youngster.id - Industri pariwisata tak hanya tentang daya tarik tempat berwisata tetapi juga kuliner dan belanja. Peran wisata kuliner dan belanja (wiskulja) menjadi bagian dari strategi pemasaran wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik.
“Indonesia belum menjadi surga wisata kuliner dan belanja dunia. Untuk itu, pemerintah terus mendorong kita memiiki surga belanja dan kuliner yang dapat menarik wisatawan. Wiskulja dapat menjadi pintu bagi promosi produk-produk unggulan Indonesia yang mampu meningkatkan ekonomi melalui Trade Tourism & Investment,” kata Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, pada pembukaan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019 di Pluit Village, Jakarta.
Karena itu, dia mendukung WICSF sebagai bagian dari calender of event Kemenpar. “Indonesia yang masuk dalam list global Shopping Index menjadi negara yang penduduknya suka belanja menjadi pasar sendiri yang akan mendorong ekonomi rakyat,” ucap Arief lagi.
Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) telah menggelar kegiatan ini selama empat tahun berturut. Diharapkan kegiatan yang berlangsung di seluruh mall di Indonesia ini dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya pada industri kuliner dan belanja.
“Sebagai agenda tahunan, WICSF merupakan bentuk komitmen kami untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara menyeluruh. Kami berharap WICSF 2019 dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara, sehingga kedepannya pusat perbelanjaan juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Dengan diadakannya kembali WICSF, kami berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.” kata Alexander Stefanus Ridwan Ketua Umum DPP APPBI.
Kali ini, WISCF 2019 akan digelar selama sebulan penuh mulai dari 27 September 2019 hingga 27 Oktober 2019 dengan menghadirkan beragam produk kuliner dan program belanja discount up to 70% di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia. Adapun berbagai program kuliner yang tersedia di berbagai pusat perbelanjaan adalah Nusantara Food Fest di Kuningan City, Craving Food Culinary Festival di The Park Solo, Kuliner Kampung Halaman di Grand City Mall, Jogja City Food di Jogja City Mall, Food Party di Lippo Plaza Medan, The Best Indonesian Food Festival di Pluit Village dan lain sebagainya.
Kehadiran ragam kuliner khas Indonesia di WICSF 2019 ini tentunya tak lepas dari tujuan untuk terus meningkatkan dan mengangkat jajanan tradisional Indonesia khususnya yang dikelola oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sehingga kedepannya sajian kuliner nusantara dapat semakin dikenal di kancah internasional dan mampu meningkatkan omzet dan transaksi UMKM. Selain itu, kehadiran berbagai sajian nusantara di berbagai pusat perbelanjaan juga tentunya memudahkan pengunjung baik nusantara maupun mancanegara yang ingin mencicipi ragam sajian khas dari berbagai daerah di Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post