Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik untuk Indonesia dengan Program Keberlanjutan

31 Juli 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
keberlanjutan - GDP Venture

Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik untuk Indonesia dengan Program Keberlanjutan (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sustainability atau keberlanjutan dalam bisnis adalah sebuah pendekatan yang mengintegrasikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) ke dalam operasi bisnis dan telah menjadi salah satu topik paling penting dalam dunia bisnis saat ini.

Dengan berbagai tantangan lingkungan yang dihadapi dunia, mulai dari perubahan iklim hingga kelangkaan sumber daya alam, keberlanjutan tidak lagi menjadi pilihan, melainkan sebuah komitmen jangka panjang untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi perusahaan, masyarakat, dan lingkungan.

Lisa Widodo – Co-Founder & COO, Blibli menjelaskan, Blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang meluncurkan program keberlanjutan dengan payung program ESG bernama Blibli Tiket Action. Selaras dengan misi untuk menjadi platform perdagangan dan gaya hidup omnichannel yang terpercaya, Blibli Tiket Action berupaya menciptakan bisnis berkelanjutan yang melibatkan karyawan, pelanggan, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendukung ekonomi, sosial, dan lingkungan yang positif.

Menurutnya, Blibli berfokus pada enam ranah utama dalam program berkelanjutan yaitu penggunaan sumber daya, pengelolaan limbah, emisi, privasi data, hubungan komunitas, serta pengembangan dan pembelajaran.

“Hingga saat ini, 95% dari kemasan yang digunakan Blibli adalah berbahan daur ulang dan berbasis kertas. Selain itu, Blibli telah menanam lebih dari 8.000 pohon untuk mengimbangi emisi karbon,” kata Lisa, acara bincang-bincang bisnis bertajuk Power Lunch dengan tema “Sustainable Futures: Innovating for a Sustainable Indonesia”, dikutip Rabu (31/7/2024).

Baca juga :   Meski Cetak Kinerja Positif, Blibli Tidak Bagikan Deviden

Kolaborasi lintas industri menjadi kunci keberhasilan upaya keberlanjutan. Dengan bekerja sama, perusahaan dari berbagai sektor dapat menciptakan dampak yang lebih besar dan lebih signifikan terhadap lingkungan dan masyarakat. Blibli berkolaborasi dengan tiga pemangku kepentingan utama: karyawan, pelanggan dan mitra.

Misalnya, untuk karyawan Blibli Tiket terdapat program Fashion Take Back di Hari Bumi 2024 limbah fesyen yang terdiri dari seragam dan pakaian bekas karyawan diolah oleh mitra ecopreneur lewat konsep sirkular ekonomi menjadi barang dengan nilai guna baru. Selain itu, karyawan juga terlibat dalam pengumpulan dan pendaurulangan sampah selama event perusahaan, mendukung pengelolaan limbah dan keberlanjutan.

Untuk pelanggan, Blibli mengambil langkah proaktif dalam program Take Back atau pengembalian kemasan yang tidak terpakai untuk didaur ulang atau dikonversi menjadi bibit pohon (10 kemasan menjadi 1 bibit pohon).

“Blibli juga mengajak mitra untuk mengadopsi praktik ramah lingkungan dengan menyediakan opsi pengiriman menggunakan kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon” tambah Lisa.

Sektor pariwisata juga tumbuh dengan cepat, menurut UNWTO pada 2019 kontribusi pariwisata menyumbang 8% terhadap emisi karbon dunia mulai dari penerbangan pesawat, perahu, penginapan, berbagai aktivitas berkontribusi terhadap jejak karbon pariwisata.

Baca juga :   Menghitung Dampak Ekonomi dari Pemanasan Global

Sejalan dengan hal itu, tiket.com pionir online travel agent (OTA) di Indonesia yang berdiri sejak 2011, mengambil sebuah langkah untuk menerapkan dan meningkatakan kesadaran Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism) melalui fitur tiket Green yang diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang terhadap lingkungan, aspek sosial budaya, dan perekonomian masyarakat.

