youngster.id - Pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia tumbuh pesat, dengan total pendapatan meningkat dari US$1,31 miliar pada 2021 menjadi US$1,94 miliar pada 2024. Produk skincare, termasuk toner dan mist, menyumbang sekitar 30% dari total pasar ini.
Konsumen muda mendominasi segmen ini, di mana 41% berasal dari kelompok usia 18–29 tahun dan 32% dari usia 30–39 tahun. Mereka sangat dipengaruhi tren kecantikan di media sosial dan semakin memperhatikan perawatan diri.
Berdasarkan data Magpie, pada 2024 produk toner dan mist mencatat pangsa pasar sebesar 5,6% dalam kategori kecantikan e-commerce. Sepanjang 2024, pasar toner & mist menunjukkan tren pertumbuhan positif dengan lonjakan signifikan di kuartal akhir. Meski Q1 dan Q2 mencatat pertumbuhan tahunan yang baik, keduanya mengalami penurunan GMV dibandingkan kuartal sebelumnya. Q3 mulai menunjukkan pemulihan dengan peningkatan nilai dan volume penjualan, sementara Q4 mencatat lonjakan terbesar, mencapai US$39,4 juta dan 11,4 juta unit terjual—menandai performa terkuat sepanjang tahun dengan pertumbuhan GMV kuartalan sebesar 64,72%.
Shopee mendominasi pasar toner & mist dengan pangsa sebesar 89,33%, diikuti oleh Lazada (6,28%), Tokopedia (4,34%), dan Blibli (0,05%). Grafik menunjukkan dominasi besar Shopee, sementara platform lainnya hanya menyumbang sebagian kecil dari total pasar.
“Hal ini menunjukkan keunggulan Shopee, mengindikasikan bahwa merek harus memprioritaskan platform ini, sementara pesaing perlu meningkatkan promosi atau menemukan cara untuk tetap relevan,” ujar Wilhendra, CEO Magpie, Jum’at (25/4/2025).
Meskipun terdapat fluktuasi, termasuk sedikit penurunan pada April, Shopee tetap unggul secara signifikan dibandingkan pesaingnya. Lazada dan Tokopedia menunjukkan tren penurunan yang cukup signifikan, sementara Blibli masih kesulitan untuk memperoleh pangsa pasar yang berarti.
Lima merek teratas menyumbang sekitar 38,3% dari total pasar. Skintific memimpin pasar online untuk kategori toner & mist dengan pangsa sebesar 16,1%, diikuti oleh Skin1004 (6,5%), NPure (6,3%), Wardah (5,3%), dan Avoskin (4,1%).
Skintific sebagai pemimpin pasar mengalami fluktuasi, dan pada bulan Juni posisinya digantikan oleh Skin1004 yang mencapai 16,2% pangsa pasar, sementara Skintific turun ke 8,9%. Pada bulan September, Skintific mengalami penurunan tajam sebelum kembali pulih pada akhir kuartal terakhir (Desember 2024). Skin1004 menutup tahun dengan pangsa pasar 5,9%, diikuti oleh NPure (4,1%) dan Avoskin (2,1%). Wardah mencatat pertumbuhan signifikan dengan pangsa pasar mencapai 8,1% di akhir Q4.
Skintific mendominasi Shopee dengan pangsa 17% dan total pendapatan US$11,8 juta. Diikuti oleh Skin1004 (7%), NPure (6,5%), Wardah (5,4%), dan Avoskin (3,9%).
Dalam pergerakan bulanan, semua merek mengalami fluktuasi. Skintific menunjukkan dominasi yang stabil dan mencapai puncaknya pada November dengan 21,6% pangsa. Namun, pada April dan Juni, posisinya sempat diambil alih oleh Skin1004. Di akhir tahun, pangsa Skintific dan merek lain menurun.
Di Lazada, Clariderm menjadi pemimpin dengan pangsa 13,6% dan pendapatan US$675,8 ribu. Disusul oleh ‘No Brand’ (9,4%), Skintific dan Wardah (masing-masing 6,3%), serta Avoskin (6,1%).
Pada Februari, Clariderm digantikan oleh Avoskin sebagai pemimpin. Kemudian pada Oktober, ‘No Brand’ mengambil alih posisi dengan GMV tertinggi 22,7%. Di akhir Q4, Clariderm, Wardah, dan Avoskin mengalami pertumbuhan pangsa pasar yang signifikan.
Di Tokopedia, Skintific memimpin dengan pangsa 9,4% dan pendapatan US$318,7 ribu, diikuti oleh NPure (6,8%), Avoskin (6,6%), Skin1004 (4,9%), dan Pyunkang Yul (3,9%).
Skintific secara konsisten unggul, namun sempat digantikan oleh Avoskin (Maret, 9,3%) dan NPure (November, 9,8%). Semua merek mengalami penurunan pangsa pasar di Desember 2024.
Sedangkan di Blibli Cetaphil unggul dengan pangsa pasar 23,3% dan pendapatan US$9.386. Disusul oleh Skintific (13,1%), Laneige dan SK-II (masing-masing 7,5%), serta Somethinc (4,9%).
Cetaphil mengalami lonjakan signifikan hingga 72% di November karena promosi, gratis ongkir, dan ulasan positif. Pangsa pasarnya turun di akhir tahun, sementara merek lain justru meningkat di Desember.
Berdasarkan GMV, Avoskin menjadi pemimpin kategori melalui produk Avoskin Miraculous Refining Toner 100ml – AHA BHA PHA – Eksfoliasi Kulit yang menghasilkan pendapatan US$727 ribu dan terjual sebanyak 73,6 ribu unit sepanjang 2024. Produk terlaris kedua adalah Skin1004 Madagascar Centella Toning Toner 210ml, dengan penjualan 54,6 ribu unit dan pendapatan sebesar US$639 ribu.
HENNI S.
Discussion about this post