youngster.id - Selama beberapa tahun terakhir, konten-konten edukasi terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di TikTok. Hal ini juga terlihat dari tagar SerunyaBelajar yang telah mendapatkan lebih dari 13 miliar views di TikTok.
Antusias ini mendorong TikTok Indonesia kembali meluncurkan kampanye #SerunyaBelajar. Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia Faris Mufid mengatakan, meningkatnya konten edukasi ini menunjukkan semangat komunitas TikTok untuk belajar banyak hal secara kreatif, dengan tujuan memberikan perubahan positif, sejalan dengan semangat yang lekat dengan Hari Sumpah Pemuda untuk memajukan Indonesia.
“Di TikTok, kami melihat bahwa belajar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara menyenangkan, mulai dari belajar hal-hal akademik maupun non-akademik, sehingga generasi muda dapat terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia,” kata Faris dalam jumpa pers yang digelar hybrid, Senin (24/10/2022).
Menurut Faris, para kreator menyajikan berbagai konten edukatif. Ada sekitar 2 juta konten yang dihadirkan, mulai dari yang bersifat akademik maupun non-akademik seperti kecantikan dan fesyen, makanan, olahraga, game, dan kategori lainnya.
“Untuk mendukung hal tersebut, di kampanye #SerunyaBelajar kali ini, kami pun fokus untuk mengajak komunitas, khususnya generasi muda, untuk terus berkembang bersama,” ujarnya.
Kampanye yang akan berlangsung dari 24 Oktober hingga 7 November 2022 ini bekerja sama dan didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).
Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Anang Ristanto mengatakan, generasi muda membutuhkan wadah melalui sistem pembelajaran yang dapat mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Program Merdeka Belajar dapat mendukung semua transformasi di sektor pendidikan yang didukung dengan pemanfaatan teknologi digital.
“Melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan oleh TikTok ini, kami berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja, namun juga kemampuan literasi digital yang baik,” katanya.
Kampanye #SerunyaBelajar terbaru menghadirkan rangkaian kegiatan seperti, kompetisi atau hashtag challenge bagi pengguna TikTok berusia minimal 18 tahun untuk berbagi konten edukasi, termasuk edukasi terkait food, kecantikan dan fesyen, olahraga, game dan lainnya.
Kemudian akan ada Bootcamp, #SerunyaBelajar. Kegiatan pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi #SerunyaBelajar pada 19 November 2022. Selain itu ada TikTok LIVE berupa diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok.
Tiktok juga menggelar Festival #SerunyaBelajar dengan berbagai kegiatan seru, diantaranya eksperimen sains dan DIY, sesi sharing dan diskusi bersama top kreator TikTok, hingga penampilan musik dari berbagai musisi yang akan diselenggarakan secara luring pada 19 November 2022.
TikTok juga mengajak penyanyi, aktris, penggiat edukasi serta campaign ambassador dari #SerunyaBelajar, Mikha Tambayong, platform Sekolah.mu serta dengan kreator Putih Abu-Abu.
STEVY WIDIA
Discussion about this post