youngster.id - Di kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini, Shopee mencatat tingginya volume transaksi yang turut berperan besar dalam memberikan peningkatan signifikan bagi brand lokal dan UMKM, terlihat dari peningkatan penjualan brand lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat dibandingkan hari biasa.
“Keberhasilan Shopee selama kampanye 12.12 tak terlepas dari dukungan luar biasa para pengguna, dedikasi dari para brand lokal dan UMKM, dan kolaborasi para konten kreator yang tanpa henti mempersiapkan strategi terbaik mereka. Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup tahun 2024,” kata Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Sabtu (14/12/2024).
Disebutkan Monica, pada puncak kampanye para penjual dan produk di beberapa kategori ini juga berhasil menjadi favorit pengguna, seperti: Atasan dan Tas Wanita turut menjadi kategori brand lokal dan UMKM terfavorit pengguna dengan peningkatan pesanan hingga 7 kali lipat. Cardigan, Kemeja, dan Tas Selempang berhasil menjadi produk brand lokal dan UMKM pilihan pengguna sebagai salah satu opsi outfit akhir tahun.
Permintaan akan produk lokal di kategori Kosmetik Wajah serta Parfum & Wewangian juga ikut meningkat hingga 11 kali lipat. Para pengguna mulai mempersiapkan diri menyambut perayaan akhir tahun, Bedak Wajah, Lipstik, dan Eau de Parfum menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli.
Masyarakat juga memanfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhan di rumah, terlihat dari kategori Kebersihan & Binatu meningkat hingga 18 kali lipat. Pada puncak kampanye, pengguna memanfaatkan promo untuk membeli produk Sabun Cuci Piring, Pewangi Pakaian, dan Detergen yang menjadi produk lokal yang populer di kategori ini.
Mengamati semakin masifnya tren jual beli online lewat live streaming, tidak heran jika Shopee Live terus menjadi fitur favorit bagi seluruh ekosistem Shopee. Pada puncak kampanye, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi Shopee Live lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM yang menunjukkan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur ini untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun mereka sambil menikmati pengalaman belanja penuh hiburan.
Kemeriahan festival belanja akhir tahun yang sekaligus menjadi momen selebrasi ulang tahun Shopee ke-9 ini turut dirasakan oleh para konten kreator, dimana jumlah klik pada link rekomendasi produk dari Shopee Affiliate mengalami peningkatan 5 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan tahun lalu.
“Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi positif dan kepercayaan yang luar biasa dari para pengguna, penjual, dan kreator dalam ekosistem Shopee. Ke depannya, kami berharap Shopee dapat terus menjadi kawan setia bagi brand lokal, pengusaha UMKM, dan masyarakat Indonesia secara luas, untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan, meraih peluang, hingga mencapai pertumbuhan kolektif yang berkelanjutan,” tutup Monica.
STEVY WIDIA
Discussion about this post