youngster.id - Insurtech Qoala mengumumkan telah menyelesaikan putaran pendanaan Seri B+ dan mengumpulkan US$7,5 juta (sekitar Rp113 miliar). Putaran pendanaan itu dipimpin oleh responsAbility Investments AG.
Selain responsibility, putaran pendanaan juga diikuti partisipasi dari Appworks dan para investor yang telah menanamkan modalnya, Eurazeo dan Indogen.
Harshet Lunani, Founder dan CEO Qoala mengatakan, keberhasilan pendanaan Seri B+ Qoala didukung oleh pertumbuhannya yang berkelanjutan sehingga membawa Qoala kepada profitabilitas dan ekspansi regional.
“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada para investor yang telah mempercayai kami di tengah kondisi ekonomi saat ini. Melalui pendanaan Seri B+ ini, kami akan semakin menyederhanakan proses kepemilikan asuransi dengan meningkatkan penawaran produk dan product experience kami. Peningkatan ini akan memperkuat posisi kami seiring dengan upaya kami mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di Asia Tenggara,” ujar Harshet, Selasa (28/3/2023).
Diklaim Harshet, Qoala berkontribusi langsung terhadap perekonomian dengan menyediakan lebih dari 60.000 peluang kerja tenaga pemasar dan aliran pendapatan tambahan ke lebih dari 65 bisnis. Selain berdampak pada ekonomi dengan penciptaan lapangan kerja, Qoala memberdayakan masyarakat dengan literasi keuangan di berbagai platform offline dan online.
Selain itu, hingga saat ini, pelanggan Qoala telah mendapatkan manfaat sebesar lebih dari US$30 juta melalui klaim asuransi yang didapatkan melalui kemitraan dengan perusahaan asuransi di tiga pasar (Indonesia, Thailand, dan Malaysia).
“Komitmen Qoala meningkatkan kehidupan melalui inklusi keuangan selaras dengan strategi kami. Pertumbuhan Qoala di saat pandemi menunjukkan bahwa pendekatan omnichannel dapat mendistribusikan asuransi ke populasi yang saat ini tidak terlayani oleh incumbent atau sebelumnya belum pernah memiliki asuransi sama sekali. Kami sangat senang dapat bergabung dalam perjalanan Qoala mendemokratisasi asuransi yang terjangkau di Asia Tenggara,” ujar Ruzgar Barisik, atas nama praktik inklusi keuangan ekuitas swasta responsAbility.
Fokusnya terhadap teknologi membuat Qoala dapat lebih cepat berpenetrasi ke pasar dan meningkatkan product experience. Ditambah dengan program upskilling di sisi internal, Qoala telah melengkapi para tenaga pemasar dengan keterampilan menawarkan produk yang lebih luas bagi pelanggan mereka, yang menghasilkan peningkatan pembayaran komisi rata-rata sebesar 85% (year on year) yoy pada tahun 2022.
Sejak pendanaan Seri B Mei lalu, Qoala berhasil menggandakan jumlah GWP (gross written premiums) dan memperkuat kehadiran di wilayah Asia Tenggara. Keberhasilannya dalam menyederhanakan polis asuransi tradisional yang cenderung mahal dan rumit untuk lebih dari 8 juta pelanggan telah menghasilkan margin kontribusi yang positif dan kondisi ekonomi yang lebih baik.
STEVY WIDIA