Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kini, Pemesanan Tiket Kereta Lebih Banyak Menggunakan Jalur Online

9 Maret 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Kini, Pemesanan Tiket Kereta Lebih Banyak Menggunakan Jalur Online

Traveloka dan PT. KAI lakukan kerjasama strategis untuk pemesanan tiket Kereta Api. (Foto : dok.youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Semakin banyaknya penggguna smartphone di Indonesia serta semakin baiknya kualitas jaringan internet mobile membuat transaksi menggunaka jalur online meningkat. Termasuk untuk pemesanan tiket perjalanan dengan kereta api kini lebih banyak lewat jalur online.

PT KAI selaku muara dari pemesanan kereta api d seluruh Indonesia mengaku bahwa saat ini transaksi pemesanan tiket yang terjadi jauh lebih banyak didominasi oleh transaksi pemesanan online di situs-situs atau aplikasi pemesanan tiket online.

Mukti Jauhari EVP Passenger and Ticketing Sales PT KAI mengatakan, pada tahun lalu transaksi pemesanan tiket lebih didominasi oleh pemesanan secara online ketimbang membeli langsung di tiap loket stasiun.

“Untuk tahun lalu PT. KAI berhasil menjual 60% tiket secara online dan 40% secara ofline. Untuk tahun ini diharapkan dapat bertambah hingga 65-70%” ungkap Mukti pada acara kerjasama strategis Traveloka dan PT. KAI untuk pemesanan tiket Kereta Api, Rabu (8/3/2017) di Jakarta.

Baca juga :   Acer Indonesia Gandeng IICS Jakarta Implementasikan Digital Classroom

Lebih lanjut Mukti menjelaskan, PT.KAI pada tahun lalu menjual sekitar 60% tiket secara online dan 40% untuk ofline. Angka tersebut diharapkan bisa bertambah pada tahun ini seiring dengan banyaknya kerjasama yang dilakukan oleh PT. KAI dengan beberapa mitra eksternal mereka yang kini tercatat hingga 31 mitra eksternal, termasuk dengan Traveloka.


Opsi

Sementara itu, Senior VP Business Development Traveloka, Caesar Indra mengungkapkan bekerjasama dengan PT. KAI dalam hal pemesanan tiket ini dapat memberikan opsi perjalanan yang lengkap bagi konsumen.

“Sudah lama kami mendengar masukan dari konsumen Traveloka untuk mengadakan penjualan tiket kereta api di Traveloka. Untuk itu pada kuartal pertama di tahun 2017 kami bekerjasama dengan PT. KAI untuk pemesanan tiket kereta api,” ujar Caesar.

Baca juga :   JOOX Akuisisi 5 Juta Lagu

Dia menjelaskan, untuk memesan tiket kereta api di Traveloka, pengguna terlebih dahulu harus mengupdate aplikasi mereka terlebih dahulu. Setelah itu, mereka tinggal masuk ke menu layanan pemesanan Tiket Keretapada halaman utama Traveloka. Kemudian, pelanggan tinggal memilih destinasi awal dan akhir serta tanggal keberangkatan dan jumlah kursi. Setelah itu, pengguna tinggal melanjutkan ke menu pembayaran yang disediakan oleh Traveloka.

Seelah menyelesaikan pembayaran, pengguna akan mendapatkan e-ticket yang disertakan oleh barcode melalui email pengguna. Barcode tersebut bisa mempermudah pengguna untuk menukar e-ticket dengan boarding Pass di Stasiun tujuan melalui mesin scan di stasiun tersebut.

Caesar juga menjamin bahwa harga tiket yang dijual di situs mereka merupakan harga yang paling murah dan tidak ada biaya tambahan. Selain memiliki harga yang murah, pengguna juga berkesempatan untuk memilih kursi melalui aplikasi mereka.

Baca juga :   Orami Luncurkan Layanan Berkonsep Social Commerce, Gandeng Para Ibu Jadi Social Media Influencers

Pada tahun 2019 mendatang, PT. KAI juga berharap sekitar 90 % transaksi kereta api mereka tanpa menggunakan uang cash. Mukti juga menegaskan bahwa mereka tidak pernah membeda-bedakan atau memberikan slot kursi yang berbeda antara para mitra. Kesemua transaksi masuk diungkapkannya tergantung dari siapa cepat booking.

“Tidak ada pembagian kuota. Tergantung kuat-kuatan infrastruktur dari agen yang bekerjasama,” pungkasnya.

 

ARIE KUSNANDAR

Tags: e-ticketmitra PT KAIPT Kereta Api Indonesia (KAI)tiket kereta apitiket onlineTraveloka
Previous Post

E-Commerce Ini Gelar Festival Kolaborasi Musik, Artworkers & Merchant

Next Post

Makassar Tuan Rumah Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Related Posts

Angkutan Lebaran KAI
News

Tiket Angkutan Lebaran KAI Terjual Lebih dari 3,4 juta

1 April 2025
0
Angkutan Lebaran KAI
News

Penjualan Tiket Lebaran KAI Capai Lebih dari 2,4 Juta

22 Maret 2025
0
Affiliate Member UNWTO
Headline

Traveloka Sudah Punya 40 Juta Pengguna Aktif di 8 Negara

25 Februari 2025
0
Load More
Next Post
Makassar Tuan Rumah Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Makassar Tuan Rumah Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Dukung Pemberdayaan Petani, TAM Kembangkan “Toyota Organic Village”

Dukung Pemberdayaan Petani, TAM Kembangkan “Toyota Organic Village”

Geliat UMKM di Indonesia: MEMBAWA KARYA HINGGA KE MANCANEGARA

Geliat UMKM di Indonesia: MEMBAWA KARYA HINGGA KE MANCANEGARA

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version