youngster.id - Berdasarkan data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), jumlah mahasiswa di Indonesia sebanyak 9,32 juta orang pada 2022. Jumlah ini naik 4,02% dibandingkan pada tahun sebelumnya sebanyak 8,96 juta orang.
Sementara itu, dilansir dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), jumlah mahasiswa di Indonesia di awal tahun 2023 mencapai 7,8 juta mahasiswa. Jumlah mahasiswa yang sangat besar di Indonesia menjadi peluang yang menggiurkan bagi para merek serta dapat berkontribusi yang positif bagi keberlangsungan merek.
Hal ini mendorong LINE Indonesia meluncurkan GOKS! (Gokilnya Diskon Buat Siswa), platform layanan yang menghubungkan berbagai brand di Indonesia dengan mahasiswa. Platform berbasis web yang dapat diakses di GOKS.CO.ID telah menerima pendaftaran dari hampir 1000 universitas di seluruh Indonesia.
“Kami terus mengembangkan layanan GOKS! agar dapat memberikan lebih banyak dampak yang positif bagi para mahasiswa di Indonesia, terutama untuk membantu menghemat pengeluaran mahasiswa. Saat ini, hampir 1000 universitas yang tersebar di Indonesia yang menjadi bukti bahwa layanan ini memang dibutuhkan oleh kalangan mahasiswa,” ucap Nico Dharmaputra, Strategy and New Business Lead, LINE Indonesia, Senin (20/11/2023).
Menurut dia, hingga 15 November 2023, Universitas Indonesia (UI) menjadi pendaftar GOKS! terbanyak dengan pengguna mencapai 12,2% dari total mahasiswa yang mendaftar di GOKS.CO.ID.
Pada peringkat berikutnya, Universitas Bina Nusantara (BINUS) menduduki posisi kedua dengan 8%. Di posisi ketiga, terdapat Universitas Brawijaya (UB) dengan 4,4%, sementara Universitas Padjadjaran (UNPAD) berada di posisi keempat dengan 3,9%. Universitas Diponegoro (UNDIP) menempati urutan kelima dengan 3,8%.
Kemudian, pada peringkat keenam hingga kesepuluh, kita melihat Universitas Gajah Mada (UGM) dengan 2,9%, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 2,8%, Universitas Airlangga (UNAIR) dengan 2,4%, Universitas Terbuka (UT) dengan 2,2%, dan Institut Pertanian Bogor (IPB University) dengan 1,9%. Sementara itu, terdapat 971 universitas lain di Indonesia yang juga menyumbang persentase dari total mahasiswa yang terdaftar di GOKS!.
“Dengan menjangkau lebih banyak mahasiswa sebagai konsumen mereka, para merek bisa menciptakan loyalitas pelanggan yang lebih baik serta dapat ikut membantu menggerakkan roda perekonomian Indonesia,” ujar Nico.
Ke depannya, GOKS! juga akan terus membuka peluang kerjasama dengan berbagai event dan organisasi kemahasiswaan di Indonesia untuk menjangkau lebih banyak lapisan mahasiswa serta membantu organisasi kemahasiswaan mendapatkan exposure yang lebih luas melalui berbagai saluran promosi yang dimiliki oleh GOKS! dan LINE.
“Melalui misi kami untuk menciptakan platform yang luar bisa guna memberikan nilai-nilai yang WOW bagi para pengguna kami, kami akan terus menantang diri kami untuk menggunakan teknologi dan layanan kami agar dapat menciptakan nilai baru dan tak terduga dalam kehidupan sehari-hari pengguna kami, salah satunya melalui layanan GOKS! ini,” tutup Nico.
STEVY WIDIA
Discussion about this post