Ralali Tingkatkan Layanan Jadi Aplikasi Super

Ralali Tingkatkan Layanan Jadi Aplikasi Super 1

Joseph Aditya, Founder & CEO Ralali.com (Foto: Dok. Pribadi)

youngster.id - Platform marketplace B2B, Ralali, terus meningkatkan layanan untuk menjadi aplikasi super (super apps). Saat ini perusahaan telah memiliki 20 layanan dalam ekosistemnya seperti digital goods, fintech, marketplace, logistic system, hingga marketplace pekerjaan Big Agents.

Founder dan CEO Ralali.com Joseph Aditya mengatakan konsep super apps yang ingin dicapai adalah satu aplikasi yang nantinya bisa melakukan banyak hal tak hanya dari sisi pembeli atau penjual namun juga stakeholder lainnya. Dengan 20 layanan tersebut rata-rata jumlah transaksi perusahaan telah tumbuh hingga empat kali lipat. Bahkan pada tahun lalu, jumlah transaksi perusahaan mencapai sekitar Rp 10 triliun. Dia optimistis perusahaan dapat mendorong jumlah transaksinya hingga akhir tahun ini.

“Misi kami adalah membantu UKM tradisional bertumbuh dengan memanfaatkan teknologi digital. Mungkin kami bisa mencapai lima kali lipat dibanding tahun lalu,” kata Joseph dalam keterangannya baru-baru ini di Jakarta.

Saat ini, penetrasi bisnis Ralali di Indonesia sudah menjangkau lebih dari 750 ribu usaha kecil mikro menengah (UMKM) di 25 provinsi. Sedangkan, penetrasi bisnis di mancanegara telah merambah hingga Singapura dan Thailand.

Pada akhir 2018 lalu, Ralali.com melahirkan on-demand platform bernama BIG Agent. BIG Agent sudah berpikir lebih jauh, untuk membantu bisnis menjadi lebih mudah dengan memberdayakan dan menghubungkan SDM Indonesia melalui platform.

“BIG Agent adalah wujud komitmen kami untuk memperkuat ekosistem digital Ralali.com guna menciptakan konektivitas dan inklusivitas. Kolaborasi antara SDM unggul dengan inovasi teknologi ini akan berdampak pada pengembangan bisnis yang lebih mudah. Kami ingin membawa platform ini sebagai wadah sumber daya manusia berbasis freelancer melek teknologi, yang mampu menghubungkan jutaan manusia, sehingga pemerataan akses untuk bisnis pun mudah didapat,” ujar Joseph.

Saat ini, ada tiga ratus ribu Sobat Agent (sebutan bagi pengguna BIG Agent) yang tersebar di 25 provinsi di seluruh Indonesia, dengan dominasi di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Padang, dan Palembang. Tak hanya freelancer atau yang belum memiliki pekerjaan yang bergabung menjadi Sobat Agent, namun ada juga karyawan, mahasiswa, pelajar bahkan ojek online, dengan dominasi rentang usia antara 21-25 tahun.

Ralali baru saja meraih pendanaan sebesar US$ 13 juta atau sekitar Rp 182 miliar. Investasi seri C Ralali.com ini dipimpin oleh Arbor Ventures (Singapura), TNB Aura (Singapura) dan founder dari ZIGExN Co., Ltd., Mr Jo Hirao (Jepang), dengan partisipasi dari AddVentures (Thailand) dan Qualgro (Singapura) sebagai investor pendahulu.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version