Menuju Target Profitabilitas, Grup GoTo Catatkan Peningkatan 67% Untuk EBITDA

GoTo - IFFC

Akuisisi Tokopedia, TikTok Gelontorkan US$1,5 Miliar (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan kinerja kuartal pertama 2023, dimana EBITDA yang disesuaikan tumbuh sebesar 67% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya menjadi Rp-1,6 triliun. Capaian ini didukung oleh kinerja kuat khususnya dari unit bisnis On-Demand Services dan E-Commerce.

Direktur Utama Grup GoTo Andre Soelistyo menyampaikan, perseroan telah berada pada pertengahan jalan menuju target EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal keempat.

“Pada kuartal pertama 2023, kami terus melangkah menuju profitabilitas. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan EBITDA yang disesuaikan1 sebesar 67% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dan 49% dibandingkan kuartal sebelumnya,” kata Andre dalam keterangan pers, Jumat (28/4/2023).

Dia mengungkapkan, pada kuartal pertama 2023, Perseroan terus meningkatkan monetisasi dan menerapkan penghematan beban usaha secara menyeluruh. Pendapatan bruto meningkat 14% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp6 triliun, sedangkan biaya insentif dan pemasaran turun sebesar Rp2,6 triliun atau 39% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Margin kontribusi Grup mencatatkan angka positif sebesar 0,4% sebagai persentase dari GTV3, tumbuh pesat sebesar 224 basis poin (bps) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, mencapai Rp636 miliar.

Grup GoTo terus mencatatkan pertumbuhan pendapatan bruto4 yang positif dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 14%. Hal ini merupakan hasil strategi meningkatkan kesetiaan konsumen dengan memanfaatkan portofolio produk bernilai tambah (value-added products) dan layanan premium.

“Fokus kami pada pelanggan setia yang profitabel serta kedisiplinan dalam pengelolaan beban, telah meningkatkan efisiensi secara signifikan, sekaligus memberikan sekilas gambaran prospek GoTo di masa depan. GTV3 jangka pendek diperkirakan lebih moderat, sejalan dengan strategi Perseroan. Perseroan akan terus membangun infrastruktur ekosistem yang semakin solid untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan menuju profitabilitas dalam jangka panjang,” papar Andre.

Direktur Keuangan Grup GoTo Jacky Lo mengatakan, dengan tercapainya margin kontribusi2 positif keseluruhan Grup pada kuartal ini, Perseroan berada pada titik penting di tengah upaya mendorong profitabilitas seluruh unit bisnis. Hal ini didukung oleh peningkatan pertumbuhan pendapatan serta rasionalisasi insentif secara konsisten.

“Pengelolaan beban operasional tetap secara cermat turut mendukung Perseroan dalam langkahnya mencapai profitabilitas, dan secara signifikan telah mengurangi biaya operasional serta tingkat cash burn. Menjaga kedisiplinan dalam pengelolaan beban juga merupakan bagian penting dari strategi jangka panjang Perseroan, di mana basis biaya yang lebih rendah akan memberikan kami keleluasaan lebih besar untuk mengalokasikan modal demi percepatan pertumbuhan di masa depan,” paparnya.

Posisi kas GoTo dan neraca keuangan tetap solid dengan jumlah kas dan setara kas sebesar Rp26,8 triliun dan fasilitas kredit sekitar Rp4,65 triliun, di mana Rp1,5 triliun telah digunakan per 31 Maret 2023. Perseroan meyakini akan mencapai arus kas operasional positif tanpa tambahan pendanaan eksternal.

On-Demand Services mencatatkan pertumbuhan pendapatan bruto yang sehat, yaitu sebesar 12% di kuartal pertama yang didorong oleh optimisasi komisi dan biaya pada layanan Transportasi serta penargetan biaya platform dan pesan antar pada layanan Pesan-antar Makanan. Perseroan juga mencatat peningkatan pertumbuhan pelanggan di berbagai produk, terutama layanan ekonomis, dan layanan premium.

Pada unit bisnis E-Commerce, peluncuran fitur inovatif berperan menumbuhkan monetisasi secara konsisten pada kuartal ini, sekaligus mempertahankan pangsa pasar Tokopedia yang besar. Inovasi tersebut antara lain peningkatan fungsi aplikasi untuk mitra pedagang (merchant app) untuk menampilkan competitive insight yang diperbarui, serta perangkat pemasaran (marketing tools) untuk mendorong penjualan.

Implementasi slot iklan dinamis pada fungsi pencarian (search) turut mendukung peningkatan relevansi iklan, sekaligus menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan memberi nilai tambah bagi mitra pedagang Tokopedia.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version