Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Lazada Gelar Gerakan AKAR dan Tutup Akses Produk Impor

5 Agustus 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Lazada

Aktris Zaskia Mecca selaku brand ambassador Lazada Indonesia. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perusahaan e-Commerce Lazada menggelar Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Indonesia. Inisiasi ini untuk mendukung produk buatan lokal. Bahkan Lazada menutup akses impor bagi tiga klaster industri nasional yaitu tekstil, makanan minuman dan kerajinan yang dijual oleh cross border atau penjual dari luar negeri.

Head of Public Affairs and Public Policy Lazada Indonesia, Waizly Darwin mengatakan, penutupan keran impor terhadap tiga klaster industri nasional ini dilakukan secara proaktif, progresif, dan secara berkala sepanjang satu tahun belakangan di masa pandemi Covid-19. Apalagi tiga klaster industri nasional tersebut merupakan klaster yang termasuk dalam agenda pemerintah terkait program substitusi impor dan juga program pemulihan ekonomi nasional.

“Penutupan keran impor pada tiga klaster industri nasional dengan ratusan komoditasnya adalah satu langkah yang kami lihat penting demi penyelamatan ekonomi nasional. Demi mendukung pebisnis lokal pada klaster bisnis tersebut agar bisa merajai pasar domestik,” ungkap Waizly dalam siaran pers Kamis (5/8/2021).

Baca juga :   Lazada & BRI Dukung UMKM Go Digital Lewat #UpgradeUKM

Menurut dia, langkah ini dilakukan dengan mengedepankan sense of crisis dan sense of urgency. Pihaknya akan terus melakukan pemantauan, pengkajian serta pembaruan kebijakan di platform Lazada Termasuk terkait penjualan antar negara agar bisa tetap relevan dan sesuai dengan kebijakan pemerintah saat ini terkait impor, pemulihan UKM, dan pemulihan ekonomi nasional.

“Fungsi gerakan AKAR ini adalah terkait penguatan UMKM domestik terutama di daerah sentra industri nasional,” ujar Waizly.

Dia menjelaskan, fokus dari gerakan AKAR adalah membentuk jaringan, bimbingan teknis pagi para ukm lokal agar mereka dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi UMKM Serta mengembangkan kemampuan logistik. Melalui gerakan AKAR ini pedagang lokal yang selama ini masih jualan produk impor yang diambil dari importir bisa menjual produk yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

Baca juga :   Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

Waizly juga mengatakan ada beberapa kegiatan dalam gerakan AKAR ini. Pertama training literacy e commerce untuk ribuan UMKM lokal yang belum terdigitalisasi . “Ini jadi penting karena menurut studi yang kami lakukan pada akhir tahun 2020 kemarin disebutkan hanya 13% UMKM yang sudah terdigitalisasi,” katanya.

Kedua yaitu pembentukan komunitas AKAR melalui forum diskusi antara pemerintah, brand lokal, daerah industri yang difasilitasi Lazada untuk membahas hal yang terkait pengembangan kapasitas dan kualitas produksi UMKM serta kemampuan logistik. Ketiga yaitu program digitalisasi untuk klaster industri di Indonesia yang dilakukan melalui kerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait dan pemerintah daerah terkait.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: Akselerasi Karya Rakyat (AKAR)akses impore-commerceLazada
Previous Post

Industri Game Sumbang Rp24,88 Triliun Pada PDB Indonesia

Next Post

Rumah Oksigen Gotong Royong Resmi Beroperasi dan Tampung Pasien Covid-19

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Rumah Oksigen Gotong Royong

Rumah Oksigen Gotong Royong Resmi Beroperasi dan Tampung Pasien Covid-19

Danacita

Danacita Gelar Program Beasiswa Digital Senilai Rp 3,6 M untuk 300 Calon Mahasiswa

Fitur Ponsel Series 5G Ini Bisa Push Rank Dan Menangkan Turnamen Esports

Fitur Ponsel Series 5G Ini Bisa Push Rank Dan Menangkan Turnamen Esports

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version