Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

‘Integrasi Marketplace’ Jadi Fitur yang Paling Diminati Pelaku UMKM

19 Oktober 2022
in Headline
Reading Time: 3 mins read
SIRCLO Group

Sinergi Pelaku E-Commerce Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital (Foto: dok.youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Seiring dengan semakin banyaknya kanal marketplace di Indonesia, muncul pula tantangan baru bagi para seller pelaku UMKM yang harus gesit dalam mengelola pesanan di berbagai kanal marketplace sekaligus. Fitur Integrasi Marketplace di SIRCLO Store mampu menjawab masalah inefisiensi operasional yang kerap dialami UMKM, karena mengintegrasikan banyak toko di beragam marketplace dalam satu dasbor.

Leontius Pradhana, Chief Product Officer of Entrepreneur Solutions SIRCLO mengatakan, saat ini terdapat puluhan kanal marketplace di Indonesia, dan tentunya pertumbuhan ini turut membuka semakin banyak kesempatan bagi pebisnis UMKM untuk dapat meningkatkan presensi mereka di ranah digital dan menjangkau konsumen dengan lebih luas.

“SIRCLO Store akan terus mengembangkan kapabilitas dan teknologi fitur Integrasi Marketplace demi mendukung para pegiat UMKM dalam mengelola toko mereka di berbagai marketplace berbeda. Kami harap, kehadiran fitur ini dapat membantu brand meminimalisir kendala dari sisi manajemen dan operasional, sehingga mereka dapat menjalankan bisnis dengan semakin efisien dan dapat berfokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas produk serta profitabilitas,” kata Leontius, Rabu (19/10/2022).

Berdasarkan riset yang dilakukan SIRCLO dan Katadata Insights Center, 85.6% konsumen memilih marketplace sebagai kanal berbelanja online terfavorit. Selain itu, sebanyak 85,2% konsumen juga mengungkapkan preferensi mereka dalam menggunakan lebih dari satu marketplace untuk berbelanja daring.

Baca juga :   Kontribusi SIRCLO bagi Pertumbuhan UMKM

Tidak heran jika para pemilik bisnis UMKM jadi kian agresif dalam membuka toko di beragam marketplace dan hadir di semua titik penjualan demi menjangkau lebih banyak pelanggan dengan memanfaatkan puluhan saluran pasar yang tersedia.

Laporan Dampak SIRCLO Group 2022 menemukan bahwa 83.8% brand lokal mengalami kesulitan dalam mengelola penjualan online. Mereka harus mengelola setidaknya tiga saluran penjualan online setiap harinya, dengan dua diantaranya merupakan kanal marketplace. Tidak hanya itu, pelaku UMKM membutuhkan waktu hingga 15 jam dalam sehari untuk mempersiapkan penjualan online dan mereka juga harus mengorbankan hingga 6 jam setiap harinya untuk mengelola inventaris dan pesanan penjualan setiap harinya.

Hal ini menyebabkan adanya manajemen persediaan dan pesanan yang tidak terkelola dengan baik dan mengakibatkan tidak hanya 4 dari 10 pesanan gagal terkirim, tetapi juga mengurangi omzet yang ditargetkan hingga 20%. Untuk menyiasati hal tersebut, teknologi integrasi marketplace kemudian menjadi solusi yang banyak digandrungi oleh para pegiat usaha di tanah air.

Integrasi Marketplace sendiri, secara sederhana, merupakan sistem manajemen/sinkronisasi marketplace yang memungkinkan pebisnis untuk mengelola stok, mengatur pengiriman, memperbaharui katalog produk, hingga membalas chat pelanggan di banyak kanal marketplace hanya dalam satu dasbor. Fitur ini telah hadir di SIRCLO Store sejak tahun 2019 dan memiliki pertumbuhan pengguna dan peningkatan adopsi fitur yang sangat signifikan.

