youngster.id - Bulan Ramadan merupakan momen penting bagi para pelaku bisnis. Di bulan ini masyarakat diprediksi lebih banyak berbelanja, termasuk di platform online. Memanfaatkan momen ini berbagai kampanye dan promosi digelar. Agar bisnis tetap untung, pelaku usaha harus membangun kedekatan dengan konsumen.
Entrepreneur & Digital Marketing Strategist Septian Bramandita mengatakan, tidak bisa dimungkiri bahwa strategi marketing di momen spesial kadang membutuhkan effort lebih, baik modal maupun tenaga serta waktu.
“Di tengah industri yang makin terbuka saat ini, pelaku bisnis dapat mengeksplorasi peluang kolaborasi bersama pihak lain yang telah memiliki basis pasar, misalnya figur publik yang relevan atau pun brand seperti ShopeePay yang kerap menyelenggarakan kampanye di momen-momen spesial. Dengan begitu, bisnis dan UMKM dapat mengakselerasi bisnis dan membangun loyalitas konsumen, serta tetap eksis di berbagai kesempatan,” kata Septian dalam acara ShopeePay Talk, bertema “Sambut Momentum, Bisnis Makin Untung” yang berlangsung secara online, Selasa (19/4/2022).
Sementara itu, CEO & Co-Founder Fore Coffee Vico Lomar mengatakan, di tengah maraknya program promosi yang dilakukan saat perayaan momen spesial, penting bagi bisnis untuk tetap tampil berbeda agar menarik perhatian konsumen. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan agar tetap stand out adalah dengan mengombinasikan karakteristik serta value yang diusung bisnis dengan segmentasi konsumen yang hendak disasar.
“Dalam merencanakan kampanye momen spesial, Fore Coffee senantiasa berpegang teguh pada value yang kami miliki, sehingga karakter kami sebagai brand pun akan tercermin dalam kampanye yang terlaksana. Melalui nilai-nilai tersebut, kami berhasil menghimpun basis konsumen loyal dan akhirnya Fore Coffee dapat menciptakan sendiri momen-momen spesial yang bisa dirayakan bersama,” ungkapnya.
Menurut dia, pendekatan ini bukan hanya memperkuat persona bisnis yang konsisten, namun juga membangun kedekatan emosional serta loyalitas konsumen terhadap bisnis.
“Respon positif konsumen yang di luar ekspektasi mendorong kami untuk terus memegang teguh value dan karakter yang kami miliki. Pendekatan tersebut juga kami tuangkan dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini melalui peluncuran menu minuman spesial Ramadan dan rangkaian koleksi hampers,” ungkap Vico.
Hal senada juga diungkapkan CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express Renny Rantika. Menurut dia, pengusaha selalu berusaha untuk jeli melihat peluang momen spesial yang bisa dimanfaatkan
“Tidak hanya melalui media sosial, kami juga melakukan pendekatan lain seperti gimmick di gerai offline, kolaborasi dengan brand lain, hingga menghadirkan kemasan spesial. Seperit di Ramadan ini, kami pun melihat kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals sebagai peluang bagi kami untuk semakin memeriahkan momen spesial Ramadan bersama konsumen,” ujarnya.
Di sisi lain, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, sederet momen spesial yang ada di sepanjang tahun kerap diantisipasi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hal ini tentunya merupakan peluang yang dapat dimaksimalkan oleh bisnis untuk makin mempererat hubungan dengan konsumen.
“ShopeePay berusaha mengakomodasi mitra merchant dalam memaksimalkan momentum tersebut melalui rangkaian program dan kampanye khusus, salah satunya kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals. Dengan berbagai penawaran menarik di momen spesial, kami harap ShopeePay dapat terus mendukung merchant untuk melebarkan sayap bisnis dan memberikan kepuasan dan lebih banyak kemeriahan bagi konsumen di Tanah Air,” katanya
Di momen Ramadan ini, ShopeePay mempersembahkan kampanye spesial ShopeePay Big Ramadan Deals yang berlangsung mulai tanggal 1 April hingga 5 Mei mendatang. Pengguna dapat menikmati berbagai penawaran menarik, seperti Voucher ShopeePay Rp10, penawaran voucher Minimarket Pasti Diskon serta Bukber Hemat Cashback 90% dan Cashback 100% Seharian pada 20 April, 25 April, dan 5 Mei.
STEVY WIDIA