Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Karya Kreatif Jenama Indonesia Dilirik Dunia

30 Juli 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Karya Kreatif Jenama Indonesia Dilirik Dunia

Para kreator IP yang terpilih dalam program KATAPEL Bekraf. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kontribusi ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2016 sudah mencapai Rp922,59 triliun dan diproyeksikan melampaui Rp1.000 triliun pada 2017 hingga meningkat mendekati Rp1.102 triliun. Salah satu dari karya itu adalah karya kreatif yang merupakan intellectual property (IP) atau Jenama.

Melihat peluang itu, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) membawa sepuluh Jenama karya anak bangsa untuk dipamerkan pada gelaran Licensing Expo China 2019 di Shanghai.

Mereka yang berangkat berasal dari lima IP terpilih pada program KATAPEL batch 1 yaitu Hey Blo!, Komik Ga Jelas, Tahilalats, Garudayana dan Educa Studio, serta lima lainnya yakni Mintchan, Gugug!, Ghfosty’s Comic, Manguni Squad dan Satria Dewa Gatotkaca. Pameran ini akan dihadiri para Brand Owners, Potential Investors, dan juga License Buyers.

Baca juga :   30% Pengusaha Ekonomi Kreatif dari Generasi Milenial

“Karakter lokal yang dimiliki produk kita ini yang membuat mereka sangat ‘surprise’,” kata Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Joshua Simandjuntak dalam keterangannya, Senin (29/7/2019) di Jakarta.

Sebelumnya karakter lokal dari 10 jenama Indonesia ikut dipamerkan di China Licensing Expo 2019 (CLE) di Shanghai. Dalam pameran yang berlangsung pada 24-26 Juli 2019 itu, Bekraf memboyong sepuluh jenama (intellectual property) karya anak bangsa. Lima di antaranya terpilih dari program KATAPEL Batch, yakni HeyBlo!, Komik Ga Jelas, Tahilalats, Garudayana, dan Educa Studio.

Selain itu ada lima jenama dari Batch 2, yakni Mintchan, Gugug!, Ghosty’s Comic, Manguni Squad, dan Satria Dewa Gatotkaca. “Manguni Squad itu memiliki karakter lokal yang sangat kuat. Game-game-nya berlatar belakang candi Borobudur dan rumah adat di Indonesia,” kata Joshua.

Baca juga :   BEKRAF Cari Startup Untuk Kompetisi di Istanbul

Menurut dia, Moonton yang berkantor pusat di Shanghai itu sedang mencari IP yang memiliki karakter kuat.  Bekraf tidak mematok target muluk-muluk dalam keikutsertaan 10 jenama pada pameran tersebut. “Tapi paling tidak, ada satu atau dua IP kita yang bisa terjual lisensinya dalam kali ini,” ujarnya.

Bekraf sebelumnya juga telah membawa 10 jenama itu dalam Hong Kong IP Licensing Show pada bulan Januari 2019 ini. IP atau tokoh-tokoh tersebut bisa dikomersialkan untuk beberapa bisnis, seperti makanan, pakaian, animasi, game, penerbitan, dan lain sebagainya.

Mengutip laman publishingperspectives.com, secara global pasar licensing  telah mencapai angka US$280,3 miliar atau naik 3,2% dari US$271,6 miliar pada tahun 2017.

Baca juga :   Nu Green Tea Ajak Mahasiswa Mudik Bareng

STEVY WIDIA

Tags: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)Intellectual Property (IP)KatapelLicensing Expo China 2019
Previous Post

BCA Syariah Gandeng Blibli.com Perluas Produk Pembiayaan Multijasa

Next Post

OYO Hadirkan Contact Center Terintegrasi bagi Pelanggan

Related Posts

Agate x PQube - "Project Dead"
Headline

Agate dan PQube Berkolaborasi Bikin IP Game Global Baru “Project Dead”

14 September 2023
0
Xiomi
News

Kini Xiaomi Punya 29 ribu Hak Paten Untuk Ekosistem Teknologi Komunikasi

9 Januari 2023
0
Virgo and The Sparklings: Rhythm of My Life
Headline

Bumilangit Akan Garap IP Komik Webtoon Fantasi Jadi Serial Drakor

20 Oktober 2022
0
Load More
Next Post
OYO Hadirkan Contact Center Terintegrasi bagi Pelanggan

OYO Hadirkan Contact Center Terintegrasi bagi Pelanggan

Gema Swara Pesona, Juara Umum Festival Choral Music Dunia

Gema Swara Pesona, Juara Umum Festival Choral Music Dunia

SweetEscape Hadir di 500 Kota Dunia

SweetEscape Hadir di 500 Kota Dunia

Discussion about this post

Recent Updates

Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version