WeLearn, Platform Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Indonesia

Peluncuran WeLearn. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - UN Women dan Sunlight dari Unilever meluncurkan WeLearn, platform belajar online untuk meningkatkan ketrampilan bisnis dan pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Jamshed Kazi, UN Women Indonesia Representative mengatakan, terlepas dari kemajuan pemberdayaan ekonomi perempuan, perempuan wirausaha masih menghadapi tantangan dalam mengakses pengembangan keterampilan, menemui hambatan dalam mendapatkan modal untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka, serta dalam mengakses jaringan bisnis. Hal ini sebagian besar terjadi karena norma dan budaya yang bersifat diskriminatif terhadap perempuan.

Untuk itu UN Women bekerjasama dengan Sunlight dari Unilever ingin meningkatkan akses dan kesempatan perempuan untuk berwirausaha dengan meluncurkan WeLearn. “Melalui WeLearn, kami akan menyediakan kesempatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan melakukan pemberdayaan perempuan agar mereka dapat mengubah kehidupannya, dalam keluarga, dan komunitas,” ucap Jamshed dalam keterangannya, Kamis (23/10/2019).

Dia menjelaskan, platform belajar online ini menghadirkan materi pembelajaran gratis berbasis keterampilan, disesuaikan dengan kebutuhan belajar perempuan, serta akses ke komunitas belajar.

“Platform ini untuk memastikan bahwa perempuan memperoleh pengembangan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan pasar dan kebutuhan di dunia kerja yang terus berubah, serta agar perempuan mampu untuk mengambil keputusan dan membuat pilihan menyangkut hidupnya,” kata Jamshed lagi.

Baca juga :   Program Kerja Seru Indosat Jaring Tenaga Magang

Dirancang bersama dengan perempuan wirausaha dan bekerja sama dengan pakar industri, kurikulum WeLearn tersedia dalam berbagai format untuk membantu perempuan dalam menjalankan dan menyelesaikan materi dan modul yang ada, disesuaikan dengan kemampuan menyelesaikan dan ketersediaan waktu yang dimiliki.

“Kami percaya, dengan memberdayakan perempuan dengan menyediakan kesempatan belajar bagi mereka, perempuan akan lebih berdaya sehingga akan mampu menginspirasi dan mendorong lebih banyak perempuan Indonesia lainnya untuk mengembangkan bisnis mereka,” ungkap Veronica Utami, Direktur Home Care Unilever Indonesia & Dirt is Good SEA-ANZ.

Mereka berharap melalui WeLearn dapat melakukan pemberdayaan terhadap sedikitnya 5,000 perempuan wirausaha dan perempuan yang ingin berwirausaha yang berlokasi di Jakarta, Yogyakarta, dan Malang. Sebagai langkah awal, platform WeLearn menyediakan materi terkait wirausaha yang ditujukan kepada perempuan yang ingin belajar mengenai bagaimana menyiapkan dan memulai bisnis mereka.

STEVY WIDIA