youngster.id - Perusahaan e-commerce Shopee mengumumkan pemenang Shopee Campus Competition (SCC), sebuah kompetisi bisnis dan pemasaran bagi mahasiswa di seluruh Indonesia.
SCC sendiri digelar dengan tujuan guna mendorong generasi muda untuk turut serta mendukung pertumbuhan UKM lokal. Melalui kompetisi ini Shopee menantang peserta untuk mengajukan proposal strategi rencana pemasaran, yang memberikan solusi praktis terhadap permasalahan bisnis yang terjadi secara nyata.
“Shopee Campus Competition merupakan realisasi dari investasi Rp 100 miliar Shopee untuk mendukung pengusaha lokal di Indonesia. Kami berharap program ini dapat menginspirasi lebih banyak mahasiswa untuk menjadi ahli pemasaran di masa mendatang dan memberikan solusi nyata guna mendukung perkembangan UKM di Indonesia,” ujar Chris Feng, CEO Shopee.
Pemenang SCC tahun ini adalah tim dari Universitas Indonesia (UI). Tim UI dinilai mampu memaparkan ide-ide pemasaran yang menyeluruh bagi penjual lokal, serta menjelaskan secara detail implementasi praktek strategi tersebut melalui aplikasi Shopee.
Atas capaiannya tersebut, tim UI berhasil memenangkan total hadiah Rp 30 juta. Mereka juga kesempatan magang di kantor Shopee Indonesia, serta kunjungan ke kantor pusat Shopee di Singapura.
“Kami sangat bangga dapat memenangkan program Shopee Campus Competition tahun ini. Kemenangan ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus mempelajari strategi bisnis dan pemasaran untuk bisnis online, serta mencoba mengaplikasikannya dalam bisnis kami sendiri. Pengalaman kami dalam berpartisipasi di SCC sangat berharga, khususnya dalam sesi boot camp, dimana kami mendapatkan tambahan pengetahuan praktis yang membantu kami menjadi ahli pemasaran yang lebih baik di masa mendatang,” ujar Selvia Ligar Utami, Perwakilan Tim UI.
Sementara itu, pemenang kedua SCC 2017 adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Jawa Timur, yang mendapatkan total dana sebesar Rp 20 juta. Sedangkan peringkat ketiga ditempati oleh Universitas Nusa Cendana Greenia, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang mendapatkan hadiah dana sebesar Rp 10 juta. Seluruh pemenang mendapatkan piala dan sertifikat.
Setiap tahunnya, SCC memberikan tantangan bisnis yang berbeda bagi kelompok berisi 3 mahasiswa. Setelah babak penyisihan, Shopee akan memilih 10 kelompok terbaik untuk melaju ke babak selanjutnya, dimana mereka akan ditantang untuk menjadi konsultan bisnis bagi salah satu penjual Shopee dan mengimplementasikan strategi mereka secara langsung di aplikasi Shopee. Akhirnya, Shopee memilih 3 finalis untuk mempresentasikan strategi mereka di hadapan dewan juri.
Tahun ini, program ini berhasil menarik 1.000 peserta mahasiswa yang berasal dari 84 universitas dari seluruh Indonesia.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post