youngster.id - Bagaimana merek dapat menggerakkan pertumbuhan secara lebih baik? Ternyata, pertumbuhan merek tercapai setelah suatu merek memberikan makna yang dianggap berbeda bagi berbagai orang. Penetrasi pasar tercatat 5X lebih tinggi bagi merek-merek yang mampu melakukannya. Bahkan, merek-merek ini memiliki daya saing nyata untuk meningkatkan penetrasi tersebut dalam dua tahun ke depan.
Kesimpulan itu terungakp dari hasil riset Perusahaan analisis pemasaran Kantar, bertajuk “Blueprint for Brand Growth”. Hasil penemuan diperolah dengan menganalisa lebih dari 6,5 miliar data tentang opini dan pola perilaku konsumen dari dekade lalu.
Jane Ostler, EVP, Thought Leadership Kantar dan Project Lead Blueprint mengatakn, lewat ‘Blueprint for Brand Growth’, Kantar menyusun standar pemahaman dan keunggulan yang baru dalam strategic marketing. Setiap eksekutif dapat memakai kerangka pemikiran ini untuk mengevaluasi daya saing merek, lalu menetapkan prioritas strategis dan investasi pemasaran.
“Untuk pertama kalinya, kami telah menggabungkan riset merek berdasarkan opini konsumen selama satu dekade dengan pola perilaku konsumen yang sebenarnya. Maka, kami mampu mempelajari dampak nyata dari aktivitas pemasaran terhadap pertumbuhan kinerja bisnis secara lebih holistis. Di antara faktor-faktor penting, kami menilai, hubungan emosional dalam periklanan berperan krusial. Ketika dioptimalkan, materi periklanan mampu membangun diferensiasi dan memengaruhi konsumen, bahkan meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen,” papar Ostler, dikutip Selasa (28/5/’2024).
Agar merek mampu membuat makna yang relevan, Kantar menganjurkan tiga Growth Accelerator dan kerangka pengambilan Keputusan. Pertama, Memengaruhi Semakin Banyak Orang. Kreativitas, iklan, dan pengalaman mewujudkan makna yang relevan, serta mental availability bagi merek Anda. Ketika hal ini dieksekusi secara optimal, pangsa pasar 9X lebih tinggi, harga jual rata-rata 2X lebih tinggi, serta peluang meningkatkan pangsa pasar 4X lebih tinggi pada masa mendatang.
Kedua, Jangkauan yang lebih konkret: Merek-merek yang mengoptimalkan distribusi, customer journey, lini produk, kemasan, harga, dan promosi menggaet 7X lebih banyak konsumen dibandingkan merek-merek yang hanya menjangkau setengah dari proses buying occasion.
Ketiga, Menemukan Ruang Baru. Inovasi yang mengutamakan ruang inkremental (motivasi, peristiwa penting, kategori dan layanan tangential) meningkatkan peluang pertumbuhan merek hingga dua kali lipat. Kenaikan usage occasion sebesar 10% menghasilkan pertumbuhan pendapatan hingga +17%.
Kini, setiap perusahaan dapat memanfaatkan Growth Accelerators ketika merancang strategi dan menjaga anggaran untuk aktivitas yang berdampak paling besar.
HENNI S.
Discussion about this post