youngster.id - Lazada dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerjasama untuk membantu menaikkan skala bisnis UMKM di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini merupakan inisiatif yang mendukung UMKM salah satunya melalui program #upgradeUKM 2018.
“Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif yang besar. Mereka memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, baik sebagai pelaku UMKM maupun penyedia jasa lain terkait industri digital untuk membantu UMKM agar lebih jauh dalam mengembangkan usahanya secara online, semua itu merupakan fokus kami tahun ini. Untuk itulah, kami meluncurkan program #upgradeUKM 2018 di 29 kota di Indonesia ini, ” ungkap Florian Holm Co-CEO Lazada Indonesia dalam sambutannya di acara #UpgradeUKM di hotel Rafles Jakarta Rabu (28/2/2018).
Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan Lazada atas program prmerintah menuju delapan juta UMKM Go Digital pada 2019. Tahun sebelumnya dalam program yang sama, Lazada telah mengunjungi 11 kota di Indonesia dan berhasil memberikan pelatihan mengenai pelatiham produk secara online kepada ribuan pelaku UMKM.
Sementara itu, Suprajarto Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia mengatakan pihaknya sangat mendukung dan menyambut baik kerjasama ini karena program ini memiliki tujuan turut memberdayakan pelaku UMKM lokal menuju go digital.
“Sepanjang tahun lalu Bank BRI sukses menyalurkan Rp 69,4 triliun dana KUR kepada lebih 3,7 juta debitur baru. Dari jumlah tersebut 41% telah digunakan untuk sektor produktif. Terkait hal ini BRI dan Lazada memiliki visi yang sama yakni mendorong UMKM binaan agar naik kelas menjadi technopreneurs. Jadi kami menyambut baik kerjasama ini, bagi kami pemberdayaan UMKM di Indonesia perlu didukung dari berbagai sisi mulai dari kemudagan akses pembiayaan hingha upaya peningkatan kapasitas serta kapabilitas mereka, ” jelas Suprajarto.
“Jadi hari ini sebagai bentuk support kami bagi para pelaku, sekaligus mendorong para pelaku ukm lebih besar tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di dunia internasional, ” sambungnya.
Pada kesempatan itu, Lazada juga memperkenalkan Seller Centre App yakni sebuah aplikasi berbasis iOS dan Android untuk mendukung operasional seller termasuk UMKM di Lazada. Melalui aplikasi ini seller dapat memonitor dan mengelola toki virtual dengan lebih mudah.
Selain membawa program #upgradeUKM bagi UMKM yang baru akan berjualan online, Lazada juga memperkenalkan Lazada University. Ini merupakan fasilitas bagi para pelaku UMKM yang sudah menjadi seller Lazada dan siap memaksimalkan potensi pasar e-commerce marketplace lebih jauh.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post