Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kantar: Produk FMCG Jadi Prioritas Pembelanjaan Masyarakat Indonesia

3 Juli 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
produk FMCG

Kantar: Produk FMCG Jadi Prioritas Pembelanjaan Masyarakat Indonesia (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kondisi ekonomi makro di Indonesia di awal tahun 2024 menunjukkan resiliensi dengan pertumbuhan PDB yang positif, sekitar 5%. Per kuartal 1 2024, perbelanjaan rumah tangga masyarakat Indonesia tumbuh 9% dibanding tahun lalu, hampir dua kali lipat dari pertumbuhan PDB.

Hal itu terungkap dalam sebuah laporan bertajuk Brand Footprint Indonesia 2024, yang dirilis perusahaan analis pemasaran Kantar Indonesia, Divisi Worldpanel. Brand Footprint adalah studi tahunan yang dilakukan oleh Kantar untuk mengukur merek yang paling dipilih oleh konsumen. Laporan ini mencakup lebih dari 550 merek di lima sektor FMCG, yaitu Makanan, Minuman, Produk Susu, Perawatan Rumah, dan Perawatan Tubuh.

Venu Madhav, Managing Director of Kantar Indonesia, Worldpanel Division  mengatakan, Brand Footprint Indonesia tahun ini mencakup 97% rumah tangga di berbagai kota besar dan kecil di seluruh wilayah urban dan rural Indonesia, dari keseluruhan populasi rumah tangga sebanyak 70 juta.

“Besarnya perbelanjaan ini masih dipengaruhi oleh kenaikan harga dan juga masyarakat yang lebih percaya diri untuk berbelanja lebih banyak setelah arus inflasi di tahun-tahun sebelumnya. Kebiasaan berbelanja yang baru ini mempengaruhi konsumen dalam hal memilih brand yang dibeli. Kondisi ini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku industri FMCG untuk dapat tetap dipilih konsumen,“ kata Venu, dikutip Rabu (3/7/2024).

Baca juga :   COVID-19 Mempercepat Perkembangan Layanan Kesehatan Digital di Indonesia

Laporan itu menyebutkan produk FMCG masih menjadi prioritas dalam perbelanjaan masyarakat Indonesia dari semua kalangan ekonomi dan demografi. Hal ini merupakan peluang bagi para pelaku industri FMCG untuk menjadi bagian dari prioritas masyarakat ketika berbelanja.

Sepuluh brand yang menempati peringkat teratas di studi Brand Footprint adalah, brand tersebut setidaknya dibeli oleh 60% masyarakat Indonesia atau setara dengan 42 juta rumah tangga. Selain dibeli oleh 60% masyarakat, kesamaan lainnya adalah 10 brand peringkat teratas dibeli sebanyak 14x atau lebih dalam satu tahun.

Di edisi tahun ini, Indomie tetap mempertahankan posisi teratas dari the Most Chosen FMCG Brand di Indonesia. Posisi berikutnya di peringkat 2 hingga 8 juga diduduki brand yang sama seperti tahun sebelumnya, yaitu: SoKlin, Mie Sedaap, Royco, Roma, Kapal Api, Indofood, dan Nabati. Daia mendobrak klasemen di peringkat 10 teratas tahun ini dengan nilai CRP lebih dari 800 juta – yang berarti Daia dipilih oleh konsumen sebanyak 800 juta kali di sepanjang tahun 2023.

Baca juga :   Penggunaan WhatsApp dan Instagram Melonjak 40%

Menariknya, 7 dari 10 peringkat teratas merupakan brand makanan. Satu-satunya produk minuman di kalangan 10 peringkat teratas adalah produk kopi, di mana sebanyak 65% rumah tangga Indonesia mengkonsumsi kopi setidaknya 20 kali dalam setahun. Hal ini menunjukkan bahwa rumah tangga di Indonesia lebih memilih kopi dibandingkan produk minuman lainnya seperti teh atau sirup.

Tahun ini, brand pendatang baru di 100 Peringkat Teratas (Rising Star Brands) ada Le Minerale dan Milku. Melesat 26 peringkat dari tahun lalu, Le Minerale berhasil masuk ke 100 peringkat teratas di klasemen Brand Footprint tahun ini. Strategi Le Minerale untuk menawarkan berbagai pilihan ukuran kemasan, meningkatkan kehadiran dan aksesibilitasnya memungkinkan Le Minerale memenuhi beragam kebutuhan dan preferensi konsumen, memastikan semua orang dapat menikmati manfaatnya dalam berbagai momen.

Baca juga :   Pertamina Gandeng 38 Perguruan Tinggi Untuk Beasiswa Sobat Bumi 2023

Sementara itu, Milku pertama kali hadir sebagai produk susu cari dalam kemasan botol di tahun 2020, tahun ini Milku berhasil masuk ke klasemen 100 peringkat teratas Brand Footprint. Karakteristik utama yang diusung Milku adalah terbuat dari susu sapi Belgia, ukuran kemasan yang pas dengan keinginan konsumen (200ml), dan harga yang ditawarkan pun sesuai dengan dompet konsumen. Dengan strateginya, Milku berhasil merangkul lebih dari 40% rumah tangga Indonesia untuk memilih Milku sebagai produk susu cair untuk anak-anak.

“Studi Brand Footprint ini memberikan wawasan komprehensif tentang industri FMCG yang terus menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi di tengah kenaikan harga secara umum. Beberapa merek berhasil tumbuh dan memperluas basis pembelinya dengan cepat merespons kebutuhan dan preferensi konsumen. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan merek dapat dicapai dengan cepat tanggap terhadap perubahan perilaku konsumen,” tutup Venu.

 

HENNI S.

Tags: Brand Footprint Indonesia 2024Kantarproduk FMCG
Previous Post

Fitur Shopee Pilih Lokal Tarik 29 Juta Pengunjung Selama Paruh Pertama 2024

Next Post

Finnet Catat Pertumbuhan Laba Bersih, dengan Kenaikan 7,5%

Related Posts

Lazada
Analyze

Laporan Lazada: 76% Penjual eCommerce Asia Tenggara Butuh Dukungan untuk Adopsi AI

9 April 2025
0
Lazada
Headline

Lazada Hadirkan AI Lazzie, Layanan Interaktif Untuk Pengguna Yang Dipersonalisasi

8 November 2024
0
Samsung Galaxy Z Flip6
Headline

Bagi Gen Z Kegiatan Olahraga Jadi Kebutuhan Ekpresi Diri

20 Juli 2024
0
Load More
Next Post
Finnet Indonesia

Finnet Catat Pertumbuhan Laba Bersih, dengan Kenaikan 7,5%

Lampu Philips

Sinari Setiap Ruangan Rumah Anda dengan Cahaya Lampu Philips

direktur Batumbu

Fintech Batumbu Peroleh Pembiayaan Utang US$17,57 Juta dari FMO dan Oikocredit

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version