaya untuk menyederhanakan proses penjualan dan membuat asuransi mudah dipahami bagi nasabah.Allianz Discover akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan interaktif,” kata Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia pada Selasa (12/2/2019) di Allianz Tower, Jakarta.
Menurut dia, dengan Allianz Discover, tenaga pemasar bersama dengan nasabah bisa mendapatkan pengalaman membeli asuransi tanpa hambatan.
“Allianz Discover memberikan pengalaman membeli asuransi secara digital dan tanpa hambatan, baik untuk nasabah maupun tenaga pemasar. Termasuk di dalamnya penjelasan dan ilustrasi secara transparan mengenai risiko dan kebutuhan perlindungan asuransi,” kata Joos lagi.
Sesungguhnya proses digital ini sudah berlangsung sejak 2015. Namun Karin Zulkarnaen Head of Market Management pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya terus melakukan pembaruan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
“Dengan menggunakan Allianz Discover, baik tenaga pemasar dan nasabah bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dalamnya untuk membantu menentukan jenis perlindungan apa yang paling sesuai. Allianz Discover menyediakan informasi kebutuhan finansial dan risiko, sehingga tenaga pemasar dapat mengajak nasabah untuk menentukan perlindungan asuransi sesuai yang dibutuhkan,” ungkap Karin.
Pengembangan aplikasi penjualan digital Allianz Discover ini selaras dengan strategi transformasi digital yang dilakukan perusahaan di ranah pelayanan, terutama pada titik pertemuan antara nasabah dan tenaga pemasar. Dengan menyediakan pelayanan peralatan pendukung, khususnya yang berbasis digital, Allianz memudahkan tenaga pemasar dalam melayani nasabah secara optimal sejak awal.
“Allianz menyadari di era digital ini, kebutuhan nasabah semakin dinamis dan serba cepat. Nasabah membutuhkan informasi perlindungan asuransi sebanyak dan secepat mungkin, tanpa menghilangkan relasi antar manusia karena tenaga pemasar kami akan dengan senang hati memberikan penjelasan dan membantu nasabah memahami perlindungan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya,” kata Ginawati Djuandi, Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post