youngster.id - Smartfren mempertegas langkah strategisnya dengan memperluas cakupan jaringan, menghadirkan produk unggulan Unlimited serta memperkuat engagement pelanggan melalui aktivitas brand secara nasional dan program loyalitas digital. Inisiatif ini pasca merger menjadi bagian dari PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART).
Selama ini Smartfren unggul lewat produk yang berpusat pada paket data Unlimited Nonstop yang menawarkan pengalaman internet tanpa khawatir kuota habis, serta mendukung aktivitas digital masyarakat luas melalui berbagai paket data yang terjangkau dan akses jaringan 4G LTE yang stabil. Namun, jangkauan layanan ini masih terbatas. Tetapi, dengan perluasan jaringan dan integrasi teknologi terkini Smartfren memperluas jangkauan layanannya.
Chief Marketing Officer Smartfren XLSMART Sukaca Purwokardjono, mengatakan kini layanan mereka sudah hadir lebih luas di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk di sejumlah area baru yang sebelumnya tidak terjangkau seperti Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sumbawa, hingga Nusa Tenggara Timur.
“Dengan perluasan jaringan dan integrasi teknologi, kami menargetkan pertumbuhan pelanggan baru setelah merger, sekaligus memastikan setiap pelanggan merasakan konektivitas yang lebih baik dan stabil di lebih banyak kota di Indonesia,” ucapnya dalam jumpa pers, Rabu (17/9/2025) di Jakarta.
Menurut Sukaca, integrasi infrastruktur XL dan Smartfren menghadirkan konektivitas yang lebih luas, stabil, dan handal, memberikan pilihan baru bagi jutaan masyarakat. Di akhir kuartal kedua 2025, total jumlah BTS XLSMART mencapai lebih dari 209 ribu BTS, meningkat 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Fondasi infrastruktur ini menjadi kunci untuk menghadirkan layanan yang merata, berkualitas, dan berdaya saing tinggi untuk semua produk XLSMART termasuk Smartfren.
“Dalam perluasan wilayah ini, Smartfren menawarkan produk unggulan Unlimited dengan tema Worry-Free. Internetan tanpa khawatir kuota habis menjadi daya tarik utama, menjadikan Unlimited sebagai produk favorit pelanggan. Melengkapi itu, ada juga paket Nonstop dan beragam pilihan paket Kuota. Dan saat ini semua paket layanan yang aktif akan mendapatkan bonus gratis nelpon ke semua nomor Smartfren, XL, dan AXIS sehingga pelanggan bisa selalu tetap terhubung, ” ungkapnya.
Sementara itu, Division Head Customer Success Smartfren Rochelle Camasosa menambahkan, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Smartfren juga menghadirkan pengalaman baru melalui teknologi digital SARAH, chatbot berbasis AI, siap membantu pelanggan 24 jam, kapanpun mereka membutuhkan solusi.
“Di sisi lain, aplikasimySF terus dikembangkan dengan fitur pembayaran instan, konten digital, poin reward, dan promosi eksklusif. Semua ini dirancang agar pelanggan merasa lebih mudah, lebih nyaman, dan lebih dekat dengan layanan SMARTFREN., ” ujarnya.
Dengan warisan keunggulan teknologi dan pelayanan pelanggan dari dua perusahaan besar, XLSMART menggabungkan keahlian XL Axiata dalam layanan seluler dan tetap sebagai bagian dari Axiata Group, serta inovasi Smartfren dalam layanan 4G, VoLTE, dan eSIM sebagai bagian dari Grup Sinar Mas.
Secara keseluruhan, XLSMART saat ini melayani lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia.
STEVY WIDIA