Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Ini Tiga Model Ekonomi Kreatif Yang Bakal Tren di 2025

23 Desember 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Ini Tiga Model Ekonomi Kreatif Yang Bakal Tren di 2025

Menekraf/Kabekraf Teuku Riefky Harsya. (Foto:istimewa/Kemenparekraf)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf/Bekraf) memproyeksikan tiga tren ekonomi kreatif di 2025. Ketiganya akan mendorong dinamika inovasi dengan menggabungkan nilai-nilai budaya lokal dan perkembangan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menekraf/Kabekraf) Teuku Riefky Harsya menyebutkan konsep yang diprediksi bakal menjadi tren yaitu Local is the New Luxury.

“Menonjolkan kebanggaan terhadap produk dan budaya nusantara dengan standar kualitas dunia,” kata Menekeraf Riefky dikutip dari keterangan resmi Senin (23/12/2024).

Tren kedua yang bakal muncul di 2025 menurut Riefky ialah konsep Experiential Experience Kuliner, menawarkan sensasi baru dalam menjelajahi cita rasa kuliner khas nusantara.

Lalu tren ketiga yang akan merebak ialah Revolusi Mode yang menekankan pada keberlanjutan dan visi masa depan industri yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan meningkatkan pemanfaatan bahan-bahan dari serat alami.

Baca juga :   Peningkatan SDM Penentu Ekonomi Kreatif Indonesia

“Keseluruhan tren ini mencerminkan arah ekonomi kreatif yang berorientasi pada inovasi, keberlanjutan, dan relevansi budaya di tengah era digital,” ujar Riefky.

Sejumlah tren tersebut diharapkan dapat memenuhi target-target yang akan dicapai Kemenekraf dengan Produk Domestik Bruto (PDB) Ekraf pada 2029 sebesar 8,37% sesuai yang tertuang dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional).

“Kami akan menavigasi strategi penguatan ekosistem ekonomi kreatif ini dengan merujuk pada arah dan kebijakan pengembangan ekonomi kreatif yang telah disusun oleh BAPPENAS,” tegas Menekraf Riefky

Kemenekraf telah memiliki big data untuk menguratori dan memperjuangkan pelaku ekonomi kreatif. Namun masih ada tugas besar untuk mengembangkan industri ekonomi kreatif agar mampu bersaing di pasar yang lebih besar.

Baca juga :   Lazada Amanah, Kanal Produk Muslim Terkurasi Halal oleh MUI

Integrasi big data dari ke-17 subsektor ekonomi kreatif akan menggambarkan rantai value dan ekosistem seperti apa yang bisa diselaraskan dengan kementerian terkait, private sector apa yang bisa membantu serta merangkul komunitas untuk bisa berkembang bersama.

Mengacu pada indikator pertumbuhan ekspor ekraf sebesar 5,96%, penyerapan tenaga kerja ekraf sebanyak 27.66 juta orang, dan pertumbuhan investasi ekraf sebesar 8,08%.

Adapun di semester I 2024, nilai ekspor dari ekraf terlihat menunjukkan hasil yang memuaskan yakni US$12.36 miliar. Angka tersebut naik sebesar US$540 juta dari capaian di tahun lalu dalam periode yang sama.

Nilai komoditas ekspor tertinggi di 2024 tercipta paling banyak dari komoditas Fesyen dengan nilai US$6,77 miliar, lalu disusul komoditas kriya dengan nilai US$4,76 miliar, dan kuliner sebesar US$830 juta.

 

Baca juga :   Pekan Raya Indonesia ICE BSD Ajang Pameran Terbesar di Indonesia

 

STEVY WIDIA

Tags: ekonomi kreatifEkonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf/Bekraf)Teuku Riefky Harsyatren 2025
Previous Post

Total Nilai Ekspor UMKM Binaan BCA Capai Rp37 Miliar Hingga Akhir 2024

Next Post

Huawei Hadirkan Fitur Pola Batik Indonesia pada Aplikasi GoPaint

Related Posts

UniPin x Jollibee
News

Ekonomi Kreatif Punya Potensi Besar Jika Berkolaborasi Antar Sektor

26 Mei 2025
0
wirausaha perempuan
Headline

Kolaborasi Jadi Kunci Dukungan Bagi Pengembangan Bisnis Wirausaha Perempuan

28 April 2025
0
jenama
Headline

Tren 2025, Interaksi Jenama dengan Pelanggan Akan Berbasis Data dan Didukung AI

23 Desember 2024
0
Load More
Next Post
Huawei Hadirkan Fitur Pola Batik Indonesia pada Aplikasi GoPaint

Huawei Hadirkan Fitur Pola Batik Indonesia pada Aplikasi GoPaint

Dukung Pertumbuhan Usaha Lokal Evermos Gandeng Telkomsel

Dukung Pertumbuhan Usaha Lokal Evermos Gandeng Telkomsel

Kudeungoe Sugata

Kudeungoe Sugata Raih Pendanaan untuk Perkuat Rantai Pasok Berkelanjutan

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version