youngster.id - Industri gaming terutama e-sport di Indonesia mulai menarik perhatian banyak pihak. Para pemain di ranah ini memang mulai punya fan base yang besar dan kuat. Apalagi diperkirakan ada 60 juta orang di Indonesia yang menggemari game elektronik, terutama lewat mobile.
Potensi ini membuat PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood CBP) melalui brand Pop Mie memberikan dukungannya kepada dua tim elektronik sports (esports) besar tanah air, yakni EVOS Esports dan Rex Regum Qeon (RRQ).
General Marketing Manager Indofood CBP Divisi Mi Instan, Julia Atman mengungkapkan, pesatnya perkembangan e-sports di tanah air telah melahirkan gamer-gamer muda yang handal dan mampu membawa nama bangsa di kancah dunia. Dan sebagai brand yang telah menjadi bagian dari generasi muda selama lebih dari 25 tahun, Pop Mie akan mendorong mereka mengembangkan minat dan potensinya di industri e-sports, salah satunya melalui kerjasama dengan EVOS dan RRQ ini.
”Kami sangat antusias bekerja sama dengan dua nama besar di industri esports Indonesia yakni Tim EVOS dan Tim RRQ. Kedua tim ini telah mencetak prestasi demi prestasi beberapa tahun belakangan ini,” kata Julia pada media, Selasa (26/2/2019) di Jakarta.
Menurut hasil studi yang dirilis oleh POKKT, Decision Lab dan Mobile Marketing Association (MMA) pada Oktober 2018 terkait game di Indonesia menyebutkan jumlah gamer mobile di tanah air sudah mencapai 60 juta orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat menjadi 100 juta orang pada 2020 dengan mayoritas pemainnya yang memiliki rentang usia 16-34 tahun.
“Kami sangat kagum melihat cara baru dan antusiasme generasi muda mengkonsumsi tayangan dan berkomunikasi melalui live streaming esports. Dengan menjadi salah satu mitra strategis EVOS dan RRQ, kami pun ingin berpartisipasi, mendengarkan dan belajar dalam dialog. Hal ini cocok dengan Pop Mie sebagai brand yang memahami karateristik dan gaya hidup generasi muda masa kini,” kata Vemri Junaidi Senior Brand Manager Pop Mie pada kesempatan yang sama.
Dukungan dari Pop Mie disambut antusias para gamer. Co-Founder EVOS Esports, Hartman Harris Christian mengatakan, hal ini membuktikan bahwa industri esports semakin dipercaya dan didukung oleh berbagai ekosistem. “Semoga ke depannya e-sports Indonesia semakin menunjukkan potensinya di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya.
Hal senada juga disampaikan Chief Executive Officer RRQ, Andrian Pauline. “Lebih dari 5 tahun kami mendedikasikan fokus, komitmen dan passion kami untuk pertumbuhan industri esports Indonesia. Dengan membawa nama Pop Mie sebagai salah satu mitra strategis RRQ, kami yakin dapat melakukan lebih banyak hal lagi, hal yang belum pernah kami lakukan demi kemajuan industri esports Indonesia,” ungkapnya.
Lembaga riset konsumen Newzoo mengungkapkan data menarik. Per Januari 2019, dunia esports Indonesia menduduki peringkat ke-17 dari 100 negara sebagai negara dengan kontribusi pendapatan gaming sebesar US$1,084 juta.
Dalam kemitraan ini logo Pop Mie akan menghiasi bagian depan jersey tim EVOS dan RRQ. Selain kehadiran logo, dapat dipastikan bahwa Pop Mie akan memproduksi konten-konten menarik, peluang kampanye seru juga informasi-informasi terkini mengenai dunia esports Indonesia.
STEVY WIDIA