youngster.id - Teknologi telah membuka banyak peluang bisnis bagi masyarakat, salah satunya adalah lewat bisnis online. Bahkan kolaborasi Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia mendongkrak penjualan brand lokal.
E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, kolaborasi dengan lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, membawa dampak yang positif pada tren belanja online masyarakat.
“Penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat,” jelas Nuraini pada Kamis (25/4/2024) di Jakarta.
Nuraini menjelaskan, momen Ramadan-Lebaran tahun 2024 telah menghadirkan peluang bisnis online yang lebih baik untuk para pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pelaku usaha tergabung di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia.
Untuk itu pihaknya menghadirkan banyak inisiatif, mulai dari Beli Lokal hingga Ramadan Ekstra Seru.
“Kolaborasi tersebut membawa dampak yang positif pada tren belanja online masyarakat. Produk Groceries (produk-produk kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri serta masih banyak lagi), Rumah Tangga dan Fashion adalah beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024,” ungkap Nuraini.
Menurut dia, Tokopedia bersama TikTok terus menggencarkan kampanye ‘Beli Lokal’ untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand dan UMKM lokal, termasuk saat momen Ramadan-Lebaran 2024. Beli Lokal merupakan komitmen keberlanjutan dari Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
“Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” ucap Nuraini.
Di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok, tercatat juga bahwa volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal di Shop | Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023. Tokopedia bersama TikTok melalui Shop | Tokopedia pun membagi kisah inspiratif Tulus Skin, Jenna and Kaia dan Hijrahfood Meatshop yang telah membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan sepanjang Ramadan-Lebaran.
Selain itu, Tokopedia mencatat beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024 di pulau Sumatra dan Jawa adalah Groceries, Rumah Tangga dan Fashion. Sedangkan di pulau Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah Elektronik, Groceries dan Rumah Tangga. Di sisi lain, di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah Groceries, Elektronik dan Fashion. Di pulau Papua, kategori Elektronik, Groceries serta Olahraga dan Hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.
Sedangkan pada Shop | Tokopedia dalam aplikasi TikTok, produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare dan Makanan Ringan adalah beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat pada periode yang sama. Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia merekap secara lebih detail dampak serta tren belanja online masyarakat Indonesia dari deretan inisiatif yang telah dilakukan selama Ramadan-Lebaran 2024.
Disisi lain, kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ dari Tokopedia dan Shop | Tokopedia dongkrak penjualan hingga berkali lipat untuk produk berbagai kategori.
“Sepanjang 23 Februari-5 April 2024, Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia telah menghadirkan kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ agar para penjual, terutama brand lokal, bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus di Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok. Masyarakat juga bisa mendapatkan pilihan produk lokal yang semakin beragam dengan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran,” tambah Nuraini.
Dia menyebutkan, penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat.
TikTok melalui Shop | Tokopedia juga mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.
STEVY WIDIA