Permudah Akses Pengajuan dan Penyaluran KPR Secara Digital, BTN Gandeng Pinhome

Pinhome x BTN

Pinhome ditunjuk BTN untuk menyalurkan KPR secara digital (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Platform transaksi jual, beli, dan sewa properti berbasis teknologi Pinhome ditunjuk sebagai mitra prioritas dari Bank Tabungan Negara (BTN) dalam hal jasa penyaluran Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

Ini merupakan kemitraan strategis dalam hal teknologi informasi terkait properti, jasa layanan operasional, pemasaran, serta layanan digital mortgage lainnya untuk setiap stakeholder properti dan perumahan. Dalam kemitraan ini, Pinhome mendukung BTN dalam mempersiapkan digital mortgage ecosystem dan meningkatkan penyaluran, layanan operasional, memperluas akses pengajuan KPR online, pemasaran, serta menambah kanal penjualan properti bagi mitra developer.

“BTN sebagai bank penyalur KPR terbesar di Indonesia tentu membutuhkan mitra strategis dalam pembangunan sistem dan platform teknologi yang mendukung penyaluran KPR serta pembiayaan rumah, dalam hal ini Pinhome. Pinhome akan menyediakan solusi secara menyeluruh atau end-to-end mulai dari pembuatan aplikasi untuk listing properti primer dan sekunder, jasa manajemen pemasaran melalui kanal digital, hingga bantuan operasional untuk melayani konsumen dan developer seperti contact center dan tele-collection. Semua hal ini kami harapkan dapat menghadirkan pengalaman bertransaksi properti terbaik bagi konsumen BTN, melalui Pinhome,” kata Dayu Dara Permata, CEO-Founder Pinhome di Jakarta, Jumat (17/12/2021).

Sektor properti merupakan salah satu fokus pemerintahan dalam pilar ekonomi digital yang diproyeksikan berkembang 40% dari nilai ekonomi digital ASEAN. Dengan cepatnya disrupsi teknologi saat ini, Pinhome dan BTN menyadari bahwa teknologi dan digitalisasi adalah masa depan industri properti. Faktanya, rumitnya mengatur dokumen yang dibutuhkan untuk proses pembelian properti merupakan salah satu tantangan bagi calon pembeli.

Selain itu, data menunjukkan sekitar 75,08% konsumen memilih menggunakan KPR sebagai pembiayaan pembelian properti, yang memerlukan proses pengajuan dan dokumen yang cukup panjang. Oleh karena itu Pinhome mendukung BTN untuk memperluas dan mempermudah akses pengajuan KPR secara online untuk menjawab tantangan ini.

Menurut Dayu, melalui kemitraan ini Pinhome dan BTN berintegrasi dalam hal sistem informasi serta jasa layanan operasional guna optimalisasi jangkauan ecosystem mortgage atau properti perumahan. Pinhome dan BTN juga berkolaborasi dalam sistem database dan layanan pengelolaan kebutuhan perumahan bagi setiap stakeholder properti dan perumahan. Selain itu, kerja sama ini juga mencakup sinergi layanan pemasaran bagi stakeholder mortgage properti perumahan dan kerja sama lainnya yang memperkuat ekosistem layanan properti.

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi hal penyaluran KPR atau pembiayaan perumahan dan pembangunan sistem dan platform teknologi pendukungnya, seperti pembangunan aplikasi dan sistem teknologi KPR untuk berbagai stakeholder, seperti calon debitur, pengembang atau developer, dan agen atau kantor properti.

Kerja sama ini juga meliputi jasa manajemen pemasaran dan operasional untuk calon debitur, jasa manajemen operasional untuk pengembang atau developer, jasa manajemen operasional agen/kantor properti, jasa manajemen hubungan (CRM) dengan agen/kantor properti, dan jasa sentralisasi invoicing/pembayaran satu pintu melalui Pinhome untuk para agen/kantor properti.

Sebagai mitra bank dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) lainnya seperti multifinance dan fintech, Pinhome membantu proses konsultasi KPR/KPA dalam menemukan program pembiayaan properti yang paling sesuai dengan profil dan kebutuhan konsumen. Dengan mengajukan KPR melalui Pinhome, konsumen bisa menikmati berbagai kelebihan, seperti lebih praktis karena hanya menggunakan satu platform, memiliki konsultan terpercaya untuk membantu proses pengajuan KPR, dan transparan karena konsumen dapat melakukan tracking atau pelacakan terhadap pengajuan KPRnya dengan mudah.

“Pinhome Indonesia telah meluncurkan aplikasi untuk menjawab kebutuhan konsumen akan transaksi properti yang mudah, cepat, dan transparan. Aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk mencari, membeli, menjual, menyewa, dan melakukan transaksi berbagai jenis properti,” pungkas Dayu.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version