youngster.id - Industri skincare di Indonesia terus berkembang, dengan wanita lebih banyak mengalokasikan pengeluaran untuk perawatan kulit dibanding makeup. Konsumen utama dalam industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia didominasi oleh Gen Z dan Milenial, dengan Gen Z terus mengalami pertumbuhan sebagai pembeli utama, terutama setelah pandemi.
Dalam lanskap e-commerce, kategori serum & essence menjadi salah satu yang paling diminati dengan pangsa pasar sebesar 17,4% pada Q3 2024, menempati posisi kedua setelah pelembap. Temuan ini terungkap dari hasil riset Magpie E-commerce Intelligence terbaru.
Hasil riset menunjukkan bahwa selama periode Juli–September (Q3) 2024 pasar Serum & Essence mencapai Rp813 miliar (naik 38,97% dari Q3 2023) dengan 10.2 juta unit terjual (naik 29,11% dari Q3 2023)
“Pasar Serum & Essence menunjukan tren positif pada Q3 2024, dengan peningkatan GMV sebesar 38,97 secara quarter-over-quarter (QoQ) dan meningkat 1,85% dibandingkan Q2 2024,” ujar Wilhendra, CEO Magpie, dikutip Senin (3/2/2025).
Shopee mendominasi pasar pelembap wajah dengan pangsa pasar sebesar 80,71%, diikuti Lazada sebesar 11,45%, Tokopedia 7,71%, dan Blibli 0,13%.
Dominasi Shopee di pasar pelembap tetap bertahan sepanjang bulan, meskipun terjadi penurunan sedikit pada bulan Agustus. Lazada mengalami penurunan pada bulan september namun tidak merubah posisi apapun dan tetap mendominasi nomor 2 setelah Shopee.
Skintific mendominasi pasar serum & essence secara online dengan pangsa pasar sebesar 10,1%, diikuti oleh Elformula (6,1%), The Originote (4,1%), Y.O.U (4,0%), dan Somethinc (3,4%). “Lima merek teratas tersebut berkontribusi sekitar 27,7% dari total pasar,” kata Wilhendra.
Persaingan yang ketat tercermin dalam kinerja merek sepanjang Q3 2024, yang mengalami fluktuasi setiap bulan. Skintific, sebagai pemimpin pasar, mengalami kondisi yang berfluktuasi, dan pada akhir Q3, sedangkan Somethinc berhasil meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 5,9% menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.
Lalu brand serum dan essence apa yang terlaris di e-commerce? Hasil riset menyebutkan Shopee, sebagai kontributor terbesar untuk GMV serum & essence, dipimpin oleh Skintific yang menguasai 10,8% pangsa pasar dengan total pendapatan sebesar US$4,73 juta. Elformula berada di posisi kedua dengan pangsa 7%, diikuti oleh Y.O.U (4,2%), The Originote (4,2%), dan Skin1004 (3,6%).
Jika melihat pergerakan dari bulan ke bulan (MoM), pada akhir Q3 pangsa pasar Skintific mengalami penurunan, yang kemudian diambil alih oleh Y.O.U dan Glad2Glow. Glad2Glow menunjukkan peningkatan signifikan setelah sebelumnya tidak masuk dalam lima besar GMV tertinggi di September 2024, memperkuat posisinya di Shopee.
Di Lazada, JF Glow mendominasi platform dengan menguasai 7,3% pangsa pasar serum & essence, dengan total pendapatan sebesar US$450,29 ribu.
“Hal ini menunjukkan keunggulan yang signifikan dibandingkan merek-merek pesaing lainnya. Seperti Skintific (7,3%), Wardah (4,6%), dan Annimate (4,7%) yang mengalami peningkatan pangsa pasar pada September 2024,” jelas Wilhendra.
Di Tokopedia, Wardah mendominasi pasar dengan menguasai 13,6% pangsa pasar dan total pendapatan sebesar US$215 ribu. Skintific mengikuti di posisi kedua dengan 9,6% pangsa pasar, disusul oleh Kahf (8,4%), Make Over (6,5%), dan Somethinc (4,3%). Wardah, Kahf, dan Make Over mengalami peningkatan pangsa pasar pada September 2024.
Elformula, sebagai pemimpin merek dalam kategori serum & essence, didorong oleh penjualan produk Elformula – Intensive Peeling Solution for Exfoliating, yang menjadi produk terlaris dalam kategori ini dengan pendapatan sebesar US$2,79 juta dan terjual sebanyak 335,6 ribu unit pada Q3.
Di posisi kedua, produk terlaris berikutnya berasal dari Skintific, yaitu Skintific – Acid Peeling Solution Serum, yang terjual sebanyak 131,2 ribu unit dan menghasilkan pendapatan sebesar US$1,2 juta.
HENNI S.