youngster.id - Karakter Disney kini hadir menjadi baian dalam rangkaian permainan di platform direct-to-play www.playgame.com. Karakter yang dimaksud ialah Mickey Mouse, Minnie Mouse, dan Olaf dari film animasi Frozen. Mereka tampil dengan selera gamer lokal.
CEO Playgame Anton Soeharyo mengatakan, kerja sama dengan Walt Disney berlangsung sejak Desember 2018 hingga pengujung tahun depan. “Platform game berbasis blockchain kami ini akan membawa karya kreatif Disney ke komunitas gamers yang luas,” kata Anton dalam keterangannya baru-baru ini di Jakarta.
Playgame memanfaatkan blockchain sebagai basis teknologinya. Platform direct-to-play ini berdiri pada 2018. Meskipun terbilang pendatang baru, perusahaan menargetkan ekspansi ke Asia Tenggara, Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok pada tahun depan.
Je Alipio selaku Director and Head, Games Commercialization, The Walt Disney Company Southeast Asia menilai bahwa Playgame memiliki segmen audiens yang beragam. “Mereka juga paham selera gamer lokal,” katanya.
Judul permainan hasil kolaborasi Disney dan Playgame, misalnya Mickey’s Delivery Dash. Pemain gim ini harus membantu Mickey mengantarkan croissant melintasi Paris ke kafe Minnie sebelum waktu habis.
Ada pula permainan berjudul Olaf’s Freeze Fall yang mengharuskan pemain membantu Olaf untuk mencari lengan, kancing, dan hidungnya yang hilang. Dua gim ini berjenis HTML 5 yang bisa diakses via web browser komputer desktop maupun telepon seluler.
“Kami membawa karakter koleksi Disney ke semua segmen umur fans di Asia,” tutur Je Alipio. Indonesia termasuk pasar awal yang dibidik Walt Disney selain Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.
STEVY WIDIA