youngster.id - Penetrasi internet di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Data Social Media Statistics for Indonesia menyebut jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 185,3 juta, dengan penggunaan internet mobile meningkat 0,6% dari tahun sebelumnya.
Seiring hal itu, muncul beragam kebutuhan gaya hidup digital yang bergantung dan mengandalkan teknologi. Mau belanja kebutuhan harian, beli tiket pesawat, nonton film dari aktor kesayangan, hingga mencatat performa lari untuk persiapan marathon semua bisa dilakukan lewat aplikasi yang tersemat di telepon genggam.
Hanya saja, dengan berbagai aktivitas itu maka kita harus punya banyak aplikasi. Hasil survei Bitkom, lembaga asosiasi industri dan telekomunikasi Jerman pengguna berusia 16 hingga 29 tahun mengunduh rata-rata 42 aplikasi di ponsel pintarnya. Bahkan disebutkan, 17 persen orang menggunakan 10-20 aplikasi, 20 persen menggunakan hingga 30 aplikasi, dan 22 persen orang menggunakan 30-50 aplikasi. Hanya 8 persen pengguna smartphone yang menginstal kurang dari 10 aplikasi di perangkatnya.
Hal ini tentu berpengaruh pada kinerja perangkat, termasuk juga mengancam keamanan dan privasi. Melihat kondisi dan potensi ini Telkomsel melakukan pembaruan pada aplikasi MyTelkomsel menjadi superapp. Ya, aplikasi yang selama ini menjadi “rumah” bagi para pelanggan Telkomsel untuk melihat dan membeli produk telkomunikasi telah bertranformasi menjadi aplikasi super. Di dalamnya ada beragam fitur ekosistem digital. Mulai dari kesehatan (health), perjalanan (travel), pembayaran (payment), hiburan (entertainment) hingga belanja (commerce). Semua disematkan dengan apik dan menarik sehingga tidak perlu lagi punya banyak aplikasi untuk disematkan pada smartphone.
“Kehadiran MyTelkomsel super app sejalan dengan visi dan misi perusahaan sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta membuka peluang bagi kemajuan semua orang, setiap rumah, dan kegiatan usaha di seluruh Indonesia,” kata Nugroho Direktur Utama Telkomsel pada peluncuran MyTelkomsel Super Apps beberapa waktu lalu.
Pembaruan MyTelkomsel ini memberikan tampilan dengan antarmuka modern dengan navigasi yang nyaman saat digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga personal. Misalnya buat kamu yang suka olahraga lari, MyTelkomsel punya fitur Health. Di sini pengguna bisa personifikasi dengan mencatat data pribadi serta goals yang ingin dicapai saat berlari. Mulai dari mencatat waktu, jarak, kecepatan, kalori, dan denyut jantung, hingga mendapatkan ringkasan informasi performa lari.
Personalisasi MyTelkomsel juga dibuat bagi mereka yang hobi traveling lewat fitur travel. Di sini pengguna dapat memesan tiket pesawat, memeriksa status penerbangan, mendapatkan pengingat dan notifikasi detail penerbangan sebelum dan setelah keberangkatan. Bahkan informasi tentang check-in online, boarding gate, dan keterlambatan pesawat tersedia di sini. Ini tentu akan membuat perjalanan jadi lebih terorganisir dan nyaman.
Selain itu, MyTelkomsel superapp ini juga sudah dilengkapi dengan fitur advance searching berbasis AI, yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dan layanan dengan lebih cepat dan akurat, sehingga memberikan pengalaman yang lebih personal dan responsif sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.
“Layanan pelanggan MyTelkomsel hadir untuk mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan produk dan layanan Telkomsel melalui fitur-fitur terdepan yang terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi terkini,” kata Derrick Heng Direktur Marketing Telkomsel.
Telkomsel juga melihat potensi dari warga Indonesia yang gemar belanja online. Data Statista Market Insights menyebut jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 196 juta pengguna. Untuk itu MyTelkomsel menghadirkan fitur payment dan commerce yang berkolaborasi dengan beberapa e-commerce unggulan dan bank seperti UOB Indonesia.
Fitur ini dilengkapi dengan kemudahan transaksi pembayaran dengan beragam pilihan, mencakup transfer bank, e-wallet hingga kartu kredit. Tentu tak ketinggalan, fitur yang memudahkan pelanggan melihat semua tagihan seperti telepon, listrik dan BPJS dalam satu tampilan. Bahkan sudah tersedia pembayaran parkir secara otomatis, sehingga pelanggan tidak perlu repot membuka jendela dan mengambil karcis.
“Dengan kapabilitas super app ini, pengguna dapat menikmati berbagai layanan yang relevan dengan kebutuhan sehari-hari, mulai dari layanan perbankan, solusi energi dan transportasi, hingga layanan publik. MyTelkomsel super app juga akan menghadirkan lebih banyak manfaat bagi berbagai segmen pelanggan dengan memanfaatkan jalinan kerjasama strategis antara Telkomsel dan berbagai mitra korporasi,” kata Adiwinahyu Basuki Sigit Direktur Sales Telkomsel.
MyTelkomsel juga punya fitur entertainment hasil kerja sama Telkomsel dengan beberapa platform seperti INFIA, MAXstream, Langit Musik, Noice, SEA Today, dan Vidio. Pelanggan dapat menikmati beragam fitur hiburan mulai dari streaming video, mendengarkan musik dan podcast, membaca artikel, fitur gamifikasi untuk bermain mini games seperti Tahilalats Battle Royale, Kelaperun, Jelajah Nusantara, Stamp Berhadiah, dan game lainnya di Game Hub.
Tentu pelayanan dasar MyTelkomsel seperti membeli paket Telkomsel Prabayar, Telkomsel Halo, IndiHome, Orbit, dan Telkomsel One dalam satu aplikasi juga ditingkatkan. Seperti fitur auto gift yang bisa digunakan pelanggan untuk dapat memberi hadiah kepada teman atau kerabatnya dengan melakukan pembelian paket untuk orang lain secara otomatis setiap bulan.
Saat ini pengguna aktif MyTelkomsel lebih dari 46 juta pelanggan Telkomsel. Untuk itu, sebagai superapp, MyTelkomsel masih terus mengembangkan diri. Seperti saat ini fitur health baru tersedia untuk olahraga lari saja. Demikian juga untuk fitur payment untuk parkir masih sangat terbatas. Namun Nugroho menjanjikan aplikasi superapp ini akan berkembang seiring kebutuhan pelanggan di masa depan. Jadi kita tunggu saja, akan ada apa lagi di aplikasi layanan dari Telkomsel ini.
STEVY WIDIA