youngster.id - Menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI) dan SEMASA, brand kosmetik Citra dari Unilever melalui program “Tangan-tangan Cantik Citra” menganugerahi “Piala Citrapreneur” kepada 20 UMKM Perempuan berbasis ekonomi kreatif.
Dari 60,5% kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional, hampir 65% pelaku UMKM dimotori tangan-tangan cantik perempuan Indonesia. Kontribusi mereka bahkan diproyeksi akan mencapai USD 135 miliar pada 2025. Namun di balik itu, masih ada banyak tantangan yang mereka hadapi, salah satunya adalah keterbatasan modal yang dialami oleh 40% UMKM perempuan. Demi mendorong sepak terjang mereka, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.
Untuk itu, Citra menjadikan program “Tangan-Tangan Cantik Citra” sebagai bentuk dukungan bagi para UMKM perempuan di bidang kreatif agar mereka mampu mengatasi berbagai tantangan sehingga menjadi semakin berdaya dan mandiri.
Inisiatif Citra disambut dan diapresiasi oleh Kemenparekraf RI karena sejalan dengan misi Pemerintah untuk membuka peluang yang makin inklusif pada industri ekonomi kreatif.
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengatakan, kementeriannya terus mendorong 3G: Gercep (Gerak Cepat) karena pihaknya tidak bisa lagi hanya berjalan untuk mengejar Indonesia Emas 2045, tapi harus merangkul kolaborator termasuk dunia usaha.
“Saya mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara ‘SEMASA Piknik’ dan Citra sebagai kolabulator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Menteri Sandiaga, Jum’at (31/5/2024).
Ajang “Piala Citrapreneur” telah dimulai sejak Maret 2024 dan diikuti lebih dari 400 peserta. Setelah proses penjurian, 20 UMKM perempuan terpilih memiliki kesempatan untuk bertumbuh melalui peningkatan kompetensi serta dana dan media usaha senilai total lebih dari Rp650 juta.
Putri Paramita, Beauty & Wellbeing Marketing Lead Unilever Indonesia mengatakan, sebagai brand yang lebih dari 35 tahun lalu terlahir di Indonesia, Citra memiliki purpose sangat jelas yaitu ‘women support women’ dengan senantiasa mendukung perempuan Indonesia tampil percaya diri dengan merawat kulit mereka agar dapat terus ber-progess lewat karya-karya yang terlahir dari kulit yang cantik dan terawat.
“Citra konsisten melakukan berbagai inisiatif untuk mendampingi perempuan menjadi lebih berdaya. Melanjutkan purpose-nya, melalui program ‘Tangan-Tangan Cantik Citra’ kali ini kami berupaya memberi dampak nyata pada kemajuan UMKM perempuan dengan menggandeng Kemenparekraf RI dan SEMASA dalam menghadirkan ‘Piala Citrapreneur’; penghargaan yang mendorong sebanyak mungkin UMKM perempuan di bidang kreatif memaksimalkan potensi diri dan bisnis mereka,” papar Putri.
Puncak penghargaan “Piala Citrapreneur” diadakan di “Citra SEMASA Piknik 2024”, dimana 20 pemenang berkesempatan memamerkan dan memasarkan produk andalan mereka. Yang tidak kalah istimewa, sejalan dengan value Citra sebagai produk yang natural dan ramah lingkungan, terdapat kategori spesifik yaitu “Ecopreneur”; apresiasi kepada pelaku UMKM perempuan yang mengedepankan bahan natural, atau menjalankan bisnisnya dengan prinsip sustainability.
Gunawan Lo, Co-Founder SEMASA menuturkan, dari tahun ke tahun, jumlah tenant lokal milik perempuan yang berpartisipasi di kegiatan SEMASA semakin meningkat. Maka, penting untuk mendukung mereka agar dapat terus berkarya, lebih mandiri dan berdaya.
“Kami mengapresiasi Citra yang memiliki semangat yang sama untuk berkontribusi memajukan UMKM perempuan melalui penghargaan ‘Piala Citrapreneur’ yang hari ini hadir di ‘Citra SEMASA Piknik 2024’. Semoga kolaborasi ini terus terjalin dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan UMKM Perempuan,” kata Gunawan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post