Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Nilai Transaksi Bukalapak Tumbuh 2 Kali Lipat

19 Desember 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Bukalapak Siapkan Bisnis Kewirausahaan Digital Syariah

Co-Founder and President Bukalapak Fajrin Rasyid bertemu Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perusahaan e-commerce Bukalapak menyebut nilai transaksi di platform-nya meningkat dua hingga tiga kali lipat pada tahun ini dibandingkan periode sebelumnya. Bukalapak juga mengalami pertumbuhan 68% jumlah pelapak dibanding tahun lalu. Kini lebih dari 5 juta pelapak bergabung di platform tersebut yang telah tersebar ke seluruh Indonesia.

Bukalapak juga mencatat gross merchandise value (GMV) hingga penghujung 2019 senilai US$ 5 miliar. Adapun laba kotor bukalapak di pertengahan 2019 juga naik 3 kali lipat dibandingkan periode sama 2018 dan berhasil mengurangi setengah kerugian dari EBITDA selama 8 bulan terakhir ini.

Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid menjelaskan, faktor keamanan dan kenyamanan berbelanja di e-commerce menjadi pendukung platform tersebut memperoleh pencapaian ini.

Baca juga :   Jaringan Data 4G XL Jangkau 450 Kota

“Perubahan ini didorong kepercayaan konsumen yang semakin yakin dengan keamanan dan kemudahan melalui platform tersebut. Belanja di e-commerce lebih aman, nyaman, dan mudah untuk mendapatkan produk (UMKM) yang diinginkan konsumen,” kata Fajrin dalam keterangannya Rabu (18/12).

Menurut Fajrin, saat ini produk fesyen dan elektronik masih mendominasi kategori terfavorit di platformnya. Namun, konsumen juga mulai tertarik membeli produk makanan, kerajinan, dan berbagai produk khas suatu daerah melalui e-commerce.

Selain itu, semakin meratanya akses distribusi e-commerce di berbagai wilayah di Indonesia. Fajrin mencontohkan, pada awal Bukalapak berdiri sekitar 9 tahun lalu, setengah transaksi perusahaan hanya terjadi di Jabodetabek. Mayoritas pembeli maupun penjual produk berasal dari wilayah tersebut.

Baca juga :   Dalam Waktu 8 Bulan, Program elevAIte Indonesia Telah Diikuti 1,2 Juta Talenta Digital

“Dalam dua tahun terakhir, (transaksi produk UMKM) di Jabodetabek hanya 30%, artinya bukan berkurang tetapi karena daerah lainnya itu justru tumbuh lebih pesat,” ujar Fajrin. Ia pun mengklaim bahwa hampir 100% produk-produk UMKM dari seluruh wilayah Indonesia sudah tersedia di platform Bukalapak. “Hal ini, juga menjadi salah satu penyebab produk-produk daerah yang khas semakin berkembang dalam 2 sampai 3 tahun terakhir,” ujarnya.

Bukalapak juga telah menjalin kemitraan dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah desa yang didampingi dalam program Desa Peduli Gambut (DPG). Kerja sama ini mencakup pemasaran produk dari desa yang berasal di lima provinsi, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sumatra Selatan, dan Papua.

Baca juga :   Industri e-Commerce Indonesia Melonjak 15,5% Pada 2024

Beberapa produk yang bakal dipasarkan dari kelima provinsi itu mayoritas berupa produk olahan makanan seperti keripik kelapa dan nanas hingga kerajinan tangan. Secara bertahap, nantinya para UMKM di wilayah restorasi gambut tersebut juga bakal diperluas dan dibina untuk pengembangan ragam produk lainnya.

STEVY WIDIA

Tags: Bukalapake-commercetransaksi
Previous Post

Fintech Jadi Solusi Alternatif Bagi Masyarakat Underbanked

Next Post

Sambut Akhir Tahun Shopee Gelar Sale Khusus

Related Posts

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Load More
Next Post
Ini 3 Tahap Proses Kreatif Membuat Lagu Versi Kunto dan Ronald

Sambut Akhir Tahun Shopee Gelar Sale Khusus

Denpasar Modern Broadband City

Hadir dengan Jaringan 100% Fiber Optic, Kota Denpasar Siap Menjadi Smart City Terbaik

Pertumbuhan GMV TaniHub Lampaui 200% Pada 2019

Pertumbuhan GMV TaniHub Lampaui 200% Pada 2019

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version