youngster.id - Harus diakui, teknologi digital menjadi pelampung bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tengah situasi pandemi Covid-19. Para pelaku UMKM membutuh edukasi dan literasi agar dapat melek dan naik kelas masuk ke dunia digital.
Untuk itu JX Indonesia, perusahaan penyedia solusi logistik bekerjasama dengan JD.ID dan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang melaksanakan program bertajuk “Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Usaha Menjadi Usaha Kecil”.
Head of Marketing JX Indonesia Adhika Yosmik mengatakan, selayaknya mitra kerja, JX Indonesia tidak hanya ingin hadir sebagai penyedia jasa logistik “hulu ke hilir” bagi rekan usaha-nya, tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UMKM, terkhusus di Kota Serang.
“Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin,” kata Adhika dalam siaran pers, Sabtu (2/10/2021)>
Kegiatan edukasi dan pelatihan ini melibatkan 50 pelaku UMKM di Kota Serang. Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi UMKM Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan, kegiatan edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha terutama UMKM Kota Serang agar dapat semakin berkembang dalam hal digitalisasi kegiatan jual-beli, khususnya pemanfaatan platform e-commerce.
“Saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan & informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada keseharian-nya, dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lain-nya. Sehingga UMKM, terlebih yang berada di Kota Serang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat,” katanya.
Secara sistematis pelatihan ini terdiri dari pengenalan dan pemanfaatan platform e-commerce dalam kegiatan jual beli. Pengenalan metode transaksi COD sebagai upaya membangun dan membina kepercayaan pelanggan. Lalu pengenalan JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce dengan jaringan marketplace yang luas, cara bergabung menjadi mitra seller, serta penjelasan mengenai program social commerce JD Fans, program afiliasi marketing resmi milik JD.ID .
Marketplace Training and Development Specialist JD.ID Rurri Ramadhan menyampaikan, meski tergolong muda jika dibandingkan dengan lini-bisnis ritel kami, platform marketplace JD.ID terus mengalami peningkatan jumlah transaksi dari tahun-ke-tahun nya.
“Berbagai upaya dan terobosan pun terus kami lakukan untuk menyediakan lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap bagi para mitra seller kami. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para pelaku UMKM di Indonesia khusus-nya Kota Serang, untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami naik level,” ucapnya.
Sementara itu, Social Commerce Business Development Specialist JD.ID Andrawan Diponugroho, pun menerangkan, tersedia banyak kanal untuk para pelaku bisnis belajar memulai usaha atau sekedar ingin dapat penghasilan tambahan, tanpa perlu kumpul modal.
“JD Fans adalah aplikasi afiliasi marketing dari JD.ID yang memanfaatkan platform media sosial untuk penjualan dan promosi. Melalui JD Fans, kami berharap banyak pihak yang dapat diberdayakan, terutama mereka yang harus kesulitan mendapatkan sumber penghasilan di tengah situasi pandemi,” ujarnya.
Besarnya antusiasme dan keikutsertaan dari para seller peserta di Kota Serang, JX dan JD.ID bermaksud untuk melanjutkan program edukasi dan pelatihan ini secara berkelanjutan di berbagai lokasi di Indonesia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post