Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pertumbuhan Halodoc Dibarengi Kepuasan Pelanggan Yang Terus Meningkat

17 April 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Lahir sebagai platform dalam bidang kesehatan, Halodoc telah menempatkan diri sebagai wirausaha berbasis social entreprenur terdepan. Bagaimana sebenarnya perkembangan startup kesehatan tersebut dan bagaimana peluang mereka di tahun 2018 tahun ini?

“Kalau kami sebenarnya atau Halodoc ini bukan pure businessman atau pure entrepreneur. Pertama bisnis kami mengarah ke socialpreneur karena it’s not business or revenue dan ada beberapa pasien yang kami tolong,” kata Jonathan Sudharta, CEO Halodoc saat ditemui youngster.id Senin (16/4/2018) di kantornya, Jakarta.

Jonathan mengatakan, masuk di era digital pertumbuhan start-up ini terus meningkat baik secara transaksi maupun pengunduh. “Jadi melihat jumlah di 2018 pertumbuhan angka pasien yang kami tolong cukup banyak. Tapi yang paling penting bagi kami bukan berapa banyak jumlah pasien, tetapi juga bagaimana tentang kepuasaan pasien. Dan tanggapan di pasien kami yang mudah dibaca ada di Google Playstore mereka kasih tanggapan yang positif. Jadi masuk dikuartal pertama tahun 2018 ini pertumbuhannya sangat baik,” sambung Jonathan.

Baca juga :   PLN Mobile, Layanan Pengaduan Kelistrikan Real Time

Menurut dia, tim Halodoc terus melakukan pendekatan sosial bagi masyarakat awam lainnya yang membutuhkan layanan kesehatan melalui platform ini.

“Karena kalau melihat jumlah dokter yang ada di Indonesia, jumlahnya hanya 3/10.000 pasien. Dari angka ini kami lihat sangat kecil jika dibanding average dunia yang mencapai 13,9. Atau di Singapura saja yang hanya 28 dokter. Itu baru dari sisi dokter. Belum lagi dari sisi obat, layanan obat di Indonesia tak jauh dari sisi tunggu. Jadi kalau mengacu pada pertanyaan bagaimana Halodoc bisa mendekatkan diri terhadap layanan bawah, kendalanya adalah susahnya akses kepada spesialis. Khususnya di daerah, karena di Indonesia ini kalau kami lihat, seperti dokter jantung cuma ada 600. Berarti 90%-nya ada di Jakarta. Tetapi kalau ngomong di Klaten, Tegal, setahu saya cuma ada satu dokter jantung di Tegal,” kata Jonathan.

Baca juga :   Halodoc Berkolaborasi Dengan TikTok Lawan Hoaks Kesehatan

Selain itu, mereka juga memberikan layanan dari beberapa dokter spesialis kepada masyarakat di daerah secara gratis. “Tidak ada halangan lagi kami, biarpun mereka tidak memiliki ekonomi yang cukup untuk mendapatkan layanan kesehatan. Tentu selama mereka punya hubungan dengan wifi dan internet akses dapat berkonsultasi dengan kami. Itu salah satu hal yang dapat kami bantu di khakayak yang sangat membutuhkan,” jelasnya.

Saat ini Halodoc memberikan tiga pelayanan. Pertama konsultasi dokter melalui chat, telpon, maupun telpon video. Diklaim Jonathan, saat ini Halodoc sudah memiliki lebih dari 20.000 mitra dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis. Tak cukup sampai di situ, dalam perjalanannya Halodoc juga melakukan subsidi konsultasi dokter umum dan spesialis. Dengan begitu, pengguna tidak dibebani biaya untuk konsultasi dokter umum, sedangkan konsultasi dokter spesialis dikenai biaya Rp 25.000 per sesi.

Meskipun demikian, tidak ada batas waktu konsultasi. Biasanya konsultasi di Halodoc selesai dalam kurun waktu 5-10 menit. Adapun layanan konsultasi ini, mengambil margin sangat kecil pada setiap konsultasi dokter.

Baca juga :   Bisnis dan Mental UMKM Perlu Dapat Dukungan

Kedua, layanan antar obat dengan menggandeng hampir 1.100 apotek yang tersebar di 30 kota yang sudah ada Go-Jek. Sebab Go-Jek merupakan mitra pengiriman obat Halodoc.

Ketiga, untuk layanan laboratorium, Halodoc menggandeng Prodia untuk memberikan fasilitas laboratorium kepada konsumen. Layanan ini memungkinkan petugas laboratorium datang ke rumah konsumen. Menariknya di tahun 2018 ini Halodoc telah merangkul semua sistem kesehatan, baik asuransi, rumah sakit, dan mobil ambulan.

Jonathan menegaskan, pertumbuhan Halodoc dibarengi oleh tanggapan positif yang mereka peroleh. “Kami happy melihat komentar-komentar yang jujur dari orang yang di tolong. Karena kami sekarang melayani bukan hanya cepat dan nyaman tapi juga hemat. Dan layanan obat ini juga hemat dari sisi waktu dan hemat dari segi biaya, yang bedanya bisa 50%,” ungkapnya.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: HalodocJonathan Sudharta CEO HalodocStartup Kesehatan
Previous Post

Anak Muda Diajak Bikin Dampak Sosial Positif untuk Indonesia

Next Post

TelkomGroup Dukung Transformasi Perbankan Berbasis Digital

Related Posts

Halodoc
News

Halodoc Rilis Health & Wellness Insights 2025

19 Maret 2025
0
69% Anak Muda Indonesia Memanfaatkan Layanan Telehealth
News

69% Anak Muda Indonesia Memanfaatkan Layanan Telehealth

24 Januari 2025
0
Halodoc
News

Halodoc Hadirkan Kampanye #PejuangMental

10 Oktober 2024
0
Load More
Next Post
TelkomGroup Dukung Transformasi Perbankan Berbasis Digital

TelkomGroup Dukung Transformasi Perbankan Berbasis Digital

E-Sports Akan Dipertandingkan di Asian Games 2018

SAP Siap Dorong Inovasi e-Sports Internasional

Kioson Resmi Akuisisi Agregator E-Voucher Narindo

Kioson Catatkan Laba Penjualan di tahun 2017

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version