Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pandemi, Jumlah Perempuan Pegiat UMKM Lebih Tinggi Dibanding Laki-laki

19 September 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia Kategori Fesyen

Pandemi, Jumlah Perempuan Pegiat UMKM Lebih Tinggi Dibanding Laki-laki (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pandemi justru menjadi momentum untuk memulai usaha daring. Data Tokopedia menunjukkan ada penambahan jumlah penjual di platformnya selama pandemi sebesar 3,7 juta dari 7,3 juta (Februari 2020, sebelum pandemi) menjadi lebih dari 11 juta (Juni 2021).

“Riset LPEM FEB UI 2020 di sisi lain mengungkap bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki,” ungkap Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah.

Di kategori Makanan dan Minuman, Prima Hayuningputri dan Anika Miranti adalah contoh perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis di tengah pandemi lewat Tokopedia. Usaha mereka Mad Bagel mengalami peningkatan penjualan hampir 4x lipat berkat mengikuti Tokopedia Nyam.

Baca juga :   Kolaborasi Tokopedia dan Market & Museum Dukung Perempuan Pegiat UMKM Lokal

Dakara Indonesia, VIVIZUBEDI, Ederra Indonesia, NRHxNabilia merupakan contoh lain bisnis yang juga didirikan perempuan-perempuan pegiat UMKM lokal penggerak kategori Fesyen di Tokopedia. Mereka mengaku merasakan dampak dari pemanfaatan platform digital Tokopedia, salah satunya dengan mengikuti kampanye, seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Muslim Fash Forward.

Dakara Indonesia mengalami kenaikan transaksi lebih dari 2x lipat setelah mengikuti kampanye Hari BBI 2021. Sementara omzet VIVIZUBEDI meningkat 3x lipat sejak bergabung di Tokopedia.

Jumlah transaksi Ederra Indonesia bertumbuh 9x lipat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama pada dua tahun lalu. Di sisi lain, penjualan NRHxNabilia meningkat 10x lipat.

Diklaim Falah, Tokopedia juga konsisten membantu banyak perempuan pegiat UMKM lokal lainnya melalui berbagai panggung digital yang sebelumnya merupakan kegiatan offline, seperti Market & Museum at Home, OH! Beauty Festival, Semasa di Tokopedia dan masih banyak lainnya.

Baca juga :   Smartfren, Gandeng Genesis Dogma dan Infinix Gelar Turnamen Esports Free Fire

Berbagai inisiatif tersebut telah mendorong tren belanja kebutuhan sehari-hari termasuk produk fesyen, kecantikan, kesehatan dan perawatan diri secara online terus meningkat selama pandemi. “Kategori Kecantikan dan Fesyen di Tokopedia menjadi beberapa kategori dengan peningkatan paling pesat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya,” kata Falah.

Kaos polos dan celana pendek menjadi produk fesyen paling diburu di Tokopedia. Sementara jilbab, pashmina dan mukena bordir adalah produk fesyen muslim paling populer. Di kategori Kecantikan, serum wajah, krim malam dan toner lokal menjadi produk paling laris.

Tidak hanya mendukung perempuan pegiat UMKM lokal, Tokopedia juga terus memberikan ruang kepada para talenta digital perempuan untuk berkarya bagi Indonesia. Misalnya melalui kegiatan START Summit Extension: Women in Tech, di bawah naungan Tokopedia Academy, yang secara rutin mewadahi para talenta digital perempuan untuk mengembangkan diri sekaligus menginspirasi lebih banyak perempuan untuk berkarir di bidang teknologi.

 

Baca juga :   Indodax Optimistis Jadi Unicorn Baru

FAHRUL ANWAR

Tags: perempuan pegiat UMKM lokalusaha daring
Previous Post

Plasticpay Perluas Area Jangkauan Unit Plasticpay Dropbox

Next Post

Ini 5 Alasan Face Concealer Wajib Ada di Tas Makeup Kamu

Related Posts

Market & Museum
News

Kolaborasi Tokopedia dan Market & Museum Dukung Perempuan Pegiat UMKM Lokal

22 April 2021
0
Load More
Next Post
Face Concealer

Ini 5 Alasan Face Concealer Wajib Ada di Tas Makeup Kamu

#EUBeachCleanup

#EUBeachCleanup Dorong Aktivitas Perlindungan Laut di Indonesia

Martabak Sakura

Martabak Jadi Produk Kuliner Terlaris 2021, Ada Yang dipesan 7 Juta Kali di Platform Online

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version