Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pentingnya Social Media Analytics untuk Strategi Pemasaran

20 Juni 2023
in Headline
Reading Time: 4 mins read
Social Media Analytics

Pentingnya Social Media Analytics untuk Strategi Pemasaran (Foto: Forbes)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sejatinya, media sosial merupakan tempat bagi konsumen dan merek atau perusahaan untuk saling terhubung. Media sosial juga memberikan kesan pertama dan terakhir bagi sebuah merek sehingga harus dapat membentuk persepsi yang baik kepada para konsumen.

Oleh karena itu, dibutuhkan social media analytics untuk mengetahui respon dan kebutuhan market terkait dengan masing-masing brand supaya pesan yang disampaikan dapat tersalurkan dengan baik dan menciptakan kesan yang baik bagi para konsumen.

Social Media Analytics atau analisis media sosial adalah metode analisa untuk melihat respon dan opini pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan untuk meningkatkan keputusan bisnis strategi organisasi dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data audiens yang dibagikan di jejaring sosial.

Social media analytics yang efektif adalah yang dapat mengejar dan mengetahui keinginan pasar, mengetahui kompetitif dan konsumennya, serta pemantauan yang konsisten dalam melacak fluktuasi percakapan dari waktu ke waktu.

“Media sosial sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk melihat tren perilaku konsumen yang relevan untuk perusahaan,” kata Arum Tias Astiningsih dari VADS Indonesia, perusahaan penyedia solusi customer experience.

Lalu, apa saja kegunaan social media analytics ini?

  1. Mengukur ROI dari marketer yang menggunakan media sosial

Social media analytics juga dapat mendukung kampanye yang dilakukan oleh marketer dengan menyediakan data untuk mengukur return of investment (ROI) berdasarkan traffic yang diperoleh dari berbagai saluran media sosial.

  1. Meningkatkan pengambilan keputusan strategis
Baca juga :   Astranauts, Kompetisi Inovasi Digital Bagi Mahasiswa dan Startup

Social media analytics juga dapat digunakan para marketer untuk menganalisis kinerja masing-masing platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram untuk menentukan pesan yang akan disampaikan dan juga topik apa yang sesuai dengan target audiens nya. Ini juga dapat memberikan informasi demografis tentang audiens yang memungkinkan dapat meningkatkan upaya marketer dapat menargetkan di sektor tertentu dan secara efektif dapat meningkatkan brand awareness.

  1. Dapat membandingkan kinerja media sosial kita dengan pesaing

Social media analytics bisa membantu perusahaan untuk mengetahui kinerja pesaing sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi yang depat untuk merebut hati konsumen. Perusahaan harus membandingkan diri mereka dengan pesaingnya dan juga rata-rata kinerja industri di bidangnya. Memiliki tolak ukur akan memberikan wawasan dan memungkinkan perusahaan untuk bisa melihat kinerja nya dengan rata-rata industri di bidangnya dan juga pada wilayah target pasarnya.

  1. Memberikan efisiensi kinerja pada tim pemasaran

Dengan menggunakan social media analytics, tim pemasaran dapat menyederhanakan alur kerja mereka sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan tim untuk mendapatkan data dan informasi yang tepat sesuai dengan target pasar. Selain itu, social media analytics dapat memberikan informasi analitik yang baik dengan melaporkan berbagai macam metrik yang dibutuhkan untuk meninjau operasional pemasaran dan melihat data penting serta menemukan tren yang diperlukan untuk membuat strategi oleh tim pemasaran.

Baca juga :   Mobile Premier League Indonesia Gandeng Agate

Dalam mengukur media sosial, ada beberapa metrik yang harus diperhatikan dalam social media analytics, seperti:

  1. Performance Metrics

Dalam performance metrics ini yang dilacak meliputi interaksi lintas platform dan juga dari waktu ke waktu untuk menentukan apakah konten yang diposting benar-benar sudah melibatkan audiens, melihat apakah jumlah followers meningkat dari waktu ke waktu untuk memverifikasi peningkatan yang konsisten di seluruh platform, melihat rasio click through rate pada postingan.

  1. Analisa Audiens

Hal ini sangat penting dalam memahami dan mengetahui taget audiens karena ini merupakan elemen terpenting dalam membuat strategi media sosial. Memahami audiens dapat membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dengan membuat konten yang sesuai dengan target yang diinginkan dan dicari oleh pelanggan. Hal ini juga dapat berpengaruh terhadap banyak sedikitnya iklan dan biaya yang dapat dioptimalkan apabila target audiens bisa dilakukan dengan tepat.

