Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kecenderungan Bisnis UMKM Saat Ramadan Setelah Melalui Dua Tahun Masa Pandemi

17 April 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
website

UMKM mulai beralih ke platform digital. (Foto: ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kondisi pandemi telah mendorong akselerasi digital. Hal ini juga berlaku bagi para pelaku Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menariknya di bulan Ramadan mereka memiliki kecenderungan bisnis yang berubah, terutama setelah melalui dua tahun pandemi covid-19.

Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan mengatakan setidaknya terdapat tiga poin penting mengenai kecenderungan bisnis UMKM di bulan Ramadhan kali ini. Yaitu mengutamakan pengalaman pelanggan, berfokus ke platformdaring, dan lebih memperhatikan tren.

“Para pelaku bisnis yang tadinya ogah-ogahan masuk ke ranah online, ketika ada pandemi langsung sedikit panik. Mereka jadi ingin tahu bagaimana caranya meningkatkan bisnis, bagaimana memanfaatkan tren, bagaimana cara berfokus ke marketplace,” kata Indra dalam keterangannya, Sabtu (16/4/2022).

Baca juga :   lnvestree Luncurkan Akses Permodalan Syariah

Menurut Indra, sepanjang masa pandemic ini pelaku UMKM secara tidak langsung mendapat edukasi mengenai pentingnya digitalisasi. Karena itu, kini pelaku UMKM cenderung akan mengutamakan pengalaman pelanggan (customer experience) dari teknologi atau solusi digital yang sudah mereka miliki.

“Tak hanya dari sisi teknologi, pengalaman pelanggan terkait pilihan metode bertransaksi hingga penggunaan layanan logistik yang dapat memudahkan juga penting untuk selalu diperhatikan pelaku UMKM,” ungkapnya.

Kecenderungan kedua, menurut Indra, pelaku UMKM pemula dapat langsung berfokus pada platform penjualan daring. Indra mengatakan hal tersebut terjadi karena mereka akan mempertimbangkan biaya pengeluaran (cost) yang lebih murah ketimbang harus membuka toko secara fisik.

“Kalau mereka memulainya dengan online dulu, sambil mereka mungkin membentuk strategi omni-channel, mungkin cost akan lebih murah,” ujar Indra.

Baca juga :   Grab Salurkan Donasi Rp1,5 Miliar Bagi Komunitas Pemberdayaan Sosial

Kecenderungan ketiga yang tak kalah penting, pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan tren produk yang tengah berkembang atau yang sangat dibutuhkan di masa pascapandemi. Menurut Indra, para pelaku usaha dapat menggunakan alat pemasaran (tool marketing) yang tepat untuk mendatangkan traffic ke website toko mereka.

“Pelaku usaha harus melihat dan memaksimalkan peluang bisnis dengan memanfaatkan banyak kanal penjualan online sebagai prioritas seperti promosi di media sosial dan memaksimalkan website,” katanya.

Sementara itu Marketing Manager JDL Express Indonesia Iqbal Prakasa menilai bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat bagi pebisnis atau seller untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menghadirkan produk hampers.

“Tahun 2022 ini boleh dikatakan tahun bangkitnya UMKM setelah dua tahun kita melewati pandemi. Jadi, ini waktu yang pas untuk melebarkan funnel marketing tidak hanya di marketplacesaja,” katanya.

Baca juga :   Kemenkeu Bangun Sistem Data Base UMKM Penerima KUR

 

STEVY WIDIA

Tags: Exabytes Indonesiapengalaman pelanggan (customer experience)Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Facebook Watch Hadirkan Program Unggulan Selama Ramadan

Next Post

LinkAja Permudah Pembayaran Pelayanan Publik Di Sejumlah Daerah

Related Posts

Bliink Hadirkan Platform Manajemen Perjalanan Bisnis Untuk UMKM Indonesia
Headline

Bliink Hadirkan Platform Manajemen Perjalanan Bisnis Untuk UMKM Indonesia

11 September 2025
0
Pertamina UMK Academy 2025 Jaring 730 Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Headline

Pertamina UMK Academy 2025 Jaring 730 Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah

4 September 2025
0
BNI Luncurkan BNIdirect bisnis, Solusi Digital Praktis untuk UMKM
News

BNI Luncurkan BNIdirect bisnis, Solusi Digital Praktis untuk UMKM

16 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
LinkAja x myPertamina

LinkAja Permudah Pembayaran Pelayanan Publik Di Sejumlah Daerah

RedDoorz

RedDoorz Gelar Kompetisi Foto Online Berhadiah Mudik Gratis

e-materai

Privy Kini Sediakan E-Materai Untuk Dokumen Elektronik

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version