Sabtu, 28 Januari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Menilik Tantangan Bisnis Warung dan Peluang Solusi dari Pemimpin Pasar FMCG

11 Januari 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Warung Pintar Kembali Raih Pendanaan US$4 Juta

Salah satu kios Warung Pintar. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Data Euromonitor mencatat bahwa terdapat 3,61  juta retail di Indonesia pada 2021. Angka tersebut mencakup ekosistem bisnis warung, yang sudah ada sejak lama di Indonesia. Menurut survei internal Warung Pintar, 9 dari 10 masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan hariannya di warung. Hal tersebut menghasilkan nilai penjualan ritel tradisional yang mencapai lebih Rp 6 triliun setiap harinya.

Di balik potensi warung yang sangat besar, terdapat banyak tantangan yang masih dihadapi oleh pemilik warung. Kegiatan menyetok barang dagangan yang mayoritas produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) menjadi hal penting karena lebih dari 90% penjualan warung berasal dari penjualan barang fisik. Hal inilah mengapa warung sebagai usaha mikro menjadi sangat sulit untuk berkembang.

Co-Founder Warung Pintar Agung Bezharie Hadinegoro mengatakan, tantangan tersebut sebagai peluang yang belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemimpin pasar FMCG. Hal ini mendorong Warung Pintar hadir sebagai jembatan bagi warung dan pemimpin pasar FMCG agar dapat saling terhubung melalui alur distribusi yang lebih transparan.

“Untuk itu, Warung Pintar menyediakan rantai pasok distribusi yang mengintegrasikan teknologi dalam alur distribusi, operasional, sampai optimalisasi potensi usaha. Pada akhirnya, kami mengoptimalisasi peran dan kolaborasi para aktor yang terlibat dalam rantai pasok ritel tradisional,” kata Agung dalam keterangan pers, Rabu (11/1/2023).

Menurut dia, bagi pemilik warung mikro, berbelanja semakin mudah dengan memanfaatkan aplikasi kulakan warung dengan berbagai pilihan pemasok baik dari pemilik merek besar atau principal hingga Grosir Pintar. Sistem belanja ini dapat menyesuaikan kebutuhan warung baik dari jenis barang, jumlah kulakan, aksesibilitas jalan, lama pengiriman, dan fleksibilitas pembayaran.

“Di sisi lain, dengan sistem belanja online lewat aplikasi, warung tidak memerlukan usaha, waktu, dan biaya lebih untuk aktivitas kulakan,” ujarnya.

Menurut Agung, bagi brand, principal, serta distributor, mereka dapat terhubung dengan warung dan grosir secara langsung lewat Distributor Pintar untuk menjadi pemasok langsung bagi warung sampai monitoring performa penjualan, pergerakan barang dan harga, dan performa kompetitor. Transparansi data juga dapat dengan mudah didorong sebagai bahan strategi bisnis ke depan.

Dalam misinya untuk mendongkrak pertumbuhan warung-warung di Indonesia, Warung Pintar bermisi memperluas jaringan mitra FMCG. Selama enam bulan ke belakang, Warung Pintar sudah menjalankan kemitraan strategis dengan PT ABC President Indonesia untuk meningkatkan penetrasi produk di sektor akar rumput.

Head of Sales PT ABC President Indonesia Andri Adhiwiryawan mengatakan, selama kemitraan ini berlangsung, pihaknya merasa terbantu dengan solusi strategis yang diberikan oleh Warung Pintar.

“Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak warung dan  meningkatkan penetrasi produk serta performa penjualan,” katanya.

Selain itu, Warung Pintar memberikan added value bagi PT ABC President Indonesia melalui strategi product focus yang dapat menargetkan peningkatan penjualan pada produk-produk yang ingin difokuskan.

Terhitung sejak Juli hingga September 2022, jumlah warung yang membeli produk dari PT ABC President Indonesia turut mengalami kenaikan sebesar 90%. Peningkatan ini juga berimbas pada market share produk minuman kemasan dan mie instan milik PT ABC President Indonesia, dimana pertumbuhannya tercatat mencapai hingga 61%.

“Kedepannya kami akan menjalin lebih banyak kemitraan dengan pemimpin industri FMCG untuk memastikan stok yang serba ada dengan harga yang lebih pasti. Kami juga akan terus memperbaharui aplikasi Warung Pintar agar tetap relevan dengan kebutuhan juragan seiring berjalannya waktu. Seluruh upaya kami kerahkan untuk memberdayakan warung agar bisa terus berkembang di tengah segala kondisi ekonomi,” tutup Agung.

 

STEVY WIDIA

Tags: fast moving consumer goods (FMCG)tantangan warungwarungwarung pintar
Previous Post

Kini, Karyawan Bisa Bayar Tagihan Sebelum Hari Gajian

Next Post

Mitra Grab Terima Apresiasi Senilai Total Rp17.2 Miliar

Related Posts

Green Rebel
Headline

Startup Green Rebel Ekspansi ke Luar Negeri dan Populerkan Pola Makan Berbasis Tumbuhan

28 Januari 2023
0
Pinjaman Online
Headline

Startup Adapundi Klaim Berhasil Salurkan Pinjaman Modal ke 1,6 Juta UMKM

28 Januari 2023
0
House of TikTokers by DCT Agency
Headline

Dukung Pertumbuhan Konten Kreator, DCT Agency Luncurkan House of TikTokers

28 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Hari Mitra Grab

Mitra Grab Terima Apresiasi Senilai Total Rp17.2 Miliar

realme 10 Pro Series

Realme 10 Hadirkan Smartphone Layar Lengkung Premium Untuk Anak Muda

SekolahPro

Startup Edutech SekolahPro Hadirkan Platform Integrasi antara Pemerintah Daerah dan Sekolah

Discussion about this post

Berita Terbaru

Green Rebel

Startup Green Rebel Ekspansi ke Luar Negeri dan Populerkan Pola Makan Berbasis Tumbuhan

28 Januari 2023
0
RRQ

RRQ dan PINTU, Gelar Turnamen Mobile Legends Berhadiah Bitcoin

28 Januari 2023
0
TikTok Shop Summit 2022

Platform Live Selling TikTok Jadi Terfavorit di Indonesia

28 Januari 2023
0
Pinjaman Online

Startup Adapundi Klaim Berhasil Salurkan Pinjaman Modal ke 1,6 Juta UMKM

28 Januari 2023
0
Membuka Peluang Kokreasi untuk Generasi Konten, Smartfren Luncurkan WOWLabs

Operator Telekomunikasi Ini Gelar Festival UMKM Lokal, Dimulai dari Depok

28 Januari 2023
0
House of TikTokers by DCT Agency

Dukung Pertumbuhan Konten Kreator, DCT Agency Luncurkan House of TikTokers

28 Januari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version