youngster.id - Indonesia diramalkan bisa menjadi negara ekonomi digital besar seperti China dan India. Pemerintah pun punya tiga strategi mengembangkan perekonomian digital Indonesia.
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memaparkan ketiga kunci itu adalah layanan di platform digital seperti economy sharing, pengembangan ekonomi usaha kecil menengah, dan inklusi keuangan.
Menurut Rudiantara startegi ekonomi sharing terinspirasi oleh perkembangan layanan Gojek untuk economy sharing dan Tokopedia untuk UKM. Keduanya, memakai teknologi dan mengubah lanskap perekonomian konvensional.
“Gojek bukan lagi alat transportasi tapi gaya hidup. Kita tidak bisa melarang mereka kalau mereka sangat dibutuhkan publik,” ucap Rudiantara dalam pembukaan Indonesia e-Commerce Summit & Expo (IESE) pada Selasa (9/5/2017) di Indonesia Convention & Exhibiton (ICE), Serpong, Banten.
Menurutnya Go-Jek bukan lagi alat transportasi melainkan gaya hidup. “Saya bahkan berdiskusi khusus dengan pejabat negara Brasil tentang Go-Jek. Mereka tertarik untuk menerapkannya di negaranya, karena kondisi di Rio De Janeiro sama seperti di Jakarta,” tutur Rudiantara lagi.
Kemudian strategi kedua yakni memaksimlakna peran e-commerce terhadap UKM. Seperti diketahui, sejumlah perusahaan marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Elevenia, melibatkan peran UKM dalam operasionalnya.
Rudiantara menilai model marketplace C2C seperti Tokopedia, sebagai cara tercepat dalam menyerap tenaga kerja sekaligus mengembangkan produk lokal.
E-commerce sudah dalam beberapa tahun terakhir digadang-gadang menjadi penggerak ekonomi digital utama Indonesia. Tak heran pemerintah membuat peta jalan e-commerce dan menargetkan industri tersebut menghasilkan pendapatan hingga US$130 pada 2020 nanti.
Strategi terakhir adalah inklusi keuangan. Dengan kata lain pemahaman masyarakat terhadap layanan dan produk lembaga jasa keuangan harus ditingkatkan.
Layanan tersebut berarti transaksi keuangan tak lagi dimonopoli oleh layanan perbankan. E-wallet misalnya jadi contoh terbaik bagaimana sektor telekomunikasi yang non-perbankan bisa menyentuh pengguna konsumen yang tak punya rekening bank.
STEVY WIDIA
Discussion about this post