Minggu, 28 Mei 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Tren Belanja Online Selama Ramadhan dan Lebaran 2023

10 Mei 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia Tren Ramadan 2023

Pemilik Usaha Universa Sajadah Renato Akbar, Founder Bruule Sarila Danubrata dan Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Momen Ramadhan hingga Lebaran 2023 dimanfaatkan para pelaku usaha khususnya UMKM lokal untuk mendongkrak penjualan. Peluang bisnis online melalui marketplace menjadi pilihan dalam memperluas pasar. Barang apa saja yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia di momen ini ?

Tokopedia sebagai marketplace yang gencar dengan program Hyperlocal mengungkapkan perlengkapan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023.

“Temuan ini sejalan dengan kondisi dimana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya Head of Corporate Affairs Tokopedia, dalam jumpa pers, Selasa (9/5/2023) di Jakarta.

Dia memaparkan, produk beras, mie instan dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris di Tokopedia NOW! sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023. Pasalnya, lewat layanan ini mempermudah masyarakat–untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur maupun buka puasa–dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dan bebas ongkir.

Baca juga :   OPPO Enco X, Inovasi 15 Tahun Pengembangan Teknologi Audio OPPO

Sedang pada kategori Fesyen, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kaos, sepatu serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadhan hingga Lebaran tahun ini.

“Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” papar Ekhel.

Menariknya, jarak terjauh untuk pengiriman parsel melalui Tokopedia pada periode Ramadan-Lebaran 2023 ini adalah dari Jakarta ke Jayapura (lebih dari 3.500 km). Menurut Ekhel, keberhasilan atau kelancaran pengiriman tersebut dan seluruh pengiriman lainnya, pada peak season seperti Ramadan dan Lebaran, terjadi berkat kolaborasi Tokopedia bersama lebih dari 14 mitra logistik terhubung, maka kami sangat mengapresiasi hal ini.

Baca juga :   Berdayakan UMKM Jadi Kunci Capaian Positif Tokopedia di 2021

Selain itu, Tokopedia inisiatif Hyperlocal. Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Inisiatif ini terdiri dari berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan layanan pemenuhan Dilayani Tokopedia.

Selain inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim untuk perempuan maupun laki-laki.

“Ramadhan menjadi momen yang membawa berkah bagi kami sehingga bisa menggandeng lebih banyak tenaga kerja lepas untuk mengatasi lonjakan pesanan. Kami bisa meraup omzet ratusan juta setiap Ramadhan lewat Tokopedia. Selain itu, berkat kampanye Tokopedia Ramadan in Style tahun ini, penjualan kami naik lebih dari 5x lipat dibandingkan bulan biasanya,” ungkap Renato Akbar pemilik produk Universa Sajadah.

Baca juga :   Film “Penyalin Cahaya” Jadi Film Terbaik FFI 2021 dan Raih 12 Piala Citra

Hal senada juga disampaikan Sarila Danubrata founder usaha F&B Bruule. “Berkat banyak kampanye yang kami ikuti di Tokopedia, berbagai cabang toko online Bruule di Tokopedia–yang tersebar di Jakarta dan Bandung–mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 4 kali lipat selama bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan biasanya,” kata Sarila.

 

STEVY WIDIA

Tags: HyperlocalTokopediatren belanja online
Previous Post

Timnas Esports Indonesia Raih Medali Pertama SEA Games 2023 di Nomor Crossfire

Next Post

Founder Startup Durian Garden Banyuwangi Jadi Young Ambassador Agricultulture 2023

Related Posts

Investree-adrian
News

Investree Salurkan Pembiayaan Rp1,2 Triliun untuk UMKM Pemenang Tender Pemerintah

27 Mei 2023
0
Lion Parcel
News

Fokus Dukung UMKM, Lion Parcel Catatkan Peningkatan Lebih dari 50% Volume Pengiriman di Medan

27 Mei 2023
0
Staffinc
News

Staffinc Dukung Pertumbuhan Industri MICE dan Event di Indonesia Dengan SDM Siap Kerja

27 Mei 2023
0
Load More
Next Post
Startup pertanian Durian Garden

Founder Startup Durian Garden Banyuwangi Jadi Young Ambassador Agricultulture 2023

Telkomsel Jaga Bumi

Sambut Pelaksanaan KTT ASEAN 2023, Telkomsel Jaga Bumi dan PlusTik Ajak Komunitas Lokal Bersihkan Pantai di Labuan Bajo

Tech Talent

Meski Pasar Kerja Menurun, Tech Talent Indonesia Tetap Percaya Diri

Discussion about this post

Berita Terbaru

Investree-adrian

Investree Salurkan Pembiayaan Rp1,2 Triliun untuk UMKM Pemenang Tender Pemerintah

27 Mei 2023
0
Lion Parcel

Fokus Dukung UMKM, Lion Parcel Catatkan Peningkatan Lebih dari 50% Volume Pengiriman di Medan

27 Mei 2023
0
Evermos Founders

Raih US$39 Juta, Platform Sosial Commerce Evermos Siapkan Perluasan Jaringan Perdagangan

27 Mei 2023
0
Staffinc

Staffinc Dukung Pertumbuhan Industri MICE dan Event di Indonesia Dengan SDM Siap Kerja

27 Mei 2023
0
Crimson Education

Ini Alasan Perusahaan Kirim Staf Belajar Ke Universitas di Luar Negeri

27 Mei 2023
0
Silvano & Sally

CEO Dapur Cokelat dan Founder Muscle First Masuk “Forbes 30 Under 30 Asia 2023”

27 Mei 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version