Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kompetisi Maker Fest 2018, Ajang Kreasi Untuk Kreator Lokal Yang Ingin Kembangkan Bisnis

17 Maret 2018
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
Kompetisi Maker Fest 2018, Ajang Kreasi Untuk Kreator Lokal Yang Ingin Kembangkan Bisnis

Peluncuran Maker Fest 2018 . (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Maker Fest, sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal digelar di Indonesia. Gerakan ini hadir untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan memberikan panggung offline & online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka, hingga bisa menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia.

Chairman Maker Fest 2018, William Tanuwijaya menjelaskan bahwa kelahiran Maker Fest terinspirasi oleh hasil karya para kreator lokal di seluruh Indonesia.

“Dalam perjalanan saya membangun Tokopedia, saya berkesempatan menyaksikan dengan dekat perjalanan banyak kreator Indonesia dengan visi dan misi serta produk yang bagus, namun sayangnya banyak yang mentok hanya di level UMKM. Saya yakin sebenarnya dengan ekosistem yang tepat, para kreator lokal dapat berkembang dari usaha kecil menjadi industri, dan dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia. Untuk membangun ekosistem ini, Maker Fest hadir menjadi panggung penghubung dari para pemangku kepentingan terkait dimana para maker, platform marketplace, logistik, perbankan, investor, dan pemerintah berkolaborasi mewujudkan cita-cita besar ini bersama,” kata William pada jumpa pers Maker Fest 2018 Jumat (15/3/2018) di D’Labs kawasan Menteng Jakarta.

Rencananya, rangkaian “Maker Fest 2018” yang siap digelar pada bulan April – Desember 2018 di 8 kota. Antara lain : Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar, terdiri dari berbagai workshop, dan sharing session.

Baca juga :   Teknologi Robot Asimo Akan Dikembangkan Massal

“Yang jelas, apa yang sedang kami lakukan ini tentunya tidak bisa berjalan sendirian. Saya bisa duduk disini karena banyak di dukung steakholder. Karena kita nggak bsia menjadi brand internasional, kalau tidak mendapat dukungan dari yang lain. Jadi dari hulu ke hilir nya harus bagus, sal punya scale dan kemampuan dan produk bagus teman-teman startup akan bisa semakin mudah berkembang. Apalagi saat ini dukungan dari berbagai ekosistem yang telah ada di bidang ini sudah semakin baik pertumbuhannya,” kata William lagi.

Gerakan ini didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku industri Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta JNE. Meski diselenggarakan bersama Tokopedia, namun Maker Fest inklusif dan terbuka bagi seluruh kreator lokal di Indonesia yang memiliki passion untuk mengembangkan diri dan produknya.

Sementara itu, Triawan Munaf, Kepala Bekraf menjelaskan bagaimana milenial bisa menjadi motor pertumbuhan kreator lokal Indonesia.

“Lebih dari 30% pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi milenial. Sebagai populasi terbesar, anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia. Melalui program seperti Maker Fest, kami berharap ke depannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia yang dapat memperluas skala usahanya, sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi, serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya,” ungkap Triawan.

Baca juga :   Levi’s Band Hunt 2019: Saatnya Musisi Lokal Bersuara

Pada kesempatan itu, M. Feriadi, Presiden Direktur JNE mengatakan JNE sebagai perusahaan yang mendorong pertumbuhan UKM di era digital juga melihat bagaimana kreator lokal dapat menyentuh pasar yang lebih luas.

“UKM berperan besar dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi lokal, apalagi dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce saat ini. Untuk itu, dengan kapabilitasnya sebagai perusahaan pengiriman ekspres dan logistik nasional, JNE berkomitmen dalam mendukung kemajuan bisnis UKM, terutama dalam hal penjualan dan pengiriman,” ujar Feriadi.

“Melalui Maker Fest 2018, JNE ingin berperan lebih jauh lagi. Bukan hanya dukungan dalam pemberdayaan UKM, namun juga menjadikan kreator muda lokal memiliki daya saing dan kualitas produk yang diterima pasar luas. Baik di Indonesia hingga ke luar negeri. Kami juga menyediakan program khusus yang bisa dinikmati oleh seluruh kreator lokal yang berpartisipasi dalam Maker Fest,” tambahnya.”

Maker Fest 2018 di tiap kota akan diselenggarakan berbagai kegiatan edukasi, workshop dan sesi sharing keterampilan. Para kreator juga dapat berkonsultasi dengan pelaku usaha, konsultan bisnis serta pengusaha ekonomi kreatif skala nasional mengenai tantangan dan solusi yang dihadapi dalam mengembangkan bisnis mereka. Termasuk dalam hal pengembangan SDM, inovasi, strategi pemasaran, branding, hingga akses ke permodalan.

Di setiap kota juga akan dilaksanakan Local Maker Competition 2018, kompetisi berkreasi untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya. Pemenang dari tiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Maker Fest 2018 di Jakarta pada bulan Desember mendatang. Dari 24 peserta skala nasional, 10 finalis terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya dan memberikan sesi workshop di depan para juri dan pengunjung Festival Maker Fest 2018.

Baca juga :   Plug and Play Gencar Kembangkan Ekosistem Startup Indonesia

Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward, masing-masing sebesar Rp 1 Milyar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, pemenang juga mendapatkan reward lainnya berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional dan kesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional, serta mengakses jalur distribusi ke ritel internasional.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaflocal maker competitionMaker Fest 2018William Tanuwidjaja
Previous Post

Studi Klinis Nenoin 2018, Kerusakan Saraf Tepi Dapat Diminimalisir

Next Post

Telecreative Tawarkan Solusi Sumber Daya Teknologi Bagi Bisnis Startup

Related Posts

Bekraf Bakal Manfaatkan Blockchain Atasi Royalti Hak Cipta
Headline

Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Positif

29 November 2018
0
Rangkaian Maker Fest 2018 Berakhir di Denpasar
Headline

Rangkaian Maker Fest 2018 Berakhir di Denpasar

5 November 2018
0
MakerFest 2018: Usaha Kreatif  Banyak Dari Anak Muda
Headline

MakerFest 2018: Usaha Kreatif Banyak Dari Anak Muda

23 April 2018
0
Load More
Next Post
Telecreative Tawarkan Solusi Sumber Daya Teknologi Bagi Bisnis Startup

Telecreative Tawarkan Solusi Sumber Daya Teknologi Bagi Bisnis Startup

Mahasiswa UGM dan ITB Wakili Indonesia di Young Designer of the Year

Mahasiswa UGM dan ITB Wakili Indonesia di Young Designer of the Year

Alibaba Cloud Bangun Data Center di Indonesia

Pengembangan Ekonomi Digital Perlu Kebijakan yang Tepat

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version