Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Magpie: Shopee Mendominasi Pangsa Pasar Toner & Mist

25 April 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Toner & Mist

Magpie: Shopee Mendominasi Pangsa Pasar Toner & Mist (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia tumbuh pesat, dengan total pendapatan meningkat dari US$1,31 miliar pada 2021 menjadi US$1,94 miliar pada 2024. Produk skincare, termasuk toner dan mist, menyumbang sekitar 30% dari total pasar ini.

Konsumen muda mendominasi segmen ini, di mana 41% berasal dari kelompok usia 18–29 tahun dan 32% dari usia 30–39 tahun. Mereka sangat dipengaruhi tren kecantikan di media sosial dan semakin memperhatikan perawatan diri.

Berdasarkan data Magpie, pada 2024 produk toner dan mist mencatat pangsa pasar sebesar 5,6% dalam kategori kecantikan e-commerce. Sepanjang 2024, pasar toner & mist menunjukkan tren pertumbuhan positif dengan lonjakan signifikan di kuartal akhir. Meski Q1 dan Q2 mencatat pertumbuhan tahunan yang baik, keduanya mengalami penurunan GMV dibandingkan kuartal sebelumnya. Q3 mulai menunjukkan pemulihan dengan peningkatan nilai dan volume penjualan, sementara Q4 mencatat lonjakan terbesar, mencapai US$39,4 juta dan 11,4 juta unit terjual—menandai performa terkuat sepanjang tahun dengan pertumbuhan GMV kuartalan sebesar 64,72%.

Shopee mendominasi pasar toner & mist dengan pangsa sebesar 89,33%, diikuti oleh Lazada (6,28%), Tokopedia (4,34%), dan Blibli (0,05%). Grafik menunjukkan dominasi besar Shopee, sementara platform lainnya hanya menyumbang sebagian kecil dari total pasar.

Baca juga :   Mahasiswa PENS Raih Emas di Kompetisi Robotika Se-ASEAN

“Hal ini menunjukkan keunggulan Shopee, mengindikasikan bahwa merek harus memprioritaskan platform ini, sementara pesaing perlu meningkatkan promosi atau menemukan cara untuk tetap relevan,” ujar Wilhendra, CEO Magpie, Jum’at (25/4/2025).

Meskipun terdapat fluktuasi, termasuk sedikit penurunan pada April, Shopee tetap unggul secara signifikan dibandingkan pesaingnya. Lazada dan Tokopedia menunjukkan tren penurunan yang cukup signifikan, sementara Blibli masih kesulitan untuk memperoleh pangsa pasar yang berarti.

Lima merek teratas menyumbang sekitar 38,3% dari total pasar. Skintific memimpin pasar online untuk kategori toner & mist dengan pangsa sebesar 16,1%, diikuti oleh Skin1004 (6,5%), NPure (6,3%), Wardah (5,3%), dan Avoskin (4,1%).

Skintific sebagai pemimpin pasar mengalami fluktuasi, dan pada bulan Juni posisinya digantikan oleh Skin1004 yang mencapai 16,2% pangsa pasar, sementara Skintific turun ke 8,9%. Pada bulan September, Skintific mengalami penurunan tajam sebelum kembali pulih pada akhir kuartal terakhir (Desember 2024). Skin1004 menutup tahun dengan pangsa pasar 5,9%, diikuti oleh NPure (4,1%) dan Avoskin (2,1%). Wardah mencatat pertumbuhan signifikan dengan pangsa pasar mencapai 8,1% di akhir Q4.

Baca juga :   Sociolla Gandeng Sukin Untuk Kumpulkan 1 Ton Sampah Industri Kecantikan

Skintific mendominasi Shopee dengan pangsa 17% dan total pendapatan US$11,8 juta. Diikuti oleh Skin1004 (7%), NPure (6,5%), Wardah (5,4%), dan Avoskin (3,9%).

Dalam pergerakan bulanan, semua merek mengalami fluktuasi. Skintific menunjukkan dominasi yang stabil dan mencapai puncaknya pada November dengan 21,6% pangsa. Namun, pada April dan Juni, posisinya sempat diambil alih oleh Skin1004. Di akhir tahun, pangsa Skintific dan merek lain menurun.

Di Lazada, Clariderm menjadi pemimpin dengan pangsa 13,6% dan pendapatan US$675,8 ribu. Disusul oleh ‘No Brand’ (9,4%), Skintific dan Wardah (masing-masing 6,3%), serta Avoskin (6,1%).

Pada Februari, Clariderm digantikan oleh Avoskin sebagai pemimpin. Kemudian pada Oktober, ‘No Brand’ mengambil alih posisi dengan GMV tertinggi 22,7%. Di akhir Q4, Clariderm, Wardah, dan Avoskin mengalami pertumbuhan pangsa pasar yang signifikan.

Baca juga :   Helga Angelina : Bisnis Makanan Sehat Sekaligus Membantu Petani

Di Tokopedia, Skintific memimpin dengan pangsa 9,4% dan pendapatan US$318,7 ribu, diikuti oleh NPure (6,8%), Avoskin (6,6%), Skin1004 (4,9%), dan Pyunkang Yul (3,9%).

Skintific secara konsisten unggul, namun sempat digantikan oleh Avoskin (Maret, 9,3%) dan NPure (November, 9,8%). Semua merek mengalami penurunan pangsa pasar di Desember 2024.

Sedangkan di Blibli Cetaphil unggul dengan pangsa pasar 23,3% dan pendapatan US$9.386. Disusul oleh Skintific (13,1%), Laneige dan SK-II (masing-masing 7,5%), serta Somethinc (4,9%).

Cetaphil mengalami lonjakan signifikan hingga 72% di November karena promosi, gratis ongkir, dan ulasan positif. Pangsa pasarnya turun di akhir tahun, sementara merek lain justru meningkat di Desember.

Berdasarkan GMV, Avoskin menjadi pemimpin kategori melalui produk Avoskin Miraculous Refining Toner 100ml – AHA BHA PHA – Eksfoliasi Kulit yang menghasilkan pendapatan US$727 ribu dan terjual sebanyak 73,6 ribu unit sepanjang 2024. Produk terlaris kedua adalah Skin1004 Madagascar Centella Toning Toner 210ml, dengan penjualan 54,6 ribu unit dan pendapatan sebesar US$639 ribu.

 

HENNI S.

Tags: Pasar Toner & Mistproduk kecantikanskincare
Previous Post

Kemitraan Helios dan AWS Dorong Transformasi AI dan Cloud Bagi Bisnis di Indonesia

Next Post

Inisiatif “Lombok Eco Kriya” Optimalkan Potensi KEK Mandalika

Related Posts

Cosmax x Kadence
News

Kolaborasi Cosmax Indonesia dan Kadence Kembangkan Produk Kosmetik Sesuai Kebutuhan Konsumen

24 September 2025
0
COSMAX - Cosmobeaute 2023
News

COSMAX Pamerkan Lebih dari 100 Formula Kecantikan Inovatif di Cosmobeaute 2023

14 Oktober 2023
0
Sociolla
News

Waste Down Beauty Up di 2023 Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Kemasan Produk Kecantikan

25 Februari 2023
0
Load More
Next Post
Lombok Eco Kriya

Inisiatif “Lombok Eco Kriya” Optimalkan Potensi KEK Mandalika

Fedex

Tingkatkan Visibilitas Rantai Pasokan, FedEx Luncurkan Solusi Pemantauan Berbasis AI

Gotrade

Perkuat Akses Investasi Saham AS di Jawa Timur, Gotrade Buka Cabang di Surabaya

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version