Baca juga :   SIRCLO Targetkan Tumbuh Dua Kali Lipat

Dibandingkan dengan tahun 2021, pengguna yang mengaktifkan fitur Integrasi Marketplace tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 75%.  Hal tersebut menjadikan Integrasi Marketplace sebagai  fitur SIRCLO Store yang paling banyak digemari oleh UMKM.

Saat ini sudah terdapat 9 marketplace yang telah terintegrasi dengan SIRCLO Store, yakni Tokopedia, Shopee, Lazada, TikTok Shop, Zalora, JDID, Blibili, Zilingo, dan Bukalapak. Mayoritas pengguna fitur Integrasi Marketplace di SIRCLO Store setidaknya mengintegrasikan dua sampai dengan tiga marketplace ke dalam bisnis mereka; dengan Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok Shop, dan Zalora sebagai 5 marketplace yang paling banyak diintegrasikan oleh para pengguna SIRCLO Store.

Tidak hanya itu, fitur Integrasi Marketplace ini juga dapat terhubung ke layanan Chat yang terdapat di masing-masing marketplace secara otomatis, memungkinkan pebisnis untuk mengelola toko dengan lebih efektif dan biaya operasional yang semakin tepat sasaran.

Baca juga :   Tokopedia Luncurkan Fitur Produk Favorit

 eh. the label,sebuah jenama lokal yang menjual produk fashion muslim, merupakan salah satu merchant SIRCLO Store yang telah mengadopsi fitur Integrasi Marketplace ke dalam usaha mereka. “Kami sangat terbantu dengan manajemen stok yang difasilitasi melalui fitur Integrasi Marketplace SIRCLO Store. Toko online yang kami kelola di berbagai marketplace, seperti Shopee dan Tokopedia, kini juga dapat saling terhubung. Sejak menggunakan fitur ini, penjualan eh. the label di marketplace mengalami peningkatan hingga 17%,” terang Syafrina Nasution, owner eh. the label.

Operasional bisnis yang semakin mudah dan efektif, serta fleksibilitas saluran penjualan, mampu mendorong pelaku UMKM meningkatkan performa bisnis mereka. Berdasarkan Laporan Dampak SIRCLO Group 2022, melalui berbagai fitur dan kapabilitas yang dikelola, solusi yang dihadirkan SIRCLO Store terbukti mampu mendorong proses pesanan menjadi 2 kali lebih cepat. Para pengguna juga dapat semakin piawai dalam mengelola berbagai kanal penjualan, mampu menghemat biaya operasional hingga 30%, dan mengalami kenaikan transaksi sampai dengan 150%.

 

HENNI SOELAEMAN

Tags: Integrasi Marketplacepebisnis UMKMSirclo store
Previous Post

UMKM Ini Manfaatkan E-Commerce Untuk Bawa Biji Kopi Lokal ke Panggung Nasional

Next Post

Rayakan Semangat Sumpah Pemuda, Jam Tangan Ini Hadirkan Edisi Terbatas untuk Pasar Indonesi

Related Posts

SIRCLO
Headline

Kontribusi SIRCLO bagi Pertumbuhan UMKM

30 Januari 2024
0
SIRCLO Group
Analyze

3 Tips Bagi Pelaku UMKM untuk Genjot Performa Bisnis Sampai Akhir Tahun

27 April 2023
0
SIRCLO Group
Headline

Melalui Solusi Teknologi, Omzet Mitra SIRCLO Meningkat 34%

29 September 2022
0
Load More
Next Post
jam tangan

Rayakan Semangat Sumpah Pemuda, Jam Tangan Ini Hadirkan Edisi Terbatas untuk Pasar Indonesi

GoFood - KOMPAG

Upaya GoFood Dorong UMKM Kuliner Naik Kelas

Taqiyudin Ibadurrahman

Siswa SMA Ini Inisiasi Aksi Penghijauan Melalui “Gerakan Sembuhkan Bumi”

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version