Gaery Undarsa – Co-Founder & CMO tiket.com menjelaskan, fitur tiket Green menjadi inovasi terbaru dari tiket.com yang memberikan akses kepada konsumen untuk memilih akomodasi yang mengusung konsep keberlanjutan (sustainability). Guna memahami pentingnya industri pariwisata berkelanjutan, standarisasi akomodasi berkelanjutan memainkan peran besar dalam mengarahkan akomodasi wisata menuju konsep green accommodation.

Diklaim Gaery, hingga saat ini pihaknya telah menyediakan lebih dari 5.400 pilihan akomodasi di seluruh dunia, termasuk 700 pilihan akomodasi di Indonesia dan Asia Tenggara yang menerapkan sustainable tourism.

tiket.com juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam program Jagoan Pariwisata untuk mengajak para pelaku usaha desa wisata meningkatkan kapabilitas usahanya agar usahanya lebih berkelanjutan (sustainable).

“Kami percaya bahwa dengan mendukung desa wisata berkelanjutan, kita dapat menciptakan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat lokal,” ucapa Gaery.

Baca juga :   Zoomcar Gandeng Blibli Hadirkan Layanan Berbagi Mobil Tanpa Kunci di Indonesia

Selain Blibli dan tiket.com, startup portofolio GDP Venture lainnya, yaitu platform marketplace Tinkerlust, juga berkomitmen untuk berkontribusi pada pengurangan limbah fesyen yang merupakan penyumbang limbah terbesar kedua di dunia.

Aliya Amitra – Founder & COO Tinkerlust menjelaskan, empat pelaku industri yang mempengaruhi industri fashion meliputi pemerintah, NGO, desainer lokal, dan marketplace terpercaya.

Menurutnya, Tinkerlust berperan dalam memberikan kesadaran mengenai decluttering, merilis white paper tentang keberlanjutan fashion di Indonesia, dan bermitra dengan desainer lokal untuk meng-upcycle barang-barang preloved.

“Kami berharap upaya ini dapat secara signifikan mengurangi limbah fesyen dan mendorong perubahan positif dalam industri fesyen sehingga mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam gerakan keberlanjutan ini,” kata Aliya.

Sejatinya, untuk menerapkan keberlanjutan secara efektif, perusahaan harus menetapkan tujuan keberlanjutan yang jelas dan terukur, mengintegrasikan strategi, menerapkan praktik-praktik terbaik dalam keberlanjutan, menjamin transparansi, membangun kolaborasi, dan melakukan evaluasi kinerja yang komprehensif. Langkah-langkah ini akan memastikan bahwa inisiatif keberlanjutan tidak hanya berjalan dengan baik, tetapi juga memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat.

 

STEVY WIDIA

Tags: bliblikeberlanjutansustainabilityTiket.comTinkerlust
Previous Post

Tekan Efisiensi di Anteraja, Laba Bersih Adi Sarana Naik Hampir 4 Kali Lipat

Next Post

Dikontribusi dari Marketplace, Pendapatan Bukalapak Tumbuh 6% di Kuartal II 2024

Related Posts

Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Gaery Undarsa
Headline

Tiket.com Hadirkan Layanan Pelanggan Berbasis AI Sebagai Solusi Masalah Perjalanan

5 September 2025
0
Tiket.Com Punya Fitur Atasi Pembatalan Perjalanan
News

Tiket.Com Punya Fitur Atasi Pembatalan Perjalanan

7 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Bukalapak

Dikontribusi dari Marketplace, Pendapatan Bukalapak Tumbuh 6% di Kuartal II 2024

Amar Bank

Konsisten Tumbuh Secara Berkelanjutan, Amar Bank Bagikan Dividen Interim

Heylocal Gelar Modest Fun Run Perdana di Indonesia

Heylocal Gelar Modest Fun Run Perdana di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version