Jumat, 14 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pengunjung E-Commerce Melonjak Saat Ramadan

2 Mei 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
e-commerce

Pengguna e-commerce, Tokopedia. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pengunjung e-commece pada Januari dan Februari 2023 menunjukan tren penurunan. Kini berkat bulan ramadan dan lebaran, jumlah pengunjung terdongkrak kembali. Berdasarkan data dari SimilarWeb, lima e-commerce terbesar di Indonesia menunjukkan peningkatan pengunjung selama Maret 2023.

E-commerce milik Alibaba, Lazada menunjukan peningkatan 13% month to month (mom) dari sebelumnya 74,2 juta menjadi 84,3 juta pengunjung. Sedang posisi kedua ditempati Shopee yang mencapai 10% dibandingkan bulan sebelumnya dari 143,6 juta menjadi 159 juta kunjungan.

Dalam laporan SimilarWeb Senin (1/5/2023) disebut kenaikan pengunjung juga dialami e-commerce Indonesia. Tokopedia menunjukan peningkatan pengunjung e-commerce sebesar 6% (mom) dari 108,1 juta ke 114,9 juta pengunjung. Sedangkan Blibli.com, menunjukan peningkatan 5% mom menjadi 24,5 juta pengunjung dari sebelumnya 23,2 juta. Terakhir Bukalapak, menunjukan tren yang sama dengan bulan Februari yaitu 17,1 juta kunjungan.

Baca juga :   Realme Klaim Raih Sukses di Harbolnas 11.11

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia melihat tingginya animo masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan Ramadan. Data internal Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik selama dua minggu awal Ramadan 2023 (23 Maret-5 April 2023), dibandingkan dengan rata-rata dwimingguan biasa sepanjang kuartal I/2023.

“Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi kategori produk paling laris di Tokopedia,” kata Ekhel dalam keterangannya belum lama ini.

Untuk produk paling laris di Fesyen ada,baju koko pria (meningkat lebih dari 5x lipat), scarf wanita (meningkat hampir 6x lipat) dan busana muslim keluarga (meningkat lebih dari 7x lipat). Di otomotif ada spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil. Produk interior mobil (kasur mobil, tempat tisu dan bantal mobil) mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat.

Sedangkan di Rumah Tangga ada produk perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, aluminium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue). Di perawat diri pun, parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi terlihat meningkat.

“Makanan dan Minuman: hampers atau parsel, buah dan tepung, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat. Buah kurma peningkatan penjualannya tercatat lebih dari 3x lipat,” jelasnya.

Baca juga :   Daniel Mananta : Berbisnis Karena Cinta Indonesia

Sementara itu, Shopee, e-commerce milik Sea Group mengatakan adanya tren belanja terbaru di bulan Ramadan 2023. Shopee mengklaim adanya peningkatan transaksi belanja online lebih dari 16 kali lipat pada waktu sahur dibandingkan dengan waktu yang sama hari biasa.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan di bulan Ramadan selain menyiapkan diri untuk berpuasa dan ibadah dengan maksimal, masyarakat juga semakin antusias dalam berburu berbagai kebutuhan dan produk incarannya. Salah satu yang menjadi menjadi perhatian yaitu perkembangan tren fashion yang muncul selama kampanye Big Ramadan Sale 2023.

Pasar busana muslim pun semakin diminati, kategori Fashion Muslim mengalami peningkatan transaksi yang mencapai lebih dari 9 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa. Kebiasaan masyarakat yang ingin membeli pakaian baru maupun perlengkapan ibadah agar tetap tampil maksimal dan fashionable di setiap aktivitas Ramadan. “Terlihat dari produk favorit pengguna yaitu Gamis Crinkle, Pashmina Ceruty, dan Baju Koko Kurta yang paling banyak dibeli di Shopee,” ungkap Monica.

Baca juga :   Aplikasi tiket.com Sudah Terhubung dengan PeduliLindungi

Sebelumnya Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) optimis transaksi e-commerce akan naik pada Ramadan dan Lebaran 2023.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: blibliBukalapake-commerceLazadapengunjung e-commerceShopeeSimilarwebTokopedia
Previous Post

Teknologi Markerless AR Dorong Interaksi Dengan Konsumen Tanpa Batas

Next Post

Angin Segar Bagi Media Berita, Twitter Terapkan Fitur Berita Berbayar

Related Posts

ekonomi digital
Headline

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
0
Lazada
Headline

Lazada Investasikan Hingga US$25 Juta untuk Festival Belanja 11.11 Tahun Ini

6 November 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
News

Lazada Kerahkan Lima Agen AI Jelang Festival Belanja 11.11

31 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
twitter blue

Angin Segar Bagi Media Berita, Twitter Terapkan Fitur Berita Berbayar

BukaTabungan

Kinerja Keuangan Bukalapak Tumbuh 19% Pada Kuartal Pertama 2023

Persiapan KKT ASEAN ke-42

Jelang KTT ASEAN ke-42 Telkom Pastikan Kesiapan Seluruh Infrastruktur Telekomunikasi di Labuan Bajo

Discussion about this post

Recent Updates

Tren Gen AI Diproyeksi Segera Masuk Ke Segmen Smartphone Dengan Harga Terjangkau

Tren Gen AI Diproyeksi Segera Masuk Ke Segmen Smartphone Dengan Harga Terjangkau

14 November 2025
Menperin Dorong Gerakan Startup Digital Untuk Generasi Muda

Percepat Transformasi Ekonomi Digital Pemerintah Harus Berkolaborasi Dengan Startup

14 November 2025
Hypernet

Perkuat Keamanan Siber, Hypernet dan Fortinet Kolaborasi Lewat SOC as a Service

14 November 2025
AFTECH x PERBANAS

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Sinergi Bank-Fintech Kunci Perluasan Akses Kredit Nasional

14 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Tren Gen AI Diproyeksi Segera Masuk Ke Segmen Smartphone Dengan Harga Terjangkau

Tren Gen AI Diproyeksi Segera Masuk Ke Segmen Smartphone Dengan Harga Terjangkau

14 November 2025
Menperin Dorong Gerakan Startup Digital Untuk Generasi Muda

Percepat Transformasi Ekonomi Digital Pemerintah Harus Berkolaborasi Dengan Startup

14 November 2025
Hypernet

Perkuat Keamanan Siber, Hypernet dan Fortinet Kolaborasi Lewat SOC as a Service

14 November 2025
AFTECH x PERBANAS

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Sinergi Bank-Fintech Kunci Perluasan Akses Kredit Nasional

14 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version