Kamis, 13 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Pertumbuhan Penjual Produk UMKM Terjadi di Kota-Kota Penyangga

19 Oktober 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Lazada Seller Conference 2022

Jumpa pers Lazada Seller Conference: Level Up 2022. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - E-Commerce telah menjadi katalis dalam mempercepat pertumbuha ekonomi digital. Data Kementerian Koperasi dan UKM RI per Juni 2022, sebanyak 19,5 juta UMKM telah bergabung dalam platform e-Commerce. Menariknya, data Lazada menunjukkan pertumbuhan terjadi di kota-kota penyangga.

SVP Seller Operations Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengatakan, peningkatan jumlah UMKM yang bergabung ke platform e-commerce terus terjadi. Saat ini, ada 1 juta penjual di Lazada Group di Asia Tenggara, dan hampir 50% diantaranya dari Indonesia.

“Pertumbuhan seller di Lazada terus terjadi, bahkan hingga September 2022 tumbuh 30% year on year. Tetapi kami juga ingin tak hanya mendapat jumlah seller yang tinggi, tetapi juga ingin mereka dapat berkembang dan naik kelas sehingga mendapat pendapatan yang lebih baik. Komitmen kami untuk membuka akses kepada UMKM di manapun di Indonesia,” kata Haikal dalam jumpa pers Lazada Seller Conference: Level Up 2022, Rabu (19/10/2022) di The Kasablanka, Jakarta.

Baca juga :   Debut Online Jack Wills Tampil di Zalora

Haikal mengungkapkan, pertumbuhan penjualan tidak lagi bersumber di ibukota dan ibukota provinsi, melainkan dari kota dan kabupaten penyangga. Seperti kota dan kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Barat mencatat pertumbuhan dua kali lebih cepat dibandingkan pertumbuhan nasional. Sedangkan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat mencatat pertumbuhan jumlah penjual tiga kali lipat dibanding Kota Bandung.

“Menjadi pebisnis online saat ini sangatlah mudah. Dalam waktu singkat, orang dapat dengan mudah membuka toko online dan berjualan di marketplace. Namun, menjadi penjual yang dapat terus berkembang, konsisten dan sukses ternyata itu tidak mudah. Untuk itu Lazada Seller Conference menjadi program edukasi bagi para penjual di platform Lazada naik ke level yang lebih serius,” ucap Haikal.

Baca juga :   Kemendag Gandeng Facebook Untuk Akselerasi Kemampuan Digital UMKM

Acara ini sekaligus mempersiapkan para penjualan dalam menghadapi festival belanja online akhir tahun. Tampl sebagi pembicara diantaranya Retail Services Director GfK Market Intelligence Elvinda Liung yang memaparkan Tren Terbaru Belanja Online.

“Konsumen digital baru di Asia Tenggara bertambah sekitar 70 juta sejak Pandemi, dan sebagian besar adalah dari Indonesia,” kata Elvinda.

Menariknya, aktivitas belanja masyarakat Indonesia cenderung berbeda. Hal ini terlihat 61% dari masyarakat menunggu adanya promosi atau sale sebelum melakukan pembelian. “Mereka bahkan merencanakan pembelanjaan 4-5 minggu sebelumnya dan secara aktif menjadi promo-hunter yang mencari promo atau diskon,” katanya.

Di sisi lain, dia juga menemukan konsep livestreaming shopping yang menawarkan produk secara langsung di platform e-commerce mnejadi cara baru yang menarik perhatian calon konsumen di Indonesia. Oleh karena itu, para seller perlu melihat perilaku ini sehingga dapat menentukan strategi bisnis, segmen yang tepat dan sesuai dengan tren yang ada di pasar saat ini,” kata Elvinda.

Baca juga :   Saat Ulang Tahun, Lazada Raih 7 Juta Pengunjung Dalam Sehari

Lazada Seller Conference 2022 dihadiri lebih dari 1.000 seller Lazada dari berbagai kota di Indonesia. Selain itu Lazada Seller Conference ini disaksikan secara online melalui Seller Center Lazada. Acara ini dibuka secara virtual oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Chief Commerceial Officer Lazada Indonesia James Chang serta Executive Director Lazada Indonesia Ferry Kusnowo.

 

STEVY WIDIA

Tags: Lazada IndonesiaLazada Seller Conference 2022Lazada Seller Conference: Level Up 2022UMKM
Previous Post

Telkom Unjuk Keunggulan Ekosistem Digital di SOE International Conference 2022

Next Post

Startup Fintech Vietnam Fundiin Berencana Ekspansi ke Indonesia

Related Posts

Lazada
Headline

Lazada Investasikan Hingga US$25 Juta untuk Festival Belanja 11.11 Tahun Ini

6 November 2025
0
Jenama Kecantikan Lokal Ini Akselerasi Pertumbuhan Bersama LazMall
Headline

Jenama Kecantikan Lokal Ini Akselerasi Pertumbuhan Bersama LazMall

18 Oktober 2025
0
TikTok Food Fest 2025 Pertemukan Kreator, UMKM, dan Komunitas Pecinta Kuliner
Headline

TikTok Food Fest 2025 Pertemukan Kreator, UMKM, dan Komunitas Pecinta Kuliner

8 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Fundiin

Startup Fintech Vietnam Fundiin Berencana Ekspansi ke Indonesia

Sepeda Listrik Electrum

Motor Listrik Electrum Jadi Kendaraan Resmi KTT G20 di Bali

Grab EV

Grab Sosialisasikan Tarif Baru Mitra Pengemudi di 56 Kota Termasuk Aceh dan Papua

Discussion about this post

Recent Updates

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

12 November 2025
Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

12 November 2025
Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

12 November 2025
Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

12 November 2025
Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version