Program Student Company Lahirkan 55 Bisnis Baru Dan Raup Pendapatan Hingga Rp545 juta

Program Student Company

Program Student Company Lahirkan 55 Bisnis Baru Dan Raup Pendapatan Hingga Rp 545 juta

youngster.id - Wirausaha diyakini menjadi kunci pertumbuhan ekonomi. Untuk membekali pengetahuan, keterampilan, dan motivasi kewirausahaan di kalangan pelajar, Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar program Student Company. Program ini telah berhasil mengedukasi 1.336 siswa di 15 kota serta melahirkan 55 bisnis baru yang mengontribusikan total pendapatan bisnis hingga Rp545 juta.

Untuk merayakan puncak program edukasi Student Company, PJI dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks Indonesia, dan AIG Indonesia menyelenggarakan PJI Company of the Year Competition 2024 (PJI COY) pada 13 Juli 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Student Company dan PJI COY tahun ini menitikberatkan pada keseimbangan antara profitabilitas, keberlanjutan, dan optimasi teknologi pada bisnis. Siswa didorong untuk menggali kreativitas dan inovasi tanpa batas dalam menciptakan peluang ekonomi baru yang mengedepankan etika dan kontribusi sosial ekonomi,” kata Pribadi Setiyanto, Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia pada Sabtu (13/7/2024) di Jakarta.

Dia menjelaskan, program ini untuk membekali pengetahuan, keterampilan, dan motivasi kewirausahaan. Para siswa didampingi secara intensif sekaligus didorong agar dapat membentuk tim, mengembangkan ide dan strategi, serta mengoperasikan bisnis di sekolah untuk kemudian berkompetisi di tingkat nasional sejak Agustus 2023. Kini di tahun 2024, Student Company memilih 11 SMA dan SMK di berbagai daerah untuk mewakili Indonesia ke kompetisi wirausaha tingkat Asia Pasifik di Tokyo, Jepang, dan juga tingkat global di tahun 2025.

Menurut Pribadi, penilaian kompetisi ini berdasarkan keuangan, kegiatan produksi, marketing, sumber data dan program CSR. “Kami menitik beratkan pada produk yang mendukung keberlanjutan. Dengan fokus ini, kami berharap bisnis yang mereka rintis dapat memberikan manfaat untuk masyarakat serta unggul di kancah internasional,” katanya.

Dalam PJI Company of the Year Competition 2024 ini, dewan juri yang datang dari kalangan pengusaha dan profesional bisnis mengevaluasi kinerja bisnis para siswa secara komprehensif. Termasuk pembelajaran yang
diperoleh dari partisipasi mereka dalam program Student Company.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich Indonesia) Heriyanto A Putra mengungkapkan, program ini sejalan dengan tujuan Zurich untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah.

“Kami bangga melihat potensi generasi muda Indonesia dalam menghadirkan usaha kecil yang berdampak. Bersama PJI dan dengan dukungan dari Z Zurich Foundation, kami akan memperluas kesuksesan program edukasi ini dengan melibatkan lebih banyak siswa, guru, dan sekolah diperiode implementasi berikutnya,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Chief Operating Officer Starbucks Indonesia Liryawati. Menurut dia, sebagai bagian dari komunitas, pihak nya selalu berupaya untuk menciptakan inisiatif-inisiatif yang dapat memberikan banyak kebaikan danperubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan. “Kami mendedikasikan kemitraan bersama PJI untuk memberdayakan generasi muda Indonesia dengan keterampilan esensial yang bermanfaat untuk masa depan mereka,” ujarnya.

Direktur AIG Indonesia Michael J. Morris menambahkan, melalui program ini, AIG Indonesia bermitra dengan PJI membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan.

“Selain membangun keterampilan kewirausahaan, siswa juga memiliki kesempatan untuk belajar berpikir
dan beradaptasi di setiap tahap kehidupan mereka,” katanya.

Selain penghargaan PJI Company of the Year, kesebelas tim juga memperebutkan tiga penghargaan, yaitu Best Financial Management, Sustainability Excellence, dan Best Use of Technology.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version