Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Industri Logistik Perkuat Bisnis e-Commerce

18 Agustus 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Industri Logistik Perkuat Bisnis e-Commerce

Para pelaku industri logistik di acara Pasar idEA. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress Indonesia (Asperindo), melansir tahun 2017, kapitalisasi jasa kurir saja sudah menyentuh angka Rp 50 triliun. Dan, tiap tahunnya, tumbuh di kisaran 10-15 tahun. Otomatis, angka tersebut turut mempengaruhi Logistics Performance Index (LPI) atau Indeks Performa Logistik yang dikeluarkan oleh Bank Dunia.

Dengan melibatkan beberapa komponen penilaian seperti bea cukai (customs), infrastruktur (infrastructure), pengiriman internasional (international shipments), kompetensi logistik (logistics competence), ketepatan waktu (timeliness) serta pelacakan dan pencatatan (tracking and tracing), Indonesia berhasil meraih peringkat ke-46 dengan skor 3.15 pada 2018. Ini merupakan sebuah prestasi karena di tahun sebelumnya Indonesia hanya mampu bertengger di peringkat 63 dunia.

Atas pencapaian tersebut, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyebut bahwa sejak 2018 Indonesia sedang mengalami era kebangkitan industri logistik. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto, mengatakan bahwa bisnis logistik tanah air diprediksi terus mengalami peningkatan pada tahun-tahun mendatang.

Baca juga :   Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Logistik Dunia

Kendati menuju ke arah yang lebih positif, menurut Asoosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), baru 56% total pengguna internet di Indonesia yang belum pernah melakukan transaksi belanja online atau via marketplace. Sebabnya, selain faktor ongkos kirim yang lumayan tinggi, bahkan terkadang lebih mahal dari produk, barang tidak sampai, jaminan keamanan serta ketidakpastian barang sampai.

Menanggapi hal tersebut, Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) berkolaborasi dengan Traya Eksibisi Internasional menyelenggarakan pameran e-commerce pertama di Indonesia yakni Pasar idEA dari 15-18 Agustus 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

“Industri logistik adalah tonggak bisnis e-commerce. Keberadaannya kini tak bisa dipisahkan dari gaya hidup dalam bertransaksi digital sehingga penting bagi masyarakat untuk mengenalnya lebih dekat,” papar Ignatius Untung, Ketua Umum idEA kepada media di Jakarta Sabtu (17/8/2019).

Dalam festival belanja from online to offline ini, Pasar idEA tidak hanya menghadirkan berbagai industri e-commerce ternama seperti Tokopedia dan Blibli saja, melainkan juga turut memperkenalkan berbagai industri logistik kepada masyarakat.

Baca juga :   UMKM Perluas Pemasaran Lewat Internet

Beberapa di antaranya adalah Lion Parcel, Ninja Xpress, JNE, Tiki, J&T, Paxel dan bahkan hingga Lalamove. Di Pasar idEA, mereka memberikan penawaran special ongkos kirim yang murah, bahkan gratis ongkir selama pameran dan menawarakan pengunjung sebagai mitra bisnis.

J & T Express misalnya, menarik pengunjung dengan Super Photo Competition berhadiah smartphone, rice cooker, vacuum cleaner, dan sebagainya. Sedangkan Lion Parcel manawarkan kesempatan menjadi mitra POS, promo Dua Kilo Irit : pelanggan hanya membayar biaya kirim seharga berat barang 1,00 kg untuk berat sampai 2,00 kg. Promo ini berlaku untuk pengiriman di seluruh Indonesia.

Ninja Xpress pun tak kalah seru, pengungjung dapat menikmati promo, 10 x gratis pengiriman dengan Ninja Packs ke semua daerah di Jabodetabek hanya dengan membayar Rp 90.000. Bagi pengunjung yang tertarik menjadi mitra bisnis, Ninja Xpress mengadakan Ninja Academy Program berupa kesempatan mengikuti kelas-kelas bisnis dan lokakarya pengembangan skill secara gratis selama 6 bulan.

Baca juga :   WIR Group Hadirkan Layanan Pelanggan Barbasis Metaverse Untuk Industri Otomotif

Sementara JNE memperkuat e-commerce khususnya kepada seller dengan mengadakan program JLC (JNE Loyalty Card). Melalui program ini, pelanggan bisa mendapatkan keuntungan berupa poin setiap kali melakukan pengiriman via JNE yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

TIKI selama pameran memberikan promo kepada para pengunjung berupa diskon 10% bagi mitra yang ingin bergabung membuka gerai jasa pengiriman kilat serta potongan diskon sebesar 15% untuk layanan reguler maupun over night service (ONS).

“Pasar idEA mempertemukan salah satunya pelaku usaha e-commerce khususnya logistic dan pengiriman barang dengan pelangganya langsung sehingga dapat tercapai saling percaya dan tercipta kerja sama yang sinergis ke depannya,” ungkap Bambang Setiawan Presiden Direktur Traya Eksibisi International.

FAHRUL ANWAR

Tags: Asoosiasi E-Commerce Indonesia (idEA)JNEKamar Dagang dan Industri (Kadin)logistikNinja ExpressPasar idEA 2019TIKI
Previous Post

Destinasi Wisata Jadi Prioritas Pada 2020

Next Post

BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Utara Ribuan Warga Kaltara Ramaikan Jalan Sehat BUMN

Related Posts

TIKI Perkuat Tranformasi Digital Untuk Lebih Relevan Dengan Generasi Digital
News

TIKI Perkuat Tranformasi Digital Untuk Lebih Relevan Dengan Generasi Digital

4 September 2025
0
Trafik Pengunjung Blibli.com Naik 250%
News

Pemerintah Tetapkan Aturan Program Potongan Harga Layanan Pengiriman Komersil

20 Mei 2025
0
Dukung UMKM, Lazada Fokus Strategi Hyperlokal dan Logistik Terpadu Di 150 Kota
Headline

Dukung UMKM, Lazada Fokus Strategi Hyperlokal dan Logistik Terpadu Di 150 Kota

6 Maret 2025
0
Load More
Next Post
BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Utara  Ribuan Warga Kaltara Ramaikan Jalan Sehat BUMN

BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Utara Ribuan Warga Kaltara Ramaikan Jalan Sehat BUMN

Gojek Gelar Festival Merah Putih Mitra Di 256 Kota

Gojek Gelar Festival Merah Putih Mitra Di 256 Kota

Run for Independence Day 2019 Diisi Doa 3.000 Peserta

Run for Independence Day 2019 Diisi Doa 3.000 Peserta

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version