youngster.id - Kompetisi inovasi terbesar berskala dunia, L’Oréal Brandstorm kembali digelar di Indonesia. Kompetisi bertema “Disrupt Beauty 2030” ini diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta. Setelah melalui serangkaian proses seleksi terpilih tiga tim sebagai pemenang L’Oréal Brandstorm 2022 dari tiga kategori yang dipertandingkan.
“Melalui L’Oréal Brandstorm kami ingin memberdayakan para pembawa perubahan di masa depan, mereka yang mendorong transisi sosial dan lingkungan utama untuk masa depan. Kami berharap para peserta dapat membawa inovasi sebagai solusi masa depan untuk permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kecantikan,” ungkap Umesh Phadke, President Director L’Oréal Indonesia dalam pengumuman pemenang L’Oréal Brandstorm 2022, Jumat (8/4/2022) di Jakarta.
Pemenang yang terpilih adalah tim Stealth Squad dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan inovasinya SunQuare. Inovasi terkait sinar UV untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif terhadap matahari seperti pengidap albino dan vitiligo ini menjadi pemenang dalam kategori Inclusion.
Pemenang untuk kategori Tech adalah tim Mon Soleil yang juga dari ITB dengan inovasinya HyperSync. Mereka menghubungkan hormon dengan kebutuhan kulit melalui teknologi . Sedang untuk kategori Green, tim Musaceae dari Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L) dinobatkan menjadi pemenang. Mereka menghadirkan inovasi yang menggunakan Banana Pseudostem dalam memberikan alternatif baru untuk kertas minyak yang terbuat dari selulosa.
Ketiga tim ini nantinya akan mewakili Indonesia untuk bersaing dengan pemenang nasional dari negara lainnya di tahap internasional.
“Inovasi yang datang dari peserta tahun ini sangat luar biasa kreatif. Kami berharap ketiga tim pemenang dapat mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. L’Oréal Indonesia akan terus memberikan semangat dan dukungan bagi para perwakilan Indonesia di L’Oréal Brandstorm 2022,” tambah Umesh.
Para tim pemenang akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari para ahli di bidangnya agar mereka semakin siap untuk tahap semifinal internasional di bulan Mei mendatang.
Sejak diadakan pertama kali secara internasional pada tahun 1992, dan di Indonesia pada tahun 2009. L’Oréal Brandstorm telah berkembang menjadi kompetisi internasional yang bergengsi bagi mahasiswa di seluruh dunia. Hingga saat ini di Indonesia, sudah ada sebanyak 8.567 peserta yang telah mengikuti kompetisi Brandstorm hingga tahun 2022 dan salah satunya berhasil keluar sebagai pemenang internasional final pada tahun 2019.
“Sejak awal diadakan, kami secara konsisten menjalankan program ini untuk menemukan talenta-talenta berprestasi, para calon pemimpin di masa depan dengan berbagai latar belakang keahlian. Tahun ini, kompetisi L’Oréal Brandstorm 2022 menawarkan edisi yang lebih menarik dan inklusif, di mana kami membuka kesempatan yang lebih luas bagi para pembawa perubahan masa depan Indonesia untuk dapat memberikan inovasi kecantikan yang dapat menggerakkan dunia,” jelas Yenita Oktora, Chief Human Resources Officer L’Oréal Indonesia.
Kompetisi L’Oréal Brandstorm tahun ini untuk pertama kalinya dibuka luas bagi masyarakat Indonesia berusia maksimal 30 tahun dan dari semua bidang studi. Tahun ini juga tiga kategori yang dipertandingkan diambil dari tiga masalah sosial utama. Yaitu inclusion track – mengemukakan produk dan jasa yang dapat mendukung inklusifitas di dunia kecantikan; green track – menciptakan sebuah solusi bagi bidang kecantikan agar semakin keberlanjutan; dan tech track – merevolusi dunia kecantikan dengan bantuan teknologi.
“Kami berharap kompetisi L’Oréal Brandstorm dapat terus menjadi wadah bagi para talenta terbaik yang ada di dunia, termasuk Indonesia, untuk dapat terus berinovasi, membawa perubahan ke arah yang semakin maju dan menjawab berbagai tantangan dunia di masa sekarang dan masa depan. Bersama-sama menggerakan Indonesia dan dunia melalui kecantikan,” tutup Yenita.
STEVY WIDIA
Discussion about this post