Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pasar Berdaya Digital, Dorong Pedagang di Pasar Go Digital

18 September 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Pasar Berdaya Digital

Pasar Berdaya Digital, Dorong Pedagang di Pasar Go Digital (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Untuk meningkatkan akses edukasi, membuka peluang ekonomi, dan membantu tumbuh kembang pedagang di pasar di era digital, Pemerintah Kota Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Tokopedia dan ShopTokopedia guna mendigitalisasi pedagang di Pasar Beringharjo. Inisiatif ini juga sejalan dengan target Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) untuk mendigitalisasi 1.000 pasar rakyat di Indonesia pada tahun 2022-2024.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, lewat platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, pedagang dan UKM Kota Yogyakarta bisa mengakses lebih banyak pembeli dan memasarkan produknya ke seluruh wilayah di Indonesia.

“Kami, Pemerintah Kota Yogyakarta, sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dan ShopTokopedia dalam mengedukasi pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta, untuk memaksimalkan pemanfaatan platform e-commerce dalam berbisnis. Dengan ini, pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta, bisa makin berdaya di era digital, mendapatkan lebih banyak pembeli dan pendapatan. Inisiatif Pasar Berdaya Digital dari Tokopedia dan ShopTokopedia juga sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Yogyakarta, khususnya dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pedagang pasar rakyat dan UKM di Kota Yogyakarta,” ujar Veronica, Rabu (18/9/2024).

Baca juga :   Ingin Meningkatkan Kunjungan dan Konversi Penjualan Online? Simak Tips Berikut Ini

Melalui inisiatif Pasar Berdaya Digital, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap, pelaku usaha di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, bisa memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, serta makin berkontribusi terhadap perekonomian digital. Tokopedia dan ShopTokopedia berkomitmen memperluas inisiatif ini ke lebih banyak wilayah di Indonesia.

Pasar Berdaya Digital menargetkan bisa mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia khususnya pedagang di pasar agar bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, seperti memperbesar basis konsumen, menaikkan pendapatan, menyederhanakan pemantauan bisnis, serta mengurangi biaya pemasaran, logistik, dan pengiriman.

Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Ernita Susamto menjelaskan, Pasar Berdaya Digital merupakan program pemberdayaan yang holistik dari Tokopedia, ShopTokopedia, dan Pemerintah Kota Yogyakarta, yang mencakup (1) onboarding ratusan pedagang di Pasar Beringharjo ke platform Tokopedia dan ShopTokopedia, (2) pelatihan pengembangan bisnis online termasuk cara live streaming di TikTok untuk meningkatkan live shopping di ShopTokopedia, serta (3) memastikan marketplace yang mendorong persaingan yang adil melalui kolaborasi dengan mitra strategis seperti pemerintah dan otoritas pasar.

Baca juga :   Sensus Ekonomi Diharap Pecahkan Persoalan Pelaku Usaha Kecil

“Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam inisiatif ini,” ucap Vonny.

Sejak tahun 2021, Tokopedia bersama Kemendag RI menggencarkan program Digitalisasi Pasar Tradisional. Melihat kilas balik Digitalisasi Pasar Tradisional, program ini bertujuan memberdayakan pelaku usaha tradisional di Indonesia termasuk di Yogyakarta agar dapat berkontribusi terhadap perekonomian digital. Program ini dimulai saat pandemi di mana mobilisasi masyarakat dibatasi sehingga membuat pendapatan pedagang di pasar tradisional, khususnya yang menjual sayur, buah, dan sembako, menurun drastis.

Lewat program tersebut, Tokopedia telah memberdayakan lebih dari 6.000 pedagang di 12 pasar tradisional di berbagai wilayah Indonesia, antara lain Pasar Baru Cicalengka, Pasar Cihapit di Bandung, Pasar Cikurubuk Tasikmalaya, Pasar Anyar Tangerang, Pasar Rakyat Oro-oro Dowo Malang, Pasar Beringharjo dan Pasar Gentan Yogyakarta, Sewakamart Pasar Badung Bali, Pasar Bersehati Manado, Pasar Beriman Tomohon, serta Baruga Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Baruga Pasar Kampung Baru Makassar.

Berkat Digitalisasi Pasar Tradisional, pedagang mengalami peningkatan penjualan. Contohnya, pedagang di Pasar Cikurubuk mengalami peningkatan penjualan rata-rata lebih dari 505% dibandingkan sebelum bergabung dengan Tokopedia. (Data: Tokopedia, periode 2021 dibandingkan 2020)

Baca juga :   Sambut Ramadan, Tokopedia Gelar Kolaborasi Kreator Fashion Lokal

Selain melatih pedagang di pasar tradisional untuk memulai dan membangun bisnis online, Tokopedia juga membantu pemasaran produk para pedagang secara online lewat berbagai inisiatif. Salah satunya dengan menggandeng Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, untuk melakukan live streaming di Pasar Baru Cicalengka pada bulan Juli 2022 untuk meningkatkan penjualan online para pedagang pasar tradisional. Sejumlah produk yang dipromosikan melalui live streaming tersebut bahkan habis dalam waktu beberapa menit.

“Melihat dampak positif dari program Digitalisasi Pasar Tradisional, Tokopedia kini bersama ShopTokopedia memperkenalkan inisiatif Pasar Berdaya Digital. Ini sekaligus menjadi kelanjutan dari program Digitalisasi Pasar Tradisional. Pasar Berdaya Digital dimulai sejak bulan Agustus 2024 di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Berbeda dengan program sebelumnya, yaitu Digitalisasi Pasar Tradisional yang lebih fokus memberdayakan pedagang buah, sayur, dan sembako, inisiatif Pasar Berdaya Digital lebih fokus memberdayakan pedagang dari kategori produk fashion termasuk batik,” tutup Vonny.

 

STEVY WIDIA

Tags: Pasar Berdaya Digitalpedagang pasar go digitalShop | TokopediaTokopedia
Previous Post

Strategi Generasi Muda Hadapi Tekanan Ekonomi, Seiring Menurunnya Jumlah Kelas Menengah

Next Post

Paper.id Hadirkan Solusi Cicilan Usaha untuk Penagihan dan Pembayaran Digital bagi UKM

Related Posts

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
Load More
Next Post
paper.id

Paper.id Hadirkan Solusi Cicilan Usaha untuk Penagihan dan Pembayaran Digital bagi UKM

AMD Hadirkan Prosesor Terbaru Berbasis AI Untuk Tingkatkan Performa dan Produktivitas Kreator

AMD Hadirkan Prosesor Terbaru Berbasis AI Untuk Tingkatkan Performa dan Produktivitas Kreator

PestaPora IM3 2024 Akan Kolaborasikan Musisi Lokal Dan Internasional

PestaPora IM3 2024 Akan Kolaborasikan Musisi Lokal Dan Internasional

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version