  1. Analisa Kompetitor

Untuk mendapatkan performance metrics yang baik, perusahaan juga harus bisa menganalisis kinerja kompetitor. Dengan menggunakan social media analytics, perusahaan bisa membandingkan kinerja media sosialnya dengan kinerja pesaing untuk mengukur efektivitas dan menentukan apa saja yang harus ditingkatkan.

  1. Analisa Iklan Berbayar
Baca juga :   Limbah Pengolahan Tebu Bisa Diolah Menjadi Biobriket

Apabila perusahaan tidak mengetahui target audiens yang tepat serta pembuatan kontennya juga tidak tepat, maka penggunaan iklan berbayar akan sangat mahal. Social media analytics dapat memberikan analisis mengenai konten mana yang akan bekerja dengan baik. Analisa iklan berbayar ini juga dapat membandingkan dengan pengeluaran competitor sehingga perusahaan bisa memastikan bahwa penggunaan budget iklan sesuai dengan peluang dan target audiens.

  1. AnalisaInfluencer

Saat ini banyak brand melakukan kolaborasi dengan para influencer sebagai bagian dari kampanye pemasaran perusahaan. Dengan menggunakan social media analytics, perusahaan akan mendapatkan wawasan mengenai metrik yang tepat dalam memilih influencer sehingga kampanye pemasaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam mempertimbangkan influencer, perusahaan bisa melihat dari total interaksi dibandingkan dengan followers influencer tersebut, jumlah postingan yang buat secara teratur, dan juga kolaborasi yang influencer tersebut pernah lakukan.

  1. Analisa Sentimen

Mengumpulkan dan menganalisis sentimen pelanggan dapat membantu menghindari dugaan dalam membuat strategi pemasaran dan membuat konten apa saja yang paling sesuai dengan audiens. Analisa ini juga dapat menunjukkan jenis konten apa saja yang akan mendapatkan respons positif pada pelanggan. Jika terdapat sentiment negatif, tim pemasar harus segera mengambil tindakan untuk mengatasi dan memperbaikinya sebelum menjadi lebih buruk. (*AMBS)

 

Tags: media sosialsocial media analyticsstrategi pemasaranVADS Indonesia
Previous Post

Dukung Efektivitas Bisnis, Telepon Pintar MiiTel Terintegrasi dengan HubSpot

Next Post

Bangun Keterlibatan Pelanggan, Vidio Gandeng MoEngage

Related Posts

Influencer marketing
Headline

impact.com: Pebisnis Travel Harus Menata Kembali Fokus Strategi Pemasarannya

9 Mei 2025
0
#IndonesiaGelap Capai 13 Juta Engagement di X, 81% Komentar Bersentimen Negatif
News

#IndonesiaGelap Capai 13 Juta Engagement di X, 81% Komentar Bersentimen Negatif

21 Maret 2025
0
keamanan siber
News

Ketergantungan Pada Platform Media Sosial Tingkatkan Ancaman Deepfake Phishing

29 Juni 2024
0
Load More
Next Post
Vidio x MoEngage

Bangun Keterlibatan Pelanggan, Vidio Gandeng MoEngage

Alibaba Cloud

Dukung Ekonomi Digital Indonesia, Alibaba Cloud Hadirkan Solusi dan Inisiatif untuk Startup

I'm Capable

Dukung Penyandang Disabilitas Terus Berkarya, BCA Gelar Program “I’m Capable”

Discussion about this post

Recent Updates

JQRBT

JQRBT Crypto Tergiur Masuki Pasar Kripto Indonesia yang Bernilai Rp650 Triliun

1 Oktober 2025
Astra Property

Perkuat Portofolio di Sektor Infrastruktur Industri & Logistik, Astra Property Akuisisi Mega Manunggal Property

1 Oktober 2025
Nafas Indonesia

Nafas Indonesia: Bahaya Asap Rokok di Dalam Ruangan

1 Oktober 2025
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
JQRBT

JQRBT Crypto Tergiur Masuki Pasar Kripto Indonesia yang Bernilai Rp650 Triliun

1 Oktober 2025
Astra Property

Perkuat Portofolio di Sektor Infrastruktur Industri & Logistik, Astra Property Akuisisi Mega Manunggal Property

1 Oktober 2025
Nafas Indonesia

Nafas Indonesia: Bahaya Asap Rokok di Dalam Ruangan

1 Oktober 2025
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version