Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Invinyx dan Jakpat: Platform Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer di Kalangan Gen Z

27 Maret 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Media Sosial

Invinyx dan Jakpat: Platform Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer di Kalangan Gen Z (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Media sosial tidak hanya menjadi platform untuk interaksi sosial, melainkan salah satu pilar penting bagi masyarakat dan pelaku industri dalam melakukan pemasaran digital. Platform Instagram tetap menjadi media sosial paling populer di kalangan Gen Z selama 2023.

Hal itu terungkap dari laporan bersama agensi pemasaran digital Invinyx dan Lembaga survey Jakpat bertajuk Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial.

Muhammad Ilmayanto Rustriananda, Co-Founder Invinyx Digital Agency mengatakan, sebagai startup agensi yang berkiprah di bidang pemasaran digital, Invinyx memiliki data primer yang kaya akan informasi mengenai preferensi masyarakat dalam platform media sosial maupun key opinion leaders.

“Insight tersebut kami kemas dan sajikan lebih mendalam dalam laporan ini. Harapannya, inisiatif ini dapat membantu pelaku industri untuk dapat lebih adaptif dalam berstrategi, mengikuti pergerakan preferensi perilaku konsumen di dunia digital, apalagi seiring dengan audiens yang semakin matang dan cerdas dalam menikmati konten pemasaran di media sosial,” kata Ilmayanto, Rabu (27/3/2024).

Baca juga :   Brick, Fintech Indonesia Penyedia API Raih Pendanaan dari Fintech Fund Silicon Valley

Laporan itu menyebutkan platform Instagram tetap jadi media sosial pilihan seluruh responden, khususnya bagi generasi Z. Secara keseluruhan terdapat 3 platform media sosial yang paling populer dan sering diakses oleh responden yakni Instagram (94%), YouTube (91%), dan TikTok (81%).

Vlog, podcast, dan story merupakan 3 format konten yang paling diminati di media sosial. Jika diklasifikasi berdasarkan gender, kalangan wanita juga menyukai format konten vlog dan foto. Sementara, bagi kalangan pria, live streaming dan giveaway turut populer.

Hiburan menjadi jenis konten teratas yang paling populer ditonton di media sosial oleh responden dengan persentase mencapai 88%. Diikuti juga dengan jenis konten kuliner (84%) dan fesyen (65%).

Selain format dan jenis konten, kuliner juga menjadi produk yang paling populer untuk dibeli oleh responden di platform media sosial. Pada kategori Gen Z, cenderung lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan, dan fesyen. Sementara itu, pada Gen Y dan Gen X lebih menyukai produk kuliner dan perangkat elektronik.

Baca juga :   GoPay Terapkan Tiga Pilar Cegah Pemain Judi Online di Aplikasi

Terdapat faktor penting yang mempengaruhi responden untuk membeli produk di platform media sosial, yaitu memiliki tautan atau link produk pada konten promosi yang dilakukan oleh key opinion leader guna memudahkan responden menemukan produk dengan mudah.

Farida Hasna Annuha, Research Lead Jakpat menjelaskan, studi ini menunjukkan perbedaan dalam penggunaan media sosial, minat konten, dan preferensi produk antara Gen Z, Millennial, dan Gen X.

Hal ini menegaskan pentingnya menyesuaikan strategi pemasaran digital untuk setiap segmen. Apalagi dengan kehadiran key opinion leader (KOL) yang menjadi salah satu pengaruh dalam meningkatkan preferensi dan informasi bagi konsumen dalam keputusan pembelian.

“Dengan laporan ini, harapan kami dapat menjadi jembatan antara pelaku industri, marketer, key opinion leader, dan instansi terkait agar dapat memaksimalkan strategi pemasaran di era digital yang dinamis,” kata Farida.

Laporan Invinyx dan Jakpat juga mengungkapkan dari berbagai komponen mendasar yang ada di dalam konten pemasaran digital oleh KOL, adanya tautan atau link produk serta alur ulasan atau promosi yang terstruktur merupakan komponen utama yang paling menarik responden. Khususnya pada segmentasi Gen Z, selain itu mereka juga mementingkan relevansi antara branding image yang dimiliki oleh KOL dengan konten promosi yang dilakukan.

Dalam segmentasi usia, terdapat beberapa faktor yang membuat responden memutuskan untuk membeli sebuah produk dari konten promosi yang dilakukan oleh KOL. Pada usia 18-25 tahun, mempertimbangkan sebuah produk jika memiliki harga yang terjangkau, sementara kelompok usia 26-35 tahun lebih mengutamakan ulasan positif.

Baca juga :   Justika Hadirkan Layanan Konsultasi Hukum di Bukalapak

“Saya melihat bahwa laporan seperti yang dilakukan Invinyx dan Jakpat merupakan inisiasi yang positif bagi perkembangan brand ataupun pekerja konten kreator agar dapat mengetahui tren masyarakat di dalam menerima informasi dan membeli sebuah produk di media sosial,” kata Arief Muhammad, KOL, penggiat media sosial dan pebisnis. (*AMBS)

 

Tags: InvinyxJakPatMedia Sosial Paling Populer di Kalangan Gen Zplatform Instagram
Previous Post

Dorong Kemajuan Pendidikan dan AI, Feedloop AI dan Telkom University Berkolaborasi

Next Post

Kahoot! Memiliki Dampak Positif Terhadap Hasil Belajar Siswa

Related Posts

Danamon - Menabung
Analyze

Tabungan di Bank Masih Menjadi Pilihan Utama Nasabah untuk Menjaga Stabilitas Finansial

24 November 2023
0
Pria dan Wanita Ternyata Berbeda Saat Belanja Online
Headline

Generasi Milenial Terbanyak Belanja Online Selama Bulan Ramadhan

28 Juni 2017
0
Load More
Next Post
Kahoot!

Kahoot! Memiliki Dampak Positif Terhadap Hasil Belajar Siswa

TikTok Rising Indonesia

TikTok Rising Angkat Talenta Musik Lokal ke Ranah Global

Trafik Broadband Telkomsel

Aktivitas Digital Dorong Pertumbuhan Trafik Broadband Telkomsel di RAFI 2024